Faktor Sukses dalam Membuat Logo Perusahaan, Apa Saja?

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Faktor Sukses dalam Membuat Logo Perusahaan, Apa Saja?
115

Membuat logo perusahaan secara unik hingga dapat memberikan visualisasi yang menggambarkan jati diri usaha merupakan kunci utama kesuksesannya. Sebab, emblem tersebut dapat dikatakan sebagai tanda pengenal.

Ada banyak sekali brand yang bahkan dapat diterima di seluruh dunia karena mampu menarik pelanggan, dan berhasil merepresentasi identitas perusahaan dari sebuah logo. Lalu, apa saja faktor sukses dalam membuat logo untuk perusahaan? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Desain Logo? Simak Penjelasannya

Logo bukan hanya menampilkan sebuah nama atau maskot dari perusahan, tetapi itu dapat digunakan sebagai pengukur bisnis, nilai, produk serta layanan yang coba ditawarkan kepada pelanggan.

Selaku produsen dari barang atau jasa tersebut, kamu harus bisa menunjukan citra terbaik dari perusahaan tersebut. Pertanyaan seperti, siapa target audiensnya, apa yang ingin dilakukan, pasaran luasnya hingga strategis mendetail logo perlu diperhatikan.

Sebelum masuk ke dalam faktor apa saja yang dibutuhkan agar membuat logo perusahaan sukses, kami akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari mendesainnya.

Desain logo merupakan dasar atau komponen perusahaan yang berfungsi sebagai pondasi, atau alat pembangun reputasi sebuah merek. Logo sendiri sebaiknya tidak boleh dibuat secara asal-asalan, sebab nantinya, akan mempengaruhi pandangan calon pelanggan.

Kamu harus bisa membuat emblem tersebut, dengan ciri khas, iconic, menarik tetapi tidak membingungkan calon konsumen ketika membaca apalagi mencerna maksud visual tersebut.

Intinya, desain logo adalah sebuah gambar, atau sketsa yang dalam proses pembuatannya memiliki tujuan mengenalkan sebuah brand perusahaan, organisasi, daerah atau lembaga lainnya.

Faktor Sukses dalam Membuat Logo Perusahaan

Masuk ke dalam pembahasan faktor apa saja yang membuat logo bagi perusahaan sukses, pertama kamu harus melakukan tahapan dasar, seperti analisa pasar dan konsumen.

Sebab data dari hasil analisa tersebut dapat kamu jadikan acuan untuk bisa menemukan pilihan terbaik. Tidak lupa juga, ikutsertakan karyawan, serta memperkuat tujuan dari misi dan visi perusahaan.

1. Logo yang Berkesan Itu Mudah Diingat

Poin pertama dalam membuat logo perusahaan, kamu harus bisa membuat target audiens terkesan. Sehingga menimbulkan rasa penasaran, dan pada akhirnya mencari tahu produk jasa atau barang yang kamu coba tawarkan. Berikut tips poin pertama diantaranya:

  • Harus mudah diingat target audiens, tidak perlu suatu desain yang ribet tetapi akan berdampak besar pada respon juga feedback konsumen.
  • Menggabungkan antara unsur jati diri perusahaan serta calon pelanggan.
  • Memiliki beberapa simbol grafis nyatanya dapat membuat orang lain mudah mengingat. Karena jika dalam visual calon konsumen kamu gagal mengenali gambar, maka bukan tidak mungkin perusahaan tersebut tidak akan dikenal.
  • Hindari penggunaan logo abstrak, bukan tidak boleh namun meminimalkan kesulitan calon konsumen mengartikan maksudnya.
  • Membuat logo perusahaan haruslah memilih simbol yang relevan dengan usaha tersebut. Solusi terbaiknya, dan sering digunakan secara umum dengan menggabung simbol nama perusahaan.
  • Konsultasi tipografi dan grafis kepada ahlinya mungkin menjadi salah satu pilihan tepat, sebelum menentukan desain akhirnya.

2. Logo dengan Bentuk Unik

Kreativitas dan pendalaman makna visi dan misi, sangatlah penting dalam membuat logo perusahaan. Sebab, kamu harus menjadikan logo tersebut mampu menonjol dari pesaing atau kompetitor lainnya.

Mengingat ada banyak sekali brand di pasaran, baik dengan sama bentuk, atau serupa di bidang usaha. Keunikan menjadi syarat utama perusahaan kamu bisa lebih unggul dari lainnya.

Perancang harus bisa mengeluarkan ide serta gagasan terbaru dalam pembuat emblem tersebut. Ide yang ditawarkan juga tidak boleh menyimpang dari identitas perusahaan, dan harus masuk akal agar langsung bisa disukai khalayak.

Dalam membuat logo perusahaan juga kamu mungkin harus benar-benar teliti agar tidak terkena plagiarism hingga masuk ke ranah hukum serta hak cipta.

Menjiplak logo orang lain sama saja mengurangi reputasi dan kesempatan sukses meski barang atau jasa yang kamu tawarkan baik.

3. Logo Harus Bisa Menyampaikan Tujuan Perusahaan

Ada beberapa tips dari poin ketiga yang bisa kamu terapkan agar bisa mendapatkan logo terbaik. Kunci utamanya harus bisa menyampaikan tujuan perusahaan, di antaranya:

  • Dalam membuat logo perusahaan, kamu harus bisa membuat konsumen menangkap maksud atau tujuan esensi dari usaha tersebut.
  • Pilihlah logo yang dapat mencerminkan nilai dari bisnis itu.
  • Calon konsumen perlu mengerti benar, dari bagaimana logo itu menarik masing-masingnya untuk bisa percaya bahwa kebutuhannya akan terpenuhi.
  • Desain logo kamu harus bisa membawa kepribadian merek kepada calon konsumen, contoh mudahnya, taman hiburan maka emblem tepatnya bercitra ceria dan menyenangkan.
  • Bukan hanya memprioritaskan gambar juga tulisan, tetapi fungsi d ari logo itu untuk berkomunikasi dengan konsumen.

4. Logo Berbentuk Sederhana

Jangan meremehkan konsep membuat logo perusahaan dengan ciri khas sederhana. Sebab, hal yang simpel justru mudah diingat dan berkesan untuk konsumen. Sederhana bukan berarti tidak ada desain atau makna sama sekali di dalamnya.

Namun, ada suatu keunikan yang menarik tentang logo tersebut, umumnya sudah memasukan tiga unsur utama, yaitu efisien, bersih dan kuat. Kesederhanaan itu lalu dibungkus dengan tujuan perusahaan, sehingga menjaga elemen serta makna yang coba disampaikan tetap ada.

Logo yang berhasil sukses juga ditandai dari seberapa cepat itu mempengaruhi target audiens dalam sesuai waktu peluncuran. Mampu mengaitkan pelanggan dengan bisnis kamu.

Kamu juga sudah pasti sering melihat brand dunia yang memiliki logo sederhana namun justru berkesan lama, hingga banyak oknum berani menjiplak. Sebab, hanya memberikan identitas perusahaan tersebut dengan logo terkenal, merek dagang mereka bisa meningkat.

Kesederhanaan dalam desain logo juga menjadi tanggung jawab kreativitas untuk bisa menyampaikan pesan pada nilai keberhasilan serta reputasi perusahaan.

Trik yang paling mudah serta efisien untuk diterapkan, yaitu kamu dapat menyematkan pesan tersembunyi dalam menggunakan simbol terlihat kepada pelanggan dengan sedikit fokus pada logo. Namun begitu simbolnya terlihat jelas, akan langsung mengerti keseluruhan desain.

Ada beberapa kesimpulan yang bisa kamu ambil dalam tulisan ini, apabila ingin membuat logo perusahaan dengan faktor pendukungnya, di antaranya:

  • Harus mudah diingat, sehingga berkesan di mata pelanggan.
  • Bentuk sebisa mungkin unik dan berbeda dari lainnya.
  • Harus bisa menyampaikan pesan perusahaan atau tujuan serta misi visi.
  • Logo harus terikat dengan nilai-nilai perusahaan.
  • Dapat mengekspresikan jati diri perusahaan dan diterima secara global.
  • Mengenai langsung target audiens, sehingga mudah melakukan pemasaran.
  • Tidak ada salahnya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya atau profesional.

Logo merupakan salah satu elemen yang dapat membuat perusahaan itu berdiri dan berkembang ke arah lebih baik. Logo yang baik dapat membantu perusahan kamu meningkatkan reputasi dan menarik pelanggan.

Dan tidak menutup kemungkinan juga, suatu saat kamu ingin rebranding agar bisa menyesuaikan visi dan misi terbaru. Tulisan mengenai faktor sukses dalam membuat logo perusahaan ini diharapkan dapat menjadi solusi tepat kamu.

error: