Definisi Merek Dalam Bisnis yang Harus Kamu Pahami

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Definisi Merek Dalam Bisnis yang Harus Kamu Pahami

Merek dalam bisnis adalah sesuatu hal yang sangat penting. Dengan sebuah molekul merek perusahaan akan lebih mudah dikenali oleh konsumennya. Bayangkan saja betapa kebingungannya orang ketika ingin membeli barang akan tetapi hanya menyebutkan ciri – ciri fisiknya saja.

Mungkin saja penjualnya akan sangat kebingungan dengan barang yang dimaksud. Akan tetapi, lain cerita ketika menyebutkan sebuah merek, penjual akan lebih mudah untuk mengetahui barang apa yang diinginkan atau sedang ditanyakan oleh konsumen.

Dalam membuat merek juga tidak boleh sembarangan karena ada aturan hukum yang mengatur tentang penggunaan merek itu sendiri. Jadi kamu harus berhati – hati ketika ingin membuat merek untuk perusahaan sendiri.

Merek dalam bisnis adalah identitas yang sangat melekat terhadap sebuah perusahaan. Orang – orang biasanya akan lebih percaya terhadap merek yang sudah terkenal. Untuk memiliki merek yang terkenal tentunya seseorang harus melakukan promosi atau marketing dengan cara yang tepat.

Bukan merupakan tugas yang mudah apalagi ketika Harus bersaing dengan merek barang yang sudah mendapatkan perhatian dari masyarakat sebelumnya. Dalam membangun merek memang dibutuhkan waktu yang panjang dan juga kerja keras untuk membangun kepercayaan konsumen.

Salah satu hal yang penting untuk menjadi catatan yaitu kepercayaan konsumen bisa langsung jatuh terhadap sebuah merek ketika terjadi kesalahan tertentu, walaupun mungkin hanya satu kali.

Oleh karena itu bisa dikatakan bukan hanya membangun merek atau brand yang susah akan tetapi mempertahankan eksistensi sebuah merek juga bukan merupakan hal yang mudah.

Mengenal Pengertian Merek Dalam Bisnis

Merek dapat diartikan sebagai sebuah tanda baik itu berupa gambar kata huruf angka atau susunan warna dan lain sebagainya yang berfungsi sebagai pembeda dan bisa digunakan dalam kegiatan perdagangan atau jasa.

Untuk pengertian dari merek itu sendiri diatur dalam undang – undang nomor 15 tahun 2021. Dalam undang – undang tersebut juga mengatur mengenai bagaimana pembuatan merek dan lain sebagainya.

Sementara itu merek dagang adalah sebuah merek yang digunakan dalam sebuah produk yang diciptakan oleh sekelompok orang atau perusahaan dan menjadi pembeda antara produk tersebut dengan produk yang ada sebelumnya.

Jika dilihat dari pengertiannya merek dalam sebuah bisnis memiliki manfaat yang sangat banyak. Berikut berbagai macam manfaat merek untuk perusahaan.

1. Sebagai sarana untuk melakukan promosi

Merek dalam bisnis adalah sesuatu yang sangat sempurna untuk melakukan promosi. Biasanya orang – orang akan langsung percaya dengan produk atau layanan yang diberikan ketika itu berasal dari merek yang sudah tak percaya.

Bayangkan saja ketika kamu melakukan promosi akan tetapi tidak mencantumkan merk. Mungkin saja orang – orang akan merasa kebingungan dengan barang atau layanan yang sedang diiklankan.

Dengan menggunakan merek nantinya orang – orang akan lebih mudah mengenali produk yang sedang diiklankan. Itulah mengapa biasanya ketika dalam konten iklan selalu menyebut merek supaya nantinya orang – orang yang melihatnya mengetahui produk yang sedang dikembangkan dengan sangat mudah.

2. Perlindungan terhadap produk dan jasa

Manfaat merek dalam bisnis berikutnya yaitu sebagai perlindungan produk dan jasa. Oleh karena itu, sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk membuat merek yang resmi dan mengajukannya ke pemerintah.

Ini sangat penting agar nantinya merek tercatat acara resmi dan jika nantinya terjadi sengketa kita diselesaikan dengan mudah. Perlu kamu ketahui jika merek ini berbeda dengan hak paten atau hak cipta.

3. Memiliki hak eksklusif

Pemegang merek dalam bisnis juga memiliki hak eksklusif untuk menggunakan sendiri hak tersebut atau memberikan kemenangan kepada orang lain untuk menggunakan merek tersebut. Hal tersebut sudah diatur di dalam undang – undang sehingga akan menjamin kamu ketika menggunakan merek yang sudah terdaftar resmi.

Ini menjadi salah satu hal yang sangat menguntungkan ketika mungkin kamu memiliki bisnis dan ingin memiliki distributor atau reseller. Dengan begitu nantinya para reseller dari produk atau layanan jasa kamu bisa menggunakan merek bisnis yang kamu miliki.

4. Mencegah aksi pembajakan dan juga penggunaan tanpa hak

Ketika sebuah merek sudah terdaftar resmi maka tidak sembarangan orang bisa menggunakan merek tersebut tanpa izin. Secara tidak langsung menggunakan merek dalam bisnis ini mencegah aksi pembajakan yang belakangan ini marak terjadi.

Membacakan sebuah produk adalah hal yang terlarang, dan seseorang yang membaca bisa dikenakan hukuman penjara atau denda. Orang – orang yang tidak memiliki hak juga tidak bisa memasarkan sebuah produk atau layanan dengan merek yang kamu miliki.

Jika nantinya ada seseorang yang menggunakan kamu tanpa izin maka bisa langsung saja melapor ke pihak yang berwajib. Dari penjelasan di atas, kamu bisa memahami bahwa menggunakan merek orang lain tanpa izin atau melakukan pembajakan terhadap merek yang dimiliki oleh orang lain adalah kegiatan ilegal dan tidak dibenarkan.

Karena kegiatan pembajakan dan pemalsuan merek akan sangat merugikan. Bukan hanya untuk pemilik barang para konsumen juga akan sangat dirugikan dengan maraknya produk – produk bajakan tentunya dengan kualitas yang lebih rendah.

5. Membangun kepercayaan pembeli

Merek dalam bisnis juga sangat berfungsi untuk membangun kepercayaan pembeli. Sebutkan contohnya kayak itu penggunaan merek Samsung untuk salah satu produk ponsel ternama.

Ketika seseorang mendengar kata Samsung pasti sudah terlintas bahwa produk yaitu berkualitas. Sehingga orang – orang sudah tidak akan merasa ragu – ragu ketika akan membeli produk Samsung.

Begitu juga untuk ponsel iphone, ada banyak sekali orang yang rela mengantri untuk mendapatkan iphone terbaru yang dikeluarkan oleh Apple.

Sepertinya orang – orang sudah tidak berpikir lagi mengenai harganya karena sudah yakin terhadap kualitasnya. Bayangkan saja orang – orang dalam mengeluarkan uang puluhan juta hanya untuk membeli sebuah ponsel.

Jika tidak yakin dengan kualitasnya mungkin saja orang – orang tidak akan mau untuk membelinya. Apalagi untuk harga Iphone bisa dikatakan jauh lebih mahal dibandingkan dengan ponsel – ponsel dari merk lain seperti misalnya Oppo atau Vivo.

6. Memiliki hak pembatalan merek

Manfaat merek dalam bisnis yang terakhir yaitu membuat kamu memiliki hak untuk meminta pembatalan terhadap merek yang dianggap menyerupai atau bahkan sama dengan merk bisnis kamu.

Tentunya ketika ada merek yang menyerupai atau mungkin dikatakan mirip dengan merek bisnis kamu ini mungkin akan memberikan kerugian.

Apalagi jika mereka kamu sudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Kemudian ada merek lain yang mendompleng dengan cara membuat merek yang bisa dikatakan mirip atau hampir sama.

Merek adalah sesuatu hal yang akan sangat melekat terhadap sebuah perusahaan. Perusahaan yang mampu membangun merek dengan baik nantinya akan memenangkan pasar dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Sebagian besar perusahaan yang sukses adalah perusahaan – perusahaan yang mampu membangun merek dengan baik. Contoh – contoh perusahaan yang sangat sukses dalam membangun merek yaitu adalah dengan produk – produk berkualitas premium.

Berikut penjelasan kami mengenai pengertian bisnis merek dalam bisnis dan juga berbagai macam manfaat penggunaan merek bagi sebuah perusahaan.