Bagaimana Cara Membuat Desain Kartu Nama yang Menarik?

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Bagaimana Cara Membuat Desain Kartu Nama yang Menarik?
95

Membuat desain kartu nama saat ini juga sangatlah penting, apalagi jika kamu memiliki profesi. Hal ini juga dapat dijadikan media untuk memperluas koneksi, cukup menarik bukan? Hanya melalui sebuah kertas kamu bisa memperluas koneksi dan jaringan bisnis.

Biasanya seseorang akan selalu menyelipkan kartu ini di dalam dompetnya dan membawanya kemana-mana. Maka, tidak heran jika banyak orang mencari cara membuat desain untuk kartu nama menarik. Alasannya karena kertas tersebut nantinya akan diberikan kepada orang lain.

Mungkin sebagian orang menganggap membuat desain kartu nama tidak penting dan jarang digunakan. Namun, pada dunia bisnis kartu tersebut sangatlah penting. Bahkan di era modern seperti sekarang, masih banyak pebisnis yang menggunakannya karena dianggap lebih mudah.

Lebih Memahami Apa Itu Kartu Nama

Saat kamu mendengar kata kartu nama, pasti yang terlintas dipikiran kamu adalah selembar kertas kecil dengan informasi di dalamnya. Walaupun banyak orang sudah mulai meninggalkannya, namun masih menjadi bagian penting, terutama dalam dunia bisnis.

Sebelum membuat desain kartu nama, ada baiknya kamu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Kertas kecil tersebut dirancang untuk menyampaikan informasi tentang perusahaan atau individu, biasanya diberikan sebagai pengingat dalam perkenalan formal.

Kertas kecil ini biasanya berisi nama perusahaan, alamat pos, nomor telepon, nomor faks, email, serta situs web. Meskipun penggunaan gadget sudah marak, namun kertas kecil ini masih digunakan oleh sebagian orang.

Sejarah pertama penggunaannya tercatat di Cina dari abad ke-15. Awalnya, kartu nama (míngcì) hanya dibuat dengan tujuan undangan khusus. Hingga pada abad ke-17 penggunaannya sampai di Eropa, namun fungsinya sebagai kartu perdagangan.

Sedangkan, di Inggris penggunaannya lebih banyak untuk memetakan identitas pekerja (buruh). Biasanya míngcì ini akan dibagikan kepada pekerja sebelum atau sesudah bekerja. Awalnya míngcì hanya terbuat dari kulit kayu tipis dengan ukuran dan desain sangat sederhana.

Ada Berapa Jenis dari Kartu Nama?

Kertas berukuran kecil ini selalu menjadi kebutuhan penting dalam dunia profesional, karena memungkinkan orang mengenali kamu berdasarkan informasi penting di dalamnya. Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak jenis dari kartu tersebut.

Maka dari itu, sebelum mencari cara untuk membuat desain kartu nama, sebaiknya pahami terlebih dahulu jenis-jenisnya. Spesifikasi kartunya juga dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Berikut ini jenis-jenis dari kertas berukuran kecil tersebut:

1. Pribadi

Jenis pribadi biasanya dibuat oleh orang-orang sebagai tanda pengenal bagi dirinya sendiri. Biasanya di dalamnya mencantumkan nama pemegang kartunya, alamat rumah, dan narahubung pemegang kartunya.

Hal paling mencolok dari jenis pribadi ini adalah nama pemiliknya sengaja dibuat besar dan biasanya menggunakan font yang mencolok. Sesuai dengan namanya pribadi, maka memang difokuskan pada pemilik kartunya saja.

2. Perusahaan

Jenis ini biasanya digunakan oleh karyawan atau pegawai yang didapatkan dari perusahaan. Di dalamnya terdapat nama pemilik beserta nama perusahaannya. Hal tersebut juga dijadikan media iklan oleh perusahaan.

Meskipun kartunya tetap berisi nama dan kontak person pemegangnya, tapi font serta jenis huruf yang dirancang dengan besar dan menarik adalah nama perusahaannya. Hal tersebut dinilai wajar, karena perusahaan yang membuat desain kartu nama tersebut.

3. Standar

Jenis standar ini paling umum dijumpai, dengan karakteristik glossy, tebal, dan kokoh karena menggunakan kertas Art Cardboard. Kami bisa mengatur sendiri ketebalan sesuai dengan keinginan.

Jenis satu ini dinilai sangat cocok digunakan untuk kamu yang baru memulai bisnis atau karir karena harganya murah, tapi kualitas kertasnya bagus. Selain itu, pengguna juga dapat melindungi kartunya sekaligus menyempurnakan tampilan dengan laminasi doff atau glossy.

4. Premium

Jika kamu ingin membuat desain kartu nama dengan tampilan istimewa, maka jenis premium sangat cocok. Alasannya karena jenis tersebut menggunakan bahan kertas yang fancy dengan ciri khas bertekstur dan halus memberikan kesan cukup berbeda.

5. Eksklusif

Jika kamu menyukai dan menginginkan tanda pengenal dengan nuansa mewah serta ekslusif, maka kamu bisa memilih jenis eksklusif. Pengguna bisa membuat kertas lebih tebal dengan finishing double wall agar kartunya terasa lebih kokoh dan istimewa.

Membuat Desain Kartu Nama yang Membujuk, Bagaimana Caranya?

Apakah kamu pernah mendengar pepatah “tak kenal maka tak sayang”? hal ini juga hukum yang terjadi pada sebuah perusahaan. Agar suatu perusahaan dikenal dan dihormati, maka perlu diakui oleh perusahaan lain.

Di negara maju, para pebisnis saling bertukar kartu nama di setiap kesempatan untuk memperkenalkan diri dan perusahaannya. Kertas kecil tersebut adalah alat bisnis yang dapat menceritakan sebuah kisah, menunjukkan identitas dan citra dari suatu perusahaan.

Elemen dalam membuat desain kartu nama dapat menginspirasi kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, elemen di dalamnya harus menarik, mulai dari pilihan warna, font, jenis kertas, hingga teknik cetaknya.

Selain itu, benda kecil ini juga bisa menjembatani hubungan dengan orang baru. Bagaimana selembar kertas berukuran sekitar 9cm x 5,5cm, 8cm x 5cm atau 9cm x 4cm dapat meyakinkan seseorang.

Dengan ukuran sekecil itu, bagaimana cara pemiliknya bisa membuat penerima harus bisa jatuh cinta pada pandangan pertama. Maka dari itu, tidak boleh membuatnya secara sembarangan. Melalui benda kecil itu dapat memberikan kesan positif atau negatif bagi orang yang melihatnya.

Elemen-elemen tersebut harus seimbang, terpadu, tidak monoton, mudah dibaca, informatif dan tentunya mampu mencerminkan citra perusahaan. Ada empat cara membuat desain kartu nama terlihat lebih menarik dan juga komunikatif, yaitu:

1. Kontras

Contoh sederhananya, saat malam hari dan kamu melihat ke langit, mata kamu akan tertuju pada bintang yang berkelap-kelip. Meskipun pada kenyataannya langit hitam lebih luas untuk dilihat.

Namun, justru jika dilihat secara keseluruhan, langit yang gelap gulita dengan bintang berkelap-kelip di sekelilingnya akan semakin indah. Hal tersebut juga berlaku untuk warna pada kartu nama.

Dengan kata lain, cara termudah untuk membuat kontras pada kartunya adalah dengan meletakkan teks hitam atau warna gelap pada latar belakang terang. Dengan begitu akan menciptakan warna kontras, namun tetap cocokkan perpaduan kontrasnya.

2. Repetisi

Repetisi disebut juga elemen visual yang berulang. Misalnya dengan berulang kali menggunakan warna, bidang, font, ukuran, tekstur atau gambar yang serupa. Hal tersebut justru akan membuat elemen-elemen tersebut tidak bisa menyatu.

3. Penjajaran

Penjajaran atau disebut juga Alignment merupakan elemen grafis teks dan gambar, agar terlihat rapi serta enak dilihat. Perataan teksnya dapat secara konsisten diratakan ke kiri, ke kanan, atau bahkan secara simetris atau ditengahkan.

4. Proximity

Proximity berarti elemen grafis disusun dengan mempertimbangkan kedekatan, informasi terkait dikelompokkan bersama-sama. Misalnya, nama pemilik dibuat sejajar dengan posisinya.

Apa Manfaat dari Memiliki Kartu Nama?

Seiring berjalannya waktu, míngcì mulai dikenal sebagai salah satu media pelengkap untuk menyingkat data pribadi. Setelah mengetahui bagaimana cara membuat desain kartu nama agar terlihat menarik, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui manfaatnya.

  1. Memperkenalkan diri kepada pelanggan atau relasi baru, dengan begitu jaringan komunikasi pemasaran akan lebih luas.
  2. Dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran, maka dari itu, seorang profesional wajib memilikinya.
  3. Dapat menjalin hubungan dengan orang baru.

Meskipun zaman dan teknologi semakin berkembang, tapi ada beberapa kebiasaan lama tetap dilakukan hingga saat ini. Misalnya saja dengan membuat desain kartu nama menarik untuk diberikan kepada orang lain.

error: