Berbagai Fungsi Desain Mobil Branding Bagi Perusahaan

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Berbagai Fungsi Desain Mobil Branding Bagi Perusahaan
153

Desain mobil branding sekarang ini semakin marak digunakan oleh perusahaan dalam mempromosikan bisnis mereka karena memang memiliki banyak fungsi. Bisa memberikan dampak cukup signifikan terhadap perkembangan bisnis asalkan pemilihan desainnya tepat.

Apalagi dari waktu ke waktu teknologi terus mengalami perkembangan, termasuk dalam bidang desain grafis. Bila membahas tentang desain grafis cakupannya sangat luas, bukan hanya tentang gambar 2D yang medianya berupa kertas atau papan iklan.

Tapi, mobil juga bisa di desain dengan konsep sedemikian menariknya oleh seorang desainer yang sudah profesional di bidangnya. Supaya lebih paham apa saja fungsi mobi branding bagi perusahaan, kamu bisa menyimak pembahasan berikut.

Strategi Branding Menggunakan Mobil Cukup Efektif

Desain mobil branding semakin marak digunakan oleh pemilik bisnis bukan tanpa alasan. Sekarang ini kendaraan bukan hanya dipakai sebagai alat transportasi saja, tapi juga bisa memberikan manfaat lain, salah satunya dijadikan sebuah strategi branding.

Di mana mobil-mobil tersebut biasanya memiliki desain berupa gambar produk atau logo perusahaan tertentu. Bahkan beberapa di antara mobil yang lalu lalang dijalanan terlihat seperti papan iklan berjalan.

Strategi branding seperti ini cukup efektif dilakukan mengingat banyak masyarakat yang melakukan aktivitasnya di jalan raya. Terutama ketika kondisinya sedang berhenti di lampu merah atau terjebak macet.

Keadaan ini lebih besar kemungkinannya mobil branding yang dikendarai tampak lebih jelas oleh pandangan masyarakat. Disadari atau tidak, ketika bertemu dengan mobil dengan desain seperti demikian, mata akan langsung tertuju untuk melihatnya.

Ketika terlihat menarik perhatian, bukan hanya sekadar melihat tapi juga membaca dan mencermati apa yang tertulis pada mobil tersebut. Hal seperti inilah penyebab desain mobil branding cukup efektif dijadikan media untuk memperkenalkan sebuah bisnis.

Apalagi jenis bisnis yang masih baru merintis. Supaya semakin berkembang, diperlukan berbagai cara untuk memperkenalan kepada khalayak. Salah satu metode cukup efektif dan praktis yaitu dengan memanfaatkan mobil branding.

Inilah Berbagai Fungsi Mobil Branding Bagi Perusahaan

Tidak ada salahnya memanfaatkan satu benda untuk banyak fungsi sekaligus, termasuk mobil branding. Bagi perusahaan, ada banyak fungsi dari penggunaan transportasi jenis seperti ini, beberapa di antaranya:

1. Memperluas Jangkauan

Fungsi pertama yaitu memperluas jangkauan pasar berbagai golongan, baik itu jenis kelamin maupun usia. Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya bahwa kendaraan ini akan menjangkau pandangan banyak orang saat dikendarai dijalanan.

Terutama jalan raya ramai, biasanya area perkotaan. Dengan desain mobil branding unik, akan menarik mata orang melintas untuk memandang. Di bawah alam sadar mereka akan merekam brand yang dipromosikan dalam otak.

Semakin sering dilihat, akan semakin memberikan pengaruh mereka supaya tertarik dengan produk bisnis yang kamu tawarkan. Mungkin tidak dalam waktu saat itu juga, tapi di kemudian hari saat mereka membutuhkan produk tersebut.

Sudah banyak perusahaan produk maupun jasa yang memakai strategi seperti ini untuk tujuan memperluas jaringan. Dan banyak yang sudah merasakan efektivitasnya.

2. Memperkenalkan Identitas Perusahaan

Kendaraan ini bukan hanya digunakan untuk memperluas jaringan saja, tapi juga memperkenalkan identitas suatu perusahaan. Bukan sebagai penunjuk bahwa kendaraan milik perusahaan tertentu, tapi lebih ke mengenalkan identitasnya.

Fungsi dari desain mobil branding sama seperti papan iklan di pinggir jalan atau di televisi. Bedanya adalah dari segi media yang digunakan, papan iklan biasanya memakai neon box, sedangkan untuk jenis satu ini memanfaatkan mobil.

3. Alat Promosi

Fungsi terakhir yaitu dipakai sebagai alat promosi oleh perusahaan mengenai produk yang ingin ditawarkan. Jadi, promosi itu tidak selalu dalam bentuk media statis. Promosi statis hanya akan dijangkau oleh orang yang mengakses tempat tersebut.

Sedangkan ketika promosi yang dilakukan menggunakan mobil, cenderung dinamis dan aktif bergerak. Promosi dengan jangkauan lebih luas akan lebih berpotensi menjaring calon konsumen baru.

Bisa dikatakan promosi melalui metode seperti ini lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya. Sebab tidak harus mencetak banyak poster lalu membagikannya kepada masyarakat.

Cara Mobil Branding Mencuri Perhatian Pengguna Jalan

Bila melihat di jalanan, ada beragam konsep desain mobil branding bisa kamu temukan. Karena digunakan sebagai media pengenal identitas dan alat promosi dengan target pembacanya pengguna jalan berjumlah ribuan, mengharuskan desainnya dibuat tampak mencolok.

Tujuannya tidak lain untuk menarik perhatian pengguna jalan supaya membaca apa yang ingin disampaikan oleh pemilik bisnis. Seperti kamu tahu di jalan raya kendaraan yang lalu lalang jumlahnya bisa mencapai ribuan.

Di antara ribuan kendaraan yang ada, mobil branding harus bisa mencuri perhatian. Cara mencuri perhatian pengguna jalan lain yang bisa dilakukan bukan dengan membuat suara keras supaya mereka melirik ke arah mobil.

Ketika hal seperti ini dilakukan bukannya memberikan kesan baik terhadap citra perusahaan, justru sebaliknya. Sebab, banyak orang akan menganggap cara tersebut mengganggu kenyamanan serta terlihat tidak menghormati pengguna jalan lain.

Selalu ingat bahwa jalan raya itu milik umum dan setiap penggunanya mempunyai hak serta kewajiban untuk senantiasa menjaga ketertiban maupun keamanan dalam berkendara. Cara paling efektif bisa dilakukan yaitu dengan menonjolkan tampilan fisik desain mobil branding.

Bukan berarti bentuk fisik mobilnya harus mewah dan unik, tapi lebih kepada desain gambar pada bagian luarnya dibuat menarik. Ketika desainnya berhasil dibuat menarik serta unik, akan membuat perhatian para pengguna jalan tertuju pada kendaraan tersebut.

Selain itu juga membaca informasi tertera apa yang ingin kamu sampaikan kepada mereka. Dalam kondisi ini bukan maksudnya ingin mengganggu konsentrasi para pengguna jalan. Tapi, bertujuan ingin menunjukkan identitas dan menginformasikan produk yang ingin dipromosikan.

Pentingnya Memilih Jasa Desain Mobil Branding Kompeten

Ketika tertarik dengan branding desain mobil untuk tujuan bisnis, jangan lupa untuk memastikan jasa dipilih benar-benar kompeten di bidangnya. Pemilihan jasa berkompeten, terpercaya dan berpengalaman akan sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil desain.

Di mana jasa desain mobil branding tersebut memang bekerja atau mempunyai skill di bidang desain grafis. Biasanya jasa terpercaya memiliki alamat kantor jelas, harganya kompetitif serta mempunyai banyak ulasan positif para pelanggan.

Sebaiknya pertimbangkan ulang ketika beberapa ciri tersebut tidak ditemukan pada jasa desain mobil dipilih. Dalam menjalankan bisnis tentu inginnya mengeluarkan budget seefisien mungkin, termasuk untuk kebutuhan satu ini.

Ketika desain mobil branding sudah sesuai dengan harapan sejak awal, kemungkinan harus mengeluarkan budget lebih untuk revisi akibat hasilnya tidak sesuai bisa diminimalisir. Mungkin bila bagian yang perlu di revisi sedikit tidak terlalu menjadi masalah.

Bayangkan bila perbaikannya harus dilakukan secara menyeluruh dan pihak jasa tidak bertanggung jawab atas kesalahannya. Ditambah lagi tidak ada layanan garansi, yang ada malah membuat kamu harus menanggung kerugian.

Supaya terhindar dari kemungkinan buruk seperti ini, pastikan sejak awal bahwa jasa yang dipilih memang terpercaya dan berkualitas. Jangan langsung membuat keputusan menggunakan jasa tersebut hanya karena penawaran harganya sangat murah dan tidak masuk akal.

Tidak ada salahnya juga memantau proses pengerjaan untuk menilai bagaimana profesionalisme mereka dalam bekerja. Tidak perlu terburu-buru menentukan jasa desain mobil branding supaya mendapatkan yang terbaik.

error: