Desain Logo untuk Branding Perusahaan, Pemula Wajib Tahu

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Desain Logo untuk Branding Perusahaan, Pemula Wajib Tahu
108

Logo untuk branding perusahaan harus dipertimbangkan dengan sangat baik. Jika tidak, maka dampak dari penggunaan logo itu tidak akan maksimal. Perlu konsultasi dengan pakar desain grafis ketika kamu akan membuatnya.

Penting untuk dipahami, logo memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap ingatan para konsumen. Jika kamu melakukan proses pembuatan log sesuai dengan aturan yang berlaku, keberadaan logo pasti memberikan dampak positif terhadap target dan penjualan perusahaan.

Penting untuk dipahami, logo untuk branding perusahaan itu tidak boleh hanya sekedar bagus dan enak dipandang. Setiap logo harus diiringi dengan makna. Pertimbangan makna ini harus dipikirkan sejak awal. Jika tidak, logo yang dihasilkan tentu tidak akan maksimal.

Di dalam dunia desain grafis, pembuatan logo sangat erat kaitannya dengan branding perusahaan. Jadi ada korelasi yang sangat kuat antara logo perusahaan dengan branding tersebut. Agar kamu bisa memahaminya dengan baik, di sini kami akan mengulasnya untuk kamu.

Manfaat Desain Logo untuk Branding Perusahaan

Branding adalah salah satu proses yang pasti dilewati oleh perusahaan. Kata satu ini berasal dari bahasa Inggris yakni brand yang artinya merek. Branding sendiri diartikan sebagai metode agar masyarakat mengenal dengan baik merek produk dari sebuah perusahaan.

Tentu saja ada banyak langkah yang harus dilakukan agar proses branding terlaksana dengan baik. Salah satu tindakan awal yang harus dilakukan adalah dengan membuat logo yang sesuai target market.

Tentu saja ada langkah-langkah strategis yang harus dilakukan agar logo tersebut memberikan pengaruh positif terhadap proses branding. Jika dianalisa lebih lanjut, keberadaan logo, desain, dan branding adalah 3 elemen utama di dalam keberhasilan bisnis.

Berdasarkan riset masyarakat memiliki kecenderungan untuk memilih produk atau jasa yang sudah mereka kenal mereknya dengan baik. Merek dari sebuah produk akan memberi kesan kuat kepada masyarakat jika dikembangkan dengan perencanaan yang baik.

Contohnya jika kamu bicara produk smartphone yang eksklusif. Pasti di kepala akan muncul logo buah apel yang sudah tergigit. Atau ketika kamu bicara air mineral, pasti kata Aqua akan muncul di dalam pikiran masing-masing.

Ini merupakan salah satu bentuk branding yang sukses dilakukan. Jika kamu ingin memiliki bisnis dengan keuntungan yang maksimum, proses branding tersebut juga harus dilakukan. Salah satunya adalah dengan membuat logo untuk branding perusahaan yang baik.

Langkah-Langkah Branding untuk Produk Perusahaan

Ketika sedang melakukan branding tentu saja ada langkah-langkah yang harus diikuti. Jika kamu bicara tiga elemen utama yang sudah dijelaskan sebelumnya, proses pembuatan logo, desain, dan branding harus sesuai dengan regulasi yang sudah disepakati.

Lantas mana yang harus dibuat terlebih dahulu pada pembuatan logo untuk branding perusahaan? Untuk memudahkan prosesnya langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konsep branding. Brand sendiri merupakan identitas sebuah produk yang membedakan perusahaan kamu dengan kompetitor.

Agar proses branding tersebut bisa berjalan dengan sukses, konsep harus dibuat secara terukur dan terencana. Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab agar proses branding tersebut berjalan dengan lancar dan sesuai ekspektasi perusahaan. Diantaranya adalah :

  1. Bagaimana cara untuk menentukan positioning di pasar
  2. Bagaimana proses untuk menciptakan identitas merek sejak awal
  3. Bagaimana cara perusahaan untuk mengkomunikasikan pesan di dalam logo?
  4. Bagaimana cara perusahaan untuk menetapkan standar branding yang sesuai ekspektasi?

Jika kamu sudah berhasil menjawab beberapa pertanyaan yang sudah diajukan di atas, maka secara otomatis proses pembuatan logo untuk branding perusahaan bisa segera dimulai. Ini harus dipertimbangkan dengan sangat baik.

Dampak Branding Terhadap Pemasaran Produk

Ketika kamu sedang melakukan pembuatan logo branding perusahaan, ada banyak sekali dampak positif yang bisa didapat. Berdasarkan riset yang sudah kami lakukan, ada 5 dampak positif yang bisa kamu dapat dari penggunaan metode tersebut dalam pemasaran.

Simak ulasan logo untuk branding perusahaan di sini.

  1. Proses Log Branding mampu meningkatkan nilai jual produk maupun jasa dalam waktu yang lebih singkat.
  2. Penerapan logo branding juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa
  3. Dari segi pemasaran, logo branding ini terbukti mempermudah promosi produk atau jasa
  4. Branding juga bisa mendongkrak nilai bisnis perusahaan
  5. Jika diterapkan jangka panjang, logo branding mampu membentuk loyalitas pelanggan terhadap sebuah produk

Dengan deretan manfaat yang dimilikinya tersebut, tidak heran kalau kemudian banyak perusahaan berlomba menerapkan logo branding perusahaan. Ketika kamu sedang merintis bisnis, memahami metode untuk branding ini merupakan sebuah keharusan.

Elemen Utama Logo untuk Branding Perusahaan

Ketika kamu sedang melakukan perancangan logo untuk branding, tentu saja ada beberapa elemen utama pada logo yang harus dipertimbangkan sejak awal. Apa saja elemen-elemen tersebut? Simak ulasan selengkapnya pada poin-poin berikut ini :

  1. Nama merek yang digunakan harus memperlihatkan identitas produk, bisnis, layanan dan konsep yang sudah dipilih oleh perusahaan.
  2. Logo perusahaan juga menjadi identitas dagang visual perusahaan. karenanya setiap bentuk yang diterapkan di dalamnya harus memiliki makna.
  3. Tagline yang digunakan juga harus sesuai dengan visi misi perusahaan.
  4. Grafis yang dipilih juga harus sesuai dengan konsep perusahaan karena menjadi elemen visual yang membantu produk untuk dikenali audiens.
  5. Tipografi yang digunakan juga harus memiliki ciri tersendiri.
  6. Tone of voice atau nada suara pada logo juga harus digunakan secara konsisten.

Agar proses pembuatan logo branding perusahaan berjalan dengan lancar, beberapa elemen utama yang sudah kami jelaskan di atas harus diterapkan dengan baik. Jadi pembuatan logo tidak boleh hanya sekedar bagus.

Cara Membangun Design Logo untuk Branding Perusahaan

Langkah akhir, kamu bisa mulai membangun logo untuk branding. Sudah tentu ada beberapa metode yang harus diterapkan agar dampak dari logo itu sendiri sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Lakukan pemilihan warna dari mulai warna fokus hingga warna sekunder
  2. Dari sisi visual, pertimbangkan dengan baik pencitraan, ikon dan tombol pada logo
  3. Jangan lupa untuk mempertimbangkan sisi Tipografi dari mulai hierarki, ukuran hingga komposisinya.
  4. Lanjut dengan mengenali brand, agar setting logo untuk branding perusahaan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan.
  5. Gambarkan identitas perusahaan dengan baik pada desain logo
  6. Pilih jenis logo yang paling sesuai dengan kebutuhan
  7. Tentukan warna logo yang akan kamu buat
  8. Pilih jenis font yang paling sesuai dan merepresentasikan visi misi perusahaan
  9. Buat desain menarik menggunakan aplikasi desain yang ada saat ini
  10. Lebih recommended untuk memilih bentuk logo yang simpel agar mudah diingat oleh konsumen.
  11. Pilih desain yang aplikatif agar bisa diterapkan pada berbagai platform dengan mudah.
  12. Lakukan analisis ulang dan buat perubahan jika dibutuhkan.
  13. Jika kamu tidak memiliki kemampuan untuk membuat logo sendiri, sangat pas untuk berkonsultasi dengan ahli agar mendapatkan logo yang sesuai.

Saat ini ada banyak sekali layanan pembuatan logo perusahaan yang bisa kamu pilih. Jika kamu tidak mampu membuatnya sendiri, sangat direkomendasikan untuk memberikan kepercayaan kepada mereka dalam proses pembuatan logo untuk branding perusahaan ini.

error: