Desain Stiker Produk Berperan Penting untuk Promosi

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Desain Stiker Produk Berperan Penting untuk Promosi

Membuat desain stiker produk tentu tidak boleh sembarangan karena bisa dijadikan sebagai media promosi dan branding. Meski terlihat sederhana ternyata stiker memiliki peran penting yang tidak boleh diabaikan.

Saat ini mungkin kamu akan sangat mudah menemukan stiker-stiker dengan berbagai desain serta ukuran berbeda. Biasanya seseorang akan menempelkannya pada benda yang sering dibawa baik ada fungsinya atau sekedar hiasan.

Misal stikernya ditempel pada handphone, sepeda motor, mobil, laptop dan berbagai benda lainnya. Banyaknya desain tersedia tentu membuat karya yang dihasilkan sangat beragam dan menarik.

Jika kamu tertarik membuat desain stiker produk maka harus mengenal lebih mendalam. Baik tentang apa saja fungsinya, bagaimana jika dipakai untuk media promosi dan branding hingga tips membuatnya.

Informasi ini sangat penting untuk kamu yang ingin membuat label produk sebagai media promosi dan branding. Dengan begitu produkmu akan menjadi berbeda, lebih berkelas dan memiliki nilai jual tinggi.

Sekilas Tentang Apa Itu Stiker dan Fungsinya

Sebelum membahas lebih jauh tentang desain stiker produk maka kenali dulu secara mendasar. Stiker termasuk kedalam jenis label yang merupakan selembar kertas sengaja dicetak dengan memakai kertas khusus.

Bahan yang digunakan ada bagian perekat satu sisinya sedangkan sisi lainnya untuk menunjukkan bagian depan. Dengan adanya perekat ini maka bisa ditempelkan pada benda-benda atau produk yang ditawarkan.

Biasanya stiker digunakan untuk tujuan fungsional seperti dekorasi dengan tema tertentu untuk mempercantik ruangan. Hal ini karena desain serta warna stikernya sangat menarik sehingga memberikan kesan modern.

Untuk ukurannya sendiri juga sangat beragam sesuai dengan permintaan atau kebutuhannya. Misalnya ada ukuran kecil untuk ditempelkan pada produk yang dijual sedangkan ukuran besar dipakai sebagai hiasan dinding.

Penggunaan stiker sudah populer sejak beberapa tahun lalu dan terus dikembangkan sampai saat ini. Mengingat jumlah peminat sangat banyak membuat jasa desain stiker produk terus menerus mendapatkan pesanan.

Memiliki banyak fungsi membuat stiker semakin digemari seperti sebagai media promosi dan branding. Misalnya ketika Kamu membagikan nasi kotak maka bisa menempelkan stiker pada bagian depannya.

Tidak heran jika Kamu akan sangat mudah menemukan stiker di berbagai media dengan tujuan berbeda-beda. Kamu juga bisa membuat stiker sendiri dengan menggunakan jasa desain stiker produk untuk kebutuhan bisnis.

Stiker Sebagai Sarana Promosi yang Menarik

Kamu pasti pernah memperhatikan motor yang digunakan untuk balapan seperti pada motor GP. Ada banyak stiker yang digunakan pada beberapa bagian dengan tulisan atau gambar khusus hingga menutupi body motor.

Ada juga digunakan pada kotak makanan dengan tulisan nama penjual lengkap dengan alamat dan nomor telepon. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar ternyata terbukti menarik untuk dibaca sebelum membuka makanan tersebut.

Coba perhatikan juga pada tempat-tempat wisata yang menawarkan stiker gambar tempat wisata tersebut. Tujuannya untuk ditempelkan pada benda sebagai pengingat kalau kamu sudah pernah datang ke tempat tersebut.

Dari beberapa contoh tersebut menjadi bukti jika stiker digunakan untuk berbagai tujuan serta pada banyak media. Hal ini sangat menarik karena faktanya desain stiker produk mampu menjadi daya tarik tersendiri.

Stiker sengaja dibuat sebagai sarana promosi apalagi didesain secara khusus dengan informasi sederhana didalamnya. Informasi tersebut bukan menjelaskan tentang produknya namun sekedar nama produk atau nama perusahaan.

Tugas desainer sangatlah tidak mudah karena mereka harus berusaha membuat stiker tersebut dilirik konsumen. Mengingat saat ini berbagai jenis produk sudah tersebar di pasar sehingga jika ingin masuk harus diperhatikan dengan detail.

Pada desain stiker produk dibuat sesimpel mungkin namun informasi yang ingin disampaikan harus tertuang didalamnya. Tidak heran hanya dengan melihat stikernya saja konsumen bisa mengenali produk tersebut.

Dapat juga digunakan untuk menggambarkan tentang karakteristik perusahaan secara sederhana. Karena memberikan kesan pertama maka desainnya harus benar-benar diperhatikan dan berkualitas seperti produknya.

Manfaat Stiker Digunakan untuk Branding Produk

Sudah menjadi rahasia umum kalau stiker memiliki banyak manfaat jika dipakai untuk branding produk. Berbagai manfaat tersebut tentu berdampak pada bisnis kamu sehingga lebih dikenal luas oleh para konsumen.

  1. Memberikan informasi

Salah satu manfaatnya yaitu sebagai media informasi yang sangat terbatas namun efektif digunakan. Kamu bisa menambahkan informasi penting pada stiker tersebut seperti nomor pemesanan dan alamat toko.

Ingat untuk tidak membuat desain stiker produk dengan informasi berlebihan pada stikernya. Karena jika informasinya terlalu banyak justru tidak menarik lagi mengingat ukuran stikernya tidak terlalu besar.

  1. Media promosi murah

Memiliki sebuah produk membuat kamu harus memikirkan bagaimana cara promosi yang murah meriah. Tanpa adanya promosi maka produk kamu tidak akan dikenal luas dan nilai penjualan juga tidak akan meningkat.

Perlu diketahui stiker merupakan media promosi paling murah karena bisa membuat banyak namun harganya terjangkau. Kamu bisa membuat desain sendiri yang lebih modern dan elegan sehingga berbeda dengan produk lain.

Biaya pembuatan desain stiker produk dan biaya cetaknya tidak terlalu mahal jika dibandingkan media promosi lainnya. Apalagi kamu bebas menentukan ukuran, isi stikernya, bahan, warna hingga desainnya.

  1. Memancing CTA

Dengan adanya stiker ternyata mampu membuat konsumen tertarik dan terpancing untuk membeli produk kamu. Mengingat manfaat stiker ini untuk memancing CTA maka siapkan ide-ide khusus.

Seperti beli satu gratis satu, promo terbatas, bonus pembelian pertama dan banyak lainnya. Sisipkan kalimat CTA pada stikernya agar promosi yang kamu lakukan bisa berhasil menarik perhatian konsumen.

Tips Desain Stiker Produk yang Menarik

Dalam membuat desain stiker untuk produk ada banyak hal yang harus diperhatikan agar bisa menjadi daya tarik tersendiri. Setidaknya ada 4 tips yang bisa kamu gunakan untuk bisa mendapatkan desain terbaik.

  1. Sesuaikan desain dengan produk

Tips pertama kamu harus menyesuaikan desain dengan produknya agar sesuai dan nyambung. Semua jenis desain sangat bagus namun jika tidak sesuai maka pesan yang disampaikan tidak bisa diterima konsumen.

Misalnya kamu membutuhkan stiker untuk produk skincare pria namun memakai desain feminim. Jelas hal ini membuat konsumen bingung sebenarnya skincare tersebut untuk pria atau wanita.

  1. Perhatikan bahan

Tujuan dari pembuatan stiker ini adalah untuk media branding dan promosi maka gunakan bahan terbaik. Memakai bahan seadanya tentu mempengaruhi penilaian konsumen terhadap produknya.

Pilih bahan berkualitas agar ketika produk dalam perjalanan panjang untuk bisa sampai ke konsumen. Stikernya tetap bagus dan bertahan lama sehingga produk tersebut mudah dikenali.

  1. Pemilihan warna

Penting juga untuk memperhatikan pemilihan warna agar menyatu dengan produknya. Pilih warna sesuai dengan logo perusahaan agar mudah dikenali sebagai bagian dari branding.

  1. Resolusi

Perhatikan juga tentang resolusi karena akan menyebabkan masalah jika resolusi kecil namun dicetak besar. Jadi sesuaikan antara softcopy dengan hardcopy menggunakan cara proofing.

Stiker memiliki peranan penting untuk media promosi hingga branding sehingga tidak boleh didesain sembarangan. Dengan tips sederhana membuat desain stiker produk menjadi lebih berkualitas.