Ingin Desain Logo Perusahaan Konstruksi? Baca Penjelasan Ini

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Ingin Desain Logo Perusahaan Konstruksi? Baca Penjelasan Ini
177

Logo perusahaan konstruksi yang dibuat dengan bagus bisa membantu meyakinkan klien bahwa perusahaan tersebut tepat untuk mereka. Jadi, fungsinya bukan sekadar sebagai penunjuk identitas.

Ketika klien mencari kontraktor untuk suatu proyek, biasanya tidak lupa mempelajari logo perusahaannya. Sehingga bisa menemukan banyak perkiraan, kutipan dan ide. Cukup dari logonya, klien bisa tahu bahwa perusahaannya memenuhi kriteria.

Lantas, seperti apa desain logo efektif untuk perusahaan konstruksi? Mari simak penjelasan lengkapnya tentang topik tersebut dalam artikel ini dan temukan jawaban yang kamu perlukan.

Apa yang Menjadikan Logo Perusahaan Konstruksi Terlihat Bagus?

Ketika membahas tentang logo konstruksi, pertama-tama kamu perlu mengenali apa yang diharapkan klien dari kontraktor. Karena, sudah tentu klien mencari apa yang diperlukan dari suatu perusahaan.

Misalnya saja untuk mendapatkan struktur bangunan, renovasi, perbaruan maupun sekadar pemeliharaan rutin. Semua proyek tersebut tentu memerlukan ketrampilan teknis dan ketrampilan khusus yang tidak dimiliki oleh klien.

Ketika berhubungan klien, kontraktor mempunyai banyak kekuatan. Supaya klien bisa menaruh kepercayaan, tentu logo perusahaan konstruksi harus bisa mendorong munculnya kepercayaan itu.

Kamu perlu membuat klien yakin bahwa perusahaan konstruksi pilihannya mampu menyelesaikan proyek secara tepat waktu tanpa melebihi anggaran dana. Jadi, sungguh bisa memenuhi harapan terkait proyek tersebut.

Desain logo perusahaan konstruksi harus bisa menunjukkan semua kualitas di atas. Jadi, logonya harus mampu menumbuhkan kepercayaan terkait kemampuan merek untuk menghadirkan apa yang diperlukan oleh klien.

Namun, setiap perusahaan bisa menerapkan hal tersebut dengan menyesuaikan jenis pelanggan yang dibidik. Sebab, setiap kontraktor pasti punya target pasar masing-masing.

Misalnya saja seorang profesional konstruksi, tentu logonya perlu menumbuhkan koneksi tulus dengan klien. Jadi, lebih berupaya untuk membangun hubungan baik dengan klien yang sudah ada.

Berbeda lagi kalau berkaitan dengan seorang kontraktor bangunan komersial tingkat menengah. Tentu desain logonya akan sangat berbeda juga jika dibandingkan dengan lainnya.

Coba saja bandingkan dengan pemasang ubin khusus yang merancang desain dapur dan kamar mandi khusus bagi pemilik rumah kaya raya di sisi kota. Jadi, setiap bentuk perusahaan konstruksi pasti memerlukan desain logo berbeda sesuai dengan target pasar.

Meskipun semua logonya akan terlihat berbeda, termasuk pada bagian estetika, ada satu hal tidak boleh ditinggalkan. Yakni mengomunikasikan kepercayaan dengan klien.

Pilih Logo Vintage atau Modern?

Kalau membahas tentang logo perusahaan konstruksi, mungkin jadi muncul pertanyaan apakah lebih baik memilih vintage atau modern. Sebenarnya tidak ada pilihan benar atau salah dalam industri ini.

Boleh saja ketika perusahaan ingin menerapkan teknik waktu maupun berinovasi setiap tahunnya. Memakai logo kuno mampu menghadirkan nostalgia terhadap masa lalu yang indah. Ketika bernostalgia, bisa tahu bahwa banyak hal sudah dibangun untuk waktu lama.

Kamu bisa menunjukkan logo perusahaan konstruksi dengan memuat nilai-nilai lama. Misalnya saja berupa nilai kerja keras, kejujuran dan keadilan. Semuanya bisa didapatkan dengan mengandalkan pilihan vintage.

Logo vintage sangat cocok untuk perusahaan yang punya spesialisasi dalam melestarikan gedung-gedung tua maupun membangun gedung-gedung baru secara klasik. Nuansa abadi bangunannya tampak seperti muncul dari era sebelumnya.

Sementara desain logo modern bisa menunjukkan kesan bahwa perusahaan mengunggulkan kemajuan terbaru dalam bidang konstruksi. Kamu juga bisa menunjukkan penggunaan teknologi modern ketika mengerjakan proyek dari klien.

Kamu bisa memakai logo konstruksi modern kalau gaya perusahaannya memang modern. Bisa juga ketika menerapkan teknologi dan kenyamanan modern dalam struktur yang lebih tua.

Ada sejumlah bidang konstruksi di mana secara spesifik langsung cocok dengan logo modern. Misalnya saja pemasangan panel surya, arsitek hijau dan pembangunan yang fokus ke revitalisasi pusat kota dengan apartemen mewah baru.

Mungkin kamu sering menemukan berbagai logo modern di mana tampak abstrak. Mungkin saja beberapa diantaranya juga tidak menunjukkan dengan jelas sebagai lambang perusahaan konstruksi.

Kalau pernah menemui logo semacam itu, coba perhatikan lagi baik-baik. Walaupun tampak tidak menunjukkan perusahaan konstruksi, kamu bisa mempelajari lagi pilihan warna, bentuk dan font.

Jadi, Seperti Apa Logo Terbaik untuk Perusahaan Konstruksi?

Lantas, seperti apa logo perusahaan konstruksi terbaik? Seperti sudah kami singgung di atas, sebenarnya tidak ada pilihan benar maupun salah. Terkadang, jawabannya bisa berupa menunjukkan secara langsung apa yang dilakukan oleh perusahaan.

Terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membuatnya secara optimal. Misalnya saja dengan menunjukkan seluruh detail terkait apa yang dilakukan oleh perusahaan secara sempurna.

Bisa juga dengan memakai satu objek atau representasi minimalis terkait apa yang perusahaan lakukan. Ketika logonya berfokus pada hiper semacam ini, tentu sangat cocok untuk perusahaan yang menjalankan satu bidang secara fantastis.

Logo perusahaan konstruksi semacam itu tidak meninggalkan ruang untuk berimajinasi maupun berasumsi. Cukup menghadirkan informasi terkait apa yang dilakukan oleh perusahaan.

Perusahaan konstruksi bisa menunjukkan sebuah industri yang baik. Pekerjaan yang dilakukan secara optimal dengan menghadirkan permintaan klien tanpa menyebabkan gangguan pada jadwal klien.

Kalau misalnya sudah membangun merek perusahaan dengan baik, akan lebih mudah bagi klien untuk terhubung. Akan muncul rasa lebih mudah mendekati terutama jika sudah membangun merek dengan didasarkan kolaborasi klien.

Membangun hubungan dengan klien memang bisa memberikan banyak dampak positif. Namun, mungkin saja bukan hal mudah untuk melakukannya pertama kali dengan mengandalkan logo.

Logo konstruksi sendiri bisa berfungsi untuk perusahaan kecil maupun perusahaan dengan spesialisasi pekerjaan kreatif. Kalau kamu membidik pasar sempit, logo juga dapat menjadi pusat yang fokus.

Kamu bisa memberi tahu calon klien bahwa perusahaan ada di sini. Bahwa perusahaan punya ketrampilan yang dibutuhkan oleh mereka dalam menangani proyek istimewa.

Dasar-Dasar Desain Logo Perusahaan Konstruksi

Ketika ingin membuat logo konstruksi untuk pertama kali, mungkin saja terasa sulit. Terutama jika belum pernah ada pengalaman sebelumnya. Pada posisi ini, kamu perlu memperhatikan prinsip dasar dari desain logo.

Desain logo ialah bidang khusus dalam desain grafis yang memerlukan pemahaman terkait estetika, branding dan pemasaran, komposisi, tipografi hingga psikologi warna. Semuanya diolah menggunakan ketrampilan artistik.

Tidak ada yang namanya satu logo perusahaan konstruksi terbaik di dunia. Sebuah logo bisa dikatakan baik ketika mampu mengomunikasikan merek perusahaan. Jadi, kalau kamu ingin membuat desain, harus kenal dengan identitas merek perusahaan terlebih dahulu.

Apakah perusahaannya tergolong konservatif dengan keunggulan daya klasik. Apakah justru merek lebih fokus ke masa depan. Kalau sudah kenal dengan identitasnya, maka bisa menentukan desainnya.

Kamu bisa menemukan pilihan palet warna, bentuk dan huruf untuk logonya. Kamu pasti sudah tahu kalau setiap pilihan warna bisa membangkitkan suasana tertentu. Begitu juga dengan setiap pilihan bentuk.

Contohnya saja logo hitam bisa melambangkan unsur canggih. Kemudian warna coklat bisa menunjukkan perusahaan yang bisa diandalkan. Misalnya lagi bentuk bintang terasa menyenangkan dan unik, sedangkan segitiga tampak fokus.

Setiap pilihan font juga memberikan nuansa berbeda. Font gaya kurir mungkin tampak kuno, sementara font dengan huruf tebal seperti siap beraksi. Setiap keputusan desain akan melambangkan merek, jadi pastikan membuat pilihan secara tepat sejak awal.

Logo bukan sekadar gambar yang mewakili perusahaan konstruksi. Logo perusahaan konstruksi juga bisa menarik minat klien jika didesain dengan baik dan mempertimbangkan kebutuhan klien.

error: