4 Tips Iklan Biaya Murah untuk Branding dan Marketing

Free Download Logo Format PNG > Artikel > 4 Tips Iklan Biaya Murah untuk Branding dan Marketing
108

Menginginkan iklan biaya murah ternyata bukan sebuah impian belaka yang dapat diperoleh seorang pengusaha. Memang dunia periklanan ini banyak dilihat para pemilik usaha sebagai penyedot anggaran paling besar.

Tenang saja di sini kami tidak akan mempromosikan layanan tertentu sehingga kamu menggunakannya. Justru kami akan memberikan beberapa tips mahal yang bisa digunakan agar biayanya semakin murah.

Tips Iklan Biaya Murah yang Paling Mudah

Di sini kami akan menjelaskan bagaimana mengiklankan sebuah produk baik untuk branding maupun marketing. Sebagai catatan biaya dikeluarkan harus murah jadi tidak membebani perusahaan produsennya.

Agar iklan biaya murah tetap berkualitas ternyata kamu tetap harus mengeluarkan effort tersendiri. Jadi mulai dari analisis sampai penerapan strateginya harus tepat sehingga tidak membuang biaya percuma.

Kamu dapat menerapkan tiga prinsip yaitu tepat waktu, anggaran, dan penggunaan. Jadi jika ingin mengiklankan sesuatu harus melihat ketiga prinsip tersebut agar kamu tidak kebakaran anggaran.

Lalu apa saja tips spesifik yang bisa membuatnya menjadi lebih terjangkau jangan khawatir. Pada segmen selanjutnya kami akan jelaskan secara detail seperti apa bentuk dan bagaimana penerapannya.

1. Melakukan partnership

Langkah paling sederhana adalah melakukan partnership dengan sebuah event tertentu. Jika kamu memang berdomisili di sebuah kota dengan event yang sering ada jelas ini sangat bagus.

Namun risikonya adalah jika kota tersebut jarang ada event besar tentu saja kamu akan sulit mendapatkan slot. Memang iklan biaya murah tetap dapat kamu lakukan tidak hanya sebatas dari event saja.

Apabila itu terjadi maka kamu harus lebih fleksibel dalam menentukan event untuk diajak kerja sama. Misalnya jika kamu adalah produsen makanan ringan bisa memanfaatkan acara sekolah.

Masalahnya adalah ketika kamu memang memiliki bisnis kurang mainstream seperti jasa bubut. Bagaimana mengiklankan usaha yang target pasarnya memang lebih spesifik.

Tentu saja kamu harus menerapkan kerja sama lain dalam bentuk proyek atau tender. Jadi lakukan kerja sama apapun bentuknya jika ingin menjadikannya metode iklan biaya murah yang mudah didapatkan.

Kamu bahkan tidak perlu menggunakan manajemen yang kompleks apabila sudah mendapatkan kerja sama. Jadi memang sangat bergantung pada ada atau tidaknya pihak ketiga untuk memajang produknya.

Sebagai sebuah insight, jika menjalin kerja sama pastikan bahwa pihak ketiga tersebut memang kredibel. Sehingga ketika kamu memberikan biaya promo menggunakan event tersebut mampu memberikan feedback positif.

Jangan hanya asal tunjuk sebuah kegiatan yang tidak mampu berdampak pada peningkatan penjualan. Misalnya perusahaan motor tentu tidak butuh menjadi sponsor kegiatan sekolah.

2. Menentukan anggaran dana campaign

Budgeting adalah sebuah langkah ideal yang harus kamu lakukan ketika hendak merencanakan campaign. Karena tanpa adanya budgeting jelas campaign tersebut akan membakar anggaran secara signifikan.

Sebagai contoh pentingnya budgeting ini adalah ketika kamu menggunakan sosial media dalam beriklan. Kamu bisa mendapatkan iklan biaya murah apabila sudah mengatur budgeting secara rapi.

Salah satu sosial media yang sudah transparan dalam alokasi budgeting adalah Tiktok. Jadi jika kamu beriklan disana, akan jelas terpampang berapa budget yang akan dialokasikan setiap bulan.

Kamu bisa mengisinya tentu saja sesuai dengan batas kemampuan dan jangan sampai membuat entitas menjadi pincang. Sebagai contoh alokasikan sepuluh juta dalam satu bulan adalah angka yang masuk akal.

Jika kamu memiliki usaha kecil gunakan platform lain yang menawarkan budgeting lebih rendah. Facebook misalnya, mereka menawarkan sistem budgeting lebih rendah dibandingkan lainnya.

Jadi para pemilik usaha kecil menengah dapat berkompetisi menawarkan produknya menggunakan platform tersebut. Jika ingin anggaran masih satu digit facebook juga dapat menjadi sebuah opsi tepat.

Dalam mengalokasikan biaya tersebut kamu juga dapat menerapkannya dalam sistem offline campaign. Artinya iklan biaya murah namun implementasinya langsung di dunia nyata.

Contohnya seperti memberikan selebaran, memasang banner, door to door, dan sebagainya. Semua itu harus kamu hitung secara spesifik berapa uang dikeluarkan guna melakukannya.

Apabila ingin menerapkan sistem offline campaign kamu harus tahu bagaimana mengkonversi effort dalam bentuk finansial. Sehingga uang lelah dapat kamu kalkulasi sendiri agar tidak melelahkan diri.

3. Mengetahui konversi effort ke finansial

Salah satu cara mengkonversi effort ke finansial paling mudah adalah mengubah jalur perjalanan dalam bentuk bahan bakar. Misalnya kamu akan membagikan selebaran ke daerah tertentu.

Jelas kamu harus menghitung berapa banyak bahan bakar digunakan untuk perjalanan pulang pergi. Kemudian petugas yang digunakan untuk membagikan selebaran tersebut kamu berikan value berapa persen.

Jika konteksnya adalah iklan biaya murah maka konversi keringat manusia terhadap bahan bakar adalah dua puluh persen. Jadi setiap satu liter kebutuhan bahan bakar kamu memberikan fee 20 persen bagi manusianya.

Ini memang kelihatannya sangat sedikit namun tentu saja akan menjadi banyak jika perjalanan jauh. Kemudian tidak berhenti disitu karena juga harus menghitung bagaimana effort per jam dari pekerjaannya.

Misalnya kamu menuntut sebuah iklan dalam satu hari efektif selama empat jam saja. Jadi ada fee tersendiri yang dihitung ketika jam operasional tersebut seseorang melakukan tugasnya.

Ini adalah dasar dari konversi effort ke finansial yang dapat kamu jadikan sebagai acuan dasar. Sehingga sebagai bos kamu akan lebih memanusiakan pegawai dan mereka akan merasa lebih dihargai.

Jika terlalu pelit terhadap biaya banyak orang akan bekerja tidak sesuai dengan porsinya. Jadi alih-alih mendapatkan iklan biaya murah justru selebaran hanya dibuang di satu titik saja.

Tentu hal tersebut akan menjadi percuma dan wajib kamu cegah agar tidak terjadi. Sehingga dengan memberikan uang lelah bagi para pekerja ini juga menjadi acuan konversi fundamental.

Sebagai catatan tambahan jangan terlalu royal dalam memberikan fee terkait tugas lapangan ini. Karena banyak orang licik juga yang akan memanfaatkan kebaikan bos padahal mereka bekerja tidak becus.

4. Menerapkan copywriting yang tepat

Tips keempat yang juga tidak kalah efektif untuk memberikan dampak optimal selama melakukan campaign adalah copywriting. Copywriting adalah sebuah kemampuan menulis untuk menarik hati seseorang.

Misalnya kamu menggunakan copywriting untuk mendapatkan iklan biaya murah dari sebuah produk. Seorang copywriter tersebut tentu harus mampu membuat susunan kalimat bernada ajakan yang sangat persuasif.

Di Indonesia sendiri sangat sedikit para copywriter yang dapat kamu pekerjakan untuk hal seperti ini. Karena di Indonesia memang keterampilan copywriting itu kurang dihargai oleh banyak entitas.

Banyak orang menganggap copywriter sekedar tukang ketik biasa untuk membuat selebaran. Padahal mereka juga berpikir bagaimana menarik konsumen untuk menggunakan produk.

Alasan di Indonesia copywriter itu kurang efektif adalah karena mereka dibayar per job. Padahal seorang copywriter di hampir semua negara lain itu mendapatkan persentase fee setiap ada klien membeli.

Jadi jika kualitas copywriting mereka buruk tentu saja tidak akan mendapatkan bayaran sepeserpun. Jika kamu menerapkan sistem copywriting internasional ini dapat menjadi solusi iklan biaya murah.

Mengapa kami berani berkata murah anggaplah copywriter mendapatkan 10% fee penjualan dari setiap feedback sales letter. Harga tersebut tentu saja worth it ketika bisa mendatangkan puluhan klien baru.

Dengan menggunakan empat tips tersebut tentu kamu tidak perlu khawatir akan membakar anggaran untuk beriklan. Jika tahu tips iklan biaya murah kamu bisa hanya bermain di anggaran satu digit saja.

error: