7 Tips Desain Logo untuk Perusahaan yang Menarik Perhatian

Free Download Logo Format PNG > Artikel > 7 Tips Desain Logo untuk Perusahaan yang Menarik Perhatian
139

Kehadiran desain logo untuk perusahaan sangat penting sekali kamu jadikan perhatian. Baik bagi para pemilik usaha atau jasa yang menyediakannya, sama-sama memberikan perhatian khusus dalam proses pembuatan logo.

Logo tersebut nantinya akan menjadi identitas dari perusahaan tersebut, akan lebih baik membuat logo yang mudah diingat. Sehingga dapat memaksimalkan branding dan cepat dikenal oleh masyarakat luas.

Tips Desain Logo untuk Perusahaan

Penggunaan logo dalam sebuah usaha juga tidak hanya menjadi identitas, tetapi juga menjadi bagian penting terutama dalam dunia marketing.

Inilah yang membuat pembuatannya harus dilakukan dengan tepat dan tidak boleh asal-asalan. Dalam proses pembuatan desain logo untuk perusahaan ada sejumlah tips yang perlu kamu perhatikan.

Sangat penting mengetahui sejumlah tips membuat desain yang tepat untuk sebuah usaha baik kecil ataupun menengah ke atas. Kehadirannya sebagai visualisasi sebuah usaha dapat menarik perhatian para calon pelanggan.

Bagi kamu yang ingin membuat logonya sendiri silahkan simak sejumlah tips desain logo untuk perusahaan untuk meningkatkan kualitas pemasaran. Pastikan kamu memperhatikan sampai selesai.

1. Mengenali Target Bisnis

Seperti kamu ketahui, pelanggan merupakan pusatnya dari sebuah bisnis. Semua rencana-rencana dalam perjalanan bisnis bertujuan untuk memuaskan orang tertentu atau sekelompok orang yang menjadi target pemasaran.

Agar lebih mengetahui lebih lanjut terkait pelanggan ideal, kamu bisa mencari tahu latar belakang maupun status sosial dari calon pelanggan atau target pemasaran. Kemudian pastikan, kamu mengetahui produk apa yang dijual oleh perusahaan.

Sehingga bisa mendapatkan gambaran yang tepat baik terkait dengan bisnis atau target penjualan dari barang atau jasa tersebut.

2. Buat Konsep Logo Unik

Tips desain logo untuk perusahaan yang kedua, cobalah untuk membuat konsep unik. Tentunya dalam pengguna konsep ini, harus bisa mencerminkan kepribadian dari merek serta keinginan pelanggan.

Bagian membuat konsep, akan menjadi bagian paling sulit karena kamu harus bisa menyatukan dua elemen sudah kami sebutkan sebelumnya. Sehingga mampu menghasilkan sebuah logo mudah diingat oleh semua orang.

3. Sisipkan Pesan

Poin penting lainnya dalam proses pembuatannya, kamu harus bisa menyisipkan pesan ingin disampaikan oleh perusahaan. Hal ini menjadi sebuah dasar pembuatan yang paling ideal. Pesan tersebut biasanya tentang nilai-nilai bisnis pada sebuah bisnis.

Jadi, langkah pertama bisa kamu ambil adalah mengetahui pesan dari perusahaan. Saat sebuah perusahaan ingin memproyeksikan diri dengan cara berbeda-beda, itu bermaksud menyampaikan pesan pada calon pelanggan.

4. Cerminkan Kepribadian dalam Pemilihan Font

Tidak hanya dua poin penting sudah kami sebutkan sebelumnya, dalam proses pembuatannya kamu harus mencerminkan kepribadian pemilik usaha menggunakan font.

Apalagi jenis desain logo untuk perusahaan yang kamu pilih lettermark atau wordmark. Usahakan untuk memilih font bisa memberikan kesan kuat, karena inilah kunci dalam pembuatan logo wordmark.

Biasanya logo wordmark hanya memiliki satu huruf awal dari nama sebuah perusahaan atau lengkap nama perusahaan. Pastikan agar kamu memilih jenis font dengan hati-hati dan gunakan kepribadian perusahaan sebagai pertimbangan.

Terdapat beberapa jenis font dengan kualitas tinggi, tapi tidak semuanya bisa cocok menggunakan font tersebut. Kamu harus bisa memilihnya dengan penuh pertimbangan.

Misalnya saja membuat untuk sebuah bisnis mainan, kamu bisa menggunakan font cenderung ke tulisan tangan. Sedangkan untuk perusahaan bisnis kamu bisa menggunakan font dengan huruf formal. Dengan pemilihan font tepat akan menghasilkan identitas yang baik.

5. Pilih Warna Sesuai Identitas Perusahaan

Tips dalam membuat desain logo untuk perusahaan lainnya, harus kamu perhatikan dalam pemilihan warnanya. Setelah menentukan pilihan font mana yang ingin digunakan, pilihlah warna paling tepat.

Meski pemilihan logo saja sudah cukup, penambahan warna bisa membuat calon pelanggan bisa lebih tergugah. Misalnya saja menambahkan warna kuning, akan memberikan kesan segar, ceria, sinar matahari, energi, dan sosialisasi.

Untuk warna merah, menunjukkan sisi gairah, emosi cinta, agresif serta energi. Warna emas cenderung elegan, mewah, dan berkelas. Agar bisa menentukan warnanya, pahami pesan ingin disampaikan dan perkuat  dengan pemilihan warna.

6. Buat dengan Sederhana

Sebuah logo harus segera bisa menyampaikan pesannya pada para calon pelanggan. Dan hal tersebut bisa terjadi, jika audiens bisa menangkap pesan logonya tanpa harus memahaminya terlebih dahulu.

Maknanya, kamu harus bisa membuat logo yang sederhana. Keefektifan visualisasi sederhana ini sudah diakui secara global, bisa kami berikan contoh seperti Nike, Adidas, Dior, MCD, dan masih banyak brand usaha besar lainnya.

Pastikan juga agar kamu tidak menggunakan font, warna, atau pemakaian garis yang rumit. Akan lebih baik jika kamu menghilangkan elemen yang tidak diperlukan. Agar bisa mengomunikasikannya dengan audiens.

Hindari menggunakan satu warna pada setiap font yang berbeda, fakta di lapangan membuktikan kesederhanaan menciptakan daya tarik lebih tinggi. Maka pastikan kamu menerapkan tips satu ini dengan baik.

7. Buat Desain Serbaguna

Perlu kamu ingat desain logo untuk perusahaan akan tampil di mana-mana, karena menjadi wajah dari sebuah perusahaan. Klien akan mencetaknya dalam berbagai produk perusahaan baik poster, iklan, banner, dan alat promosi lainnya.

Jadi, kamu dituntut untuk membuatnya bisa digunakan dalam berbagai kondisi. Buatlah desain logonya terlihat baik ketika muncul di situs web, juga terlihat cocok berada dalam selebaran. Berikan kesan logonya terlihat abadi dan bisa digunakan di mana saja.

Poin penting lainnya, versi yang tanpa warna juga harus sama luar biasanya. Apabila tampilan logo tersebut terlihat aneh saat dicetak dalam surat kabar, majalah, atau iklan hal tersebut bisa merusak iklan tersebut.

Langkah ini harus mendapatkan pertimbangan yang matang sebelum menuntaskan hasil akhirnya. Dan pastikan kamu menilai atau melakukan evaluasi akhir.

Mengapa Pembuatan Logo Penting dalam Sebuah Usaha?

Sebuah perusahaan harus bisa bersaing dengan keras dalam dunia bisnis, agar tetap berada di barisan terdepan. Dunia bisnis tergantung pada tampilan visualnya, dengan memanfaatkan desain grafis agar pesannya bisa tersampaikan.

Tampilan visual tersebut sangat membantu sekali dalam dunia bisnis, seperti menggunakan desain logo untuk perusahaan. Merupakan peralatan visual paling ampuh untuk menggaet para pelanggan.

Baik pengusaha kecil, menengah, atau kelas atas harus bisa memperhatikan dan siap menghadapi persaingan. Kemudian juga harus membuat strategi marketing berbeda atau unik sehingga mampu menarik perhatian banyak orang.

Tapi sebagian orang gagal dalam dunia bisnis karena tidak memperhatikan bagian marketing secara visual. Salah satu cara jitunya dengan memilih desain logo untuk perusahaan yang unik dan menarik.

Cara ini juga dilakukan oleh pasar-pasar global untuk memasarkan produk dan lebih menarik perhatian banyak orang. Jadi, sangat penting sekali menggunakan logo untuk usaha sedang kamu jalani saat ini. Agar bisa menyampaikan pesan perusahaan kepada para calon pelanggan.

Dengan memahami cara pembuatan desain logo untuk perusahaan yang baik juga tepat, kamu bisa menghasilkan tampilan visual terbaik bagi sebuah perusahaan.

error: