6 Filosofi Logo Perusahaan yang Harus Kamu Perhatikan

Free Download Logo Format PNG > Artikel > 6 Filosofi Logo Perusahaan yang Harus Kamu Perhatikan

Ternyata ada beberapa filosofi logo perusahaan yang harus kamu pahami. Setiap perusahaan yang berdiri pasti merasa sangat membutuhkan sebuah simbol yang dapat menjadi tanda pembeda antara satu perusahaan dengan lainnya.

Tidak hanya perusahaan besar, bahkan saat merintis juga ada agenda pembuatan logo agar bisnis bisa memiliki identitas. Namun tidak semua orang yang memiliki perusahaan bagaimana cara membuat sebuah logo dengan benar yang dapat menunjukkan karakter perusahaannya.

Itu sebabnya jika kamu merasa tidak bisa membuatnya, maka langsung saja meminta bantuan pada yang ahli seperti jasa desain logo untuk perusahaan. Dengan meminta bantuan, kamu akan menghemat tenaga dan mendapatkan hasil terbaik sesuai dengan harapan.

Apalagi setiap jasa desain untuk simbol perusahaan sudah paham bagaimana filosofi logo perusahaan yang seharusnya ada. Sehingga kamu hanya perlu menyampaikan tentang perusahaanmu, jasa desain tersebut akan membuat sesuai karakteristik yang diceritakan.

Setiap simbol yang dibuat tentu harus mengandung makna – makna berkaitan dengan perusahaan, tidak bisa dibuat dengan dasar kesukaan saja. Namun setiap sudut, warna, bentuk huruf, angka dan lain sebagainya harus menjadi sosok yang mempresentasikan perusahaan.

Kamu juga harus paham bagaimana filosofi logo perusahaan yang benar dan sesuai sebelum meminta bantuan kepada jasa desain. Hal ini akan membantumu merancang bentuk dan warna sesuai dengan makna simbolis namun juga disesuaikan dengan keinginan.

Jangan sampai logo perusahaanmu tidak memiliki filosofi, tidak memahami juga akan membuat jasa desain merasa sulit untuk menentukan bentuk dan warna paling sesuai dengan perusahaanmu. Inilah beberapa filosofi untuk simbol perusahaan.

Filosofi Logo Perusahaan yang Harus Dipahami

Tidak hanya simbol perusahaan, namun simbol lainnya juga pasti memiliki makna. Sebelum membuat logonya, kamu harus paham bahwa fungsi utama adanya simbol adalah untuk menjadi icon, tanda dan identitas sebuah usaha yang sudah kamu dirikan.

Itu sebabnya hasil pembuatan simbol harus bagus sesuai dengan makna perusahaannya serta sesuai keinginan. Setidaknya terdapat beberapa filosofi logo perusahaan yang harus dipahami dalam hal ini.

  1. Visi dan misi

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah visi dan misi. Setiap lembaga pasti memiliki visi dan misinya sendiri, dalam bisnis biasanya visi dan misinya kurang lebih sama yaitu untuk mendapat keuntungan serta menjadi perusahaan ternama baik di dalam atau luar negeri.

Namun meskipun visi dan misinya mirip, lambangnya tetap berbeda – beda. Visi dan misi ini tidak dituliskan dalam sebuah logo, karena dalam filosofi logo perusahaan sudah terdapat gambar yang akan menjelaskan secara singkat mengenai visi dan misi perusahaan tersebut.

Kamu juga bisa meminta rekomendasi gambar yang sesuai untuk menggambarkan visi dan misi sebuah perusahaan kepada jasa desain. Sehingga tidak perlu berpikir keras sendiri dalam hal ini.

  1. Nilai

Di dalam filosofi logo perusahaan juga harus terdapat nilai. Nilai tersebut bisa berupa kerja sama terbaik di dalam usaha, mengutamakan saling membantu, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan visi dan misi, nilai juga biasanya disimbolkan dengan sebuah gambar.

Gambarnya bisa berupa apa saja asalkan mewakili nilai tersebut. Kamu bisa mencari referensi di internet untuk gambar yang akan digunakan tapi benar – benar menggambarkan perusahaannya. Atau minta bantuan jasa desain jika kamu tidak bisa menemukan yang cocok.

Tidak semua perusahaan menonjolkan nilai perusahaannya ketika membuat logo, namun akan semakin baik lagi jika kamu mencantumkannya. Dengan adanya nilai itu artinya perusahaanmu memiliki pendirian dan menjunjung tinggi nilai yang sudah ditetapkan sendiri.

  1. Konsep atau tema

Perhatikan juga tema atau konsepnya. Dalam filosofi logo perusahaan pasti ada tema atau konsep yang selaras dengan bidang perusahaannya. Bahkan jika bisa, tema atau konsep ini sudah harus dipikirkan jauh hari sebelum ingin membuat logonya.

Kamu bisa mencari referensi melalui internet atau meminta saran pada jasa desain. Namun tidak menutup kemungkinan kamu akan berusaha menemukan tema atau konsep sendiri. Tema atau konsep ini menjadi pondasi awal pembuatan sebuah logo untuk perusahaanmu.

Biasanya untuk menentukan tema atau konsep, kamu harus menyelaraskannya dengan bidang bisnis yang kamu jalankan. Misalnya bergerak di bidang distributor barang, maka gunakan warna – warna berkaitan dengan bidang distributor tersebut, misalnya hijau, biru, oranye, dan lain sebagainya.

  1. Posisi Simetris

Kamu juga harus memikirkan posisi – posisi di dalam logo. Setiap posisi tentu mengandung filosofi logo perusahaan. Agar lebih rapi, coba gunakan posisi simetris. Jarang sekali ada logo perusahaan dengan tataan kurang simetris karena pasti terasa kurang rapi dan bagus.

Selain itu tataan posisi di dalam simbol tidak simetris bisa membuat orang salah paham dengan kemampuan desain logonya. Jika kamu tidak paham dengan hal ini, langsung konsultasikan saja kepada jasa desain terbaik.

Jasa desain akan memberikan masukan tentang hal ini. Kamu juga bisa menentukan apa filosofi dari tataan posisinya. Sehingga segala hal dalam pembuatan logonya pasti memiliki makna.

  1. Warna dan gaya tulisan

Warna juga mengandung makna, begitu juga dengan gaya tulisan. Justru filosofi logo perusahaan lebih sering bermakna banyak jika dilihat dari warnanya. Warna bisa melambangkan apa saja, mulai dari nilai perusahaan, motto, dan lain sebagainya.

Untuk menentukan apa warnanya, kamu harus benar – benar memilih yang terbaik. Jangan sampai memilih warna yang melenceng dari tema atau konsep, apalagi sampai melenceng dari bidang perusahaannya. Kamu bisa mencari referensi dulu terkait makna dari warna – warna ini.

Bahkan terang dan gelap warna juga bisa menimbulkan makna sendiri. Dengan menggunakan jasa desain, kamu juga bisa meminta saran dengan menyampaikan secara jelas mengenai visi, misi, dan nilai dalam usaha, agar jasa desain mudah menentukan warna yang cocok.

Gaya tulisan juga berpengaruh pada filosofi ini. Meskipun tidak banyak orang yang menyelipkan identitas perusahaan melalui gaya tulisan, namun kamu bisa mencobanya. Gaya tulisan sangat bermacam – macam, jasa desain juga dapat membantu memilihkannya sesuai filosofi.

  1. Ukuran

Ukuran juga terkadang memiliki filosofi. Ukuran yang dimaksud adalah ukuran beberapa komponen di dalam logo, bukan ukuran logonya. Biasanya logo memiliki ukuran yang relatif sama dengan lainnya. Sehingga perbedaan ukuran ini hanya ada pada komponen di dalam.

Misalnya sebuah logo memiliki gambar air dan percikan, ukuran airnya kecil namun percikannya besar. Hal ini bisa memiliki filosofi atau makna seperti sebuah perusahaan yang bahkan langkah kecilnya saja sudah dapat membuat percikan yang sangat besar.

Kamu juga bisa memikirkan filosofi atau makna apa yang paling tepat untuk menggambarkan perusahaanmu. Dengan begitu kamu bisa membuat logo keren dengan bantuan jasa desain terbaik.

Jika melihat simbol sebuah kota, negara, lembaga pendidikan, dan lain sebagainya, semua hal di dalam logonya pasti memiliki makna. Kamu juga harus memiliki filosofi logo perusahaan yang dapat menggambarkan wajah perusahaanmu.