Fungsi Logo adalah Sebagai Ekspresi dari Merek atau Brand

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Fungsi Logo adalah Sebagai Ekspresi dari Merek atau Brand
183

Fungsi logo adalah sangat banyak sehingga kamu perlu untuk mengetahuinya. Berbicara mengenai logo tentu tidak terlepas dari sebuah merek yang jumlahnya sangat banyak. Dalam hal ini kamu tentu tidak akan mampu untuk menghitungnya.

Mengingat di lingkungan sekitar akan ditemukan banyak merek. Bahkan, saat bangun tidur akan melihat banyak merek di kamar. Belum lagi saat masuk ke kamar mandi juga akan menemukan banyak produk bermerek.

Begitu juga ketika makan, biasanya banyak makanan bermerek yang dapat kamu temukan. Kamu bisa menemukannya di mana-mana. Kamu juga akan menjumpai pada berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Misalnya pakaian, makanan, dan barang-barang mewah seperti pesawat, mobil, motor dan lain sebagainya.

Fungsi Logo adalah untuk Mengekspresikan Banyak Hal

Pada umumnya, sebuah logo itu didesain khusus sehingga mudah kamu bedakan dengan produk lainnya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa fungsi dari logo yang wajib kamu ketahui.

1. Berfungsi Mengekspresikan Merek

Saat ini banyak barang yang dikemas dengan menambahkan logo. Hal ini dilakukan tentu dengan maksud tertentu. Logo tersebut memiliki banyak fungsi dalam bisnis.

Salah satu fungsi logo adalah bisa mengekspresikan merek yang dapat ditemukan pada berbagai macam barang. Bahkan, udara yang kamu hidup sehari-hari juga bermerek.

Jika tidak percaya, kamu bisa mengeceknya pada tabung oksigen yang digunakan untuk membantu proses pernapasan pasien di rumah sakit. Sekarang ini hampir semua barang itu bermerek.

Hal tersebut juga terdapat pada buah-buahan maupun sayuran. Saat ini buah dan sayur dipasarkan dalam bentuk kemasan. Pada setiap kemasan diberi merek sendiri-sendiri. Bahkan, hampir semua jenis kemasan bermerek.

2. Sebagai Sarana Komunikasi

Merek sendiri memiliki fungsi penting, salah satunya untuk membantu memenuhi kebutuhan bisnis. Namun, sebelumnya kamu perlu mengetahui apa definisinya, yaitu entitas yang mudah untuk dikenali konsumen.

Selain itu, berfungsi menyampaikan nilai-nilai tertentu. Dalam hal ini kamu membutuhkan logo. Fungsi logo adalah sebagai sarana untuk menyampaikan nilai-nilai maupun janji-janji tersebut.

Selain itu, berfungsi mengomunikasikan sebuah merek agar dapat dikenali oleh masyarakat luas. Logo dapat kamu artikan sebagai bentuk ekspresi sebuah merek sehingga lebih mudah untuk dikenali konsumen.

Jika kamu menuliskan namanya saja dalam produk maka hanya berfungsi sebagai keterangan saja. Selain itu, hanya menjelaskan bahwa produk yang kamu konsumsi dibuat oleh suatu perusahaan.

Tulisan tersebut tidak dapat berfungsi sebagai identitas maupun ciri khas yang melekat pada suatu produk. Bahkan, kamu juga akan kesulitan dalam menyampaikan janji-janji kepada konsumen.

3. Dibuat Khusus Satu Merek

Fungsi logo adalah mendukung aktivitas bisnis. Pada umumnya didesain khusus hanya untuk satu merek saja. Hal ini membuatnya terlihat unik bagi masyarakat luas.

Unik di sini bisa kamu artikan berbeda dari lainnya sehingga tidak akan ada produk yang berlogo sama. Kehadirannya akan membuat produk bermerek menjadi lebih khas dan unik.

Oleh karena itu, sangat penting mengenali apa itu logo, mengingat fungsinya yang penting dalam menunjang kesuksesan sebuah bisnis. Selain itu, juga mempermudah konsumen dalam memilih produk bermerek sama.

4. Membuat Produk Lebih Dikenal Masyarakat

Fungsi logo adalah mempermudah produk bermerek untuk dikenali masyarakat. Kemudahan tersebut bisa terjadi karena logonya memiliki ciri khas yang unik dan hanya dimiliki oleh satu produk saja.

Jika produknya unik dan berbeda, biasanya akan mudah diingat oleh konsumen. Hal ini karena akan memberikan kesan bagus dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Di sisi lain, juga membantu mempermudah sebuah merek dalam menyampaikan janji-janji maupun nilai-nilainya. Dalam hal ini juga memerlukan kepercayaan dari para konsumennya.

Dengan demikian, produk yang kamu jual tetap digunakan oleh konsumen. Kepercayaan terhadap suatu merek tidak bisa datang dengan sendirinya. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha dan kerja keras untuk mendapatkannya.

Fungsi logo adalah untuk membantu memperkenalkan nilai-nilai dan janji-janji yang kamu tawarkan sebagai pemilik mereknya. Konsumen harus mengetahuinya agar produk kamu bisa mendapatkan kepercayaan.

Apabila telah mendapatkan kepercayaan, maka mudah bagi kamu untuk memasarkan produk kepada konsumen. Biasanya logonya lebih mudah untuk diaplikasikan pada sebuah produk.

Hal ini bertujuan agar peluang konsumen sering melihat logonya lebih besar. Dengan demikian, diharapkan konsumen akan selalu ingat dan menggunakan produknya untuk memenuhi kebutuhan.

Keberadaannya juga akan meningkatkan brand awareness. Hal ini karena jika track record sebuah merek itu bagus maka akan mempermudah dalam proses mendapatkan calon pelanggan baru.

Hal ini sudah umum terjadi dalam dunia bisnis. Konsumen cenderung memilih produk-produk yang sudah terjamin kualitasnya, bermerek dan bergengsi. Dengan demikian, kehadiran logonya akan meningkatkan value atau nilai jual produk.

5. Bagian dari Merek

Fungsi logo adalah bagian dari merek bisnis yang membuat sebuah produk lebih mudah dikenali. Namun, perlu diketahui bahwa logo itu bukanlah satu-satunya hal yang menjadi identitas dari merek.

Alasannya karena logo itu hanya merepresentasikan asosiasi visual dari berbagai hal yang berkaitan dengan merek. Tidak heran jika menjadi salah satu properti berharga dalam bisnis.

Selain itu, mempunyai peran integral, artinya menjadi salah satu bagian dari identitas merek. Oleh karena itu, kamu harus membuat desain logo yang merepresentasikan produk bisnis.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kamu harus membuatnya secara sederhana agar mudah dikenali sehingga konsumen akan selalu mengingatnya. Dengan demikian, akan mendorong konsumen untuk menggunakan produk kamu.

6. Sebagai Strategi Memengaruhi Konsumen

Fungsi logo adalah untuk memengaruhi para konsumen agar tertarik membelinya. Pada umumnya, perusahaan akan membuat desain logo yang memiliki sebuah makna dan filosofi.

Kamu wajib membuat desain logo yang menarik karena biasanya digunakan untuk keperluan pemasaran produk. Hal ini tentu akan berpengaruh besar terhadap kesuksesan bisnis.

Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan hal-hal yang akan membuat logo itu terlihat menarik. Misalnya dengan memperhatikan warna agar terlihat bagus dan profesional.

Logo itu akan mempengaruhi kesan pertama konsumen secara visual saat menilai sebuah merek. Selain warnanya bagus, bentuknya juga harus sederhana sehingga mudah diingat.

Fungsi logo adalah akan mempengaruhi penilaian calon konsumen terhadap produk kamu. Jika logonya bagus, maka akan memberikan penilaian yang positif terhadap mereknya.

Alasannya karena logo yang menarik, unik dan bagus bisa mengundang rasa penasaran. Keunikan tersebut menjadikannya sebagai identitas yang bisa digunakan sebagai pembeda dengan merek yang lainnya.

Dengan demikian, kamu bisa sekaligus menyampaikan pesan lewat logonya. Tujuannya agar konsumen mengetahui bahwa produk-produk dari perusahaan kamu lebih bagus jika dibandingkan dengan milik kompetitor.

Di samping itu, sebuah logo yang profesional itu mampu merepresentasikan banyak hal. Misalnya mulai dari latar belakang, visi dan misi lewat font, ikon maupun polanya.

Kehadiran logo memiliki banyak manfaat dalam dunia bisnis dan para pelakunya. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui fungsi logo adalah karena termasuk ekspresi dari sebuah merek.

error: