Jasa Desain Logo Murah, Apakah Tetap Berkualitas?

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Jasa Desain Logo Murah, Apakah Tetap Berkualitas?
121

Saat ini, semakin banyak beredar jasa desain logo murah yang banyak menjadi primadona, sebab dianggap lebih ekonomis. Dari perspektif konsumen, hal ini memang dirasa lebih menguntungkan karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk sebuah logo.

Selain itu, kebanyakan orang menganggap bahwa untuk apa memesan logo kepada para desainer profesional dengan patokan harga selangit dan cukup menguras modal usaha? Padahal, sebenarnya menggunakan jasa mendesain berharga murah belum tentu berkualitas.

Atau, bagaimana jika ternyata hasil karya desainer tersebut kurang menjual dan tidak mampu mewakili wajah brand kamu? Oleh karena itu, penting untuk menggali berbagai aspek secara lebih dalam sebelum memilih jasa desainer dengan harga cenderung rendah.

Mengapa Orang Memilih Jasa Desain Logo Murah Meski Dianggap Kurang Berkualitas?

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa orang-orang cenderung memilih desainer dengan jasa berharga murah, padahal kualitasnya rendah. Pola tersebut cenderung berulang dan sudah cukup sering terjadi di kalangan konsumen jasa mendesain.

Setidaknya, ada beberapa faktor untuk penting untuk kamu pertimbangkan saat memilih jasa desain logo murah. Di antaranya seperti, bagaimana jika logonya ternyata adalah hasil plagiat, tidak orisinil, dan terlihat sangat mirip dengan desain milik perusahaan lain?

Biasanya, orang-orang yang memilih jasa mendesain berharga rendah adalah para pengguna yang awam di bidang desain gratis. Selain itu, kebanyakan desainer pematok harga lebih murah biasanya merupakan desainer pemula atau amatir yang masih kurang berpengalaman.

Padahal, hampir sebagian besar desainer yang mematok harga rendah biasanya memiliki kualitas kurang baik. Lalu, mengapa orang-orang cenderung memilih jasa desain logo murah meski dianggap kurang berkualitas? Berikut adalah beberapa alasan paling umum terjadi.

1. Logo hanya dianggap sebagai pemanis

Sebagian besar orang awam tidak mengenal dunia desain grafis, dan memiliki pandangan salah atau kurang tepat tentang logo. Kebanyakan menganggap bahwa sebuah logo hanyalah pemanis saja, tidak ada value lebih yang membuat mereka harus membayar ekstra.

Padahal, peran sebuah logo sebenarnya sangat penting, karena bisa mengutarakan image atau citra seperti apa yang ingin diutarakan pada calon konsumen atau pada publik lainnya. Sebagai suatu elemen visual, semakin menarik logonya maka semakin mudah diingat orang.

Bahkan, beberapa elemen visual tertentu juga mampu memberi makna berbeda-beda satu sama lainnya. Misal, simbol bunga mawar merah dan bunga mawar kuning tentu memiliki perbedaan makna, satunya adalah lambang cinta dan satunya lagi lambang persahabatan.

Jadi, sangat salah apabila konsumen menganggap jasa desain logo murah hanya berfungsi sebagai pemanis saja. Jika hanya dianggap sebagai pemanis, orang-orang akan menganggap remeh jasa para desainer, sehingga harga yang dipatok menjadi lebih murah.

2. Logo hanya dianggap sebagai elemen fisik

Memang benar bahwa sebuah logo adalah salah satu elemen visual berbentuk fisik yang mampu mewakili perusahaan kamu. Namun, peran sebenarnya lebih dari itu, sebab elemen ini mampu menjadi simbol yang memberi gambaran terkait brand atau perusahaan kamu.

Bahkan sesederhana apapun desainnya, pasti ada makna khusus terkandung di dalamnya. Desain minimalis dengan hanya berupa garis-garis sederhana pun pasti juga memiliki makna tertentu. Sehingga melalui elemen ini, kamu dapat membentuk citra perusahaan.

Namun apabila sebuah jasa desain logo murah hanya dianggap sebagai elemen fisik saja, maka makna simbolisnya sebagai pembentuk citra suatu brand atau usaha menjadi sia-sia. Padahal, nilai dari suatu elemen desain tidak hanya dilihat dari suatu aspek saja.

Sebuah elemen desain dianggap bernilai jika kamu mau menggali lebih banyak aspek di dalamnya. Mulai dari aspek visual, ide, nilai originalitas, image yang ditampilkan, pesan bagi publik yang melihat, dan masih banyak lagi, semuanya memiliki value tersendiri.

3. Kemajuan teknologi internet dan komputer

Faktor lain yang juga membuat banyak orang cenderung memilih jasa desain logo murah adalah kebanyakan orang menganggap membuat desain itu mudah. Mereka menganggap bahwa bisa mengoperasikan komputer maka pasti bisa membuat logo.

Memang benar bahwa membuat gambar biasa kini bisa dilakukan oleh siapa saja dengan bantuan teknologi internet dan komputer. Namun, mendesain untuk logonya tentu bukanlah sekedar gambar biasa, sebab diperlukan penggalian lebih dalam dari berbagai aspek.

Sebagai contoh, bisa dilihat dari bagaimana penggunaan make up oleh perempuan. Setiap orang mungkin bisa menggunakan make up, tetapi tidak semua wajah membutuhkan tipe make up serupa. Misal, mata orang sipit tentu butuh eye shadow berbeda dengan mata besar.

Begitupun dengan mendesain sebuah logo, dibutuhkan pemahaman mendalam untuk menyesuaikan visual logonya dengan image yang ingin ditampilkan. Jadi, jasa desain logo murah tidak menjamin desainernya mampu membuat image sesuai keinginan konsumen.

4. Karena desainer pemula yang ingin mengetes skill

Tidak dapat dipungkiri, setiap orang perlu berlatih untuk mengembangkan skillnya sebelum menjadi pandai, termasuk pula desainer. Itu sebabnya, kebanyakan desainer pemula memberi layanan desain berharga murah sebagai salah satu cara menguji kemampuannya.

Memang benar, tidak ada salahnya untuk memberi kesempatan bagi para desainer yang menawarkan jasa desain logo murah. Namun untuk desain profesional yang akan digunakan secara luas untuk perusahaan, memilih desain dari pemula mungkin bukan pilihan bijak.

Meskipun harganya memang lebih murah, tetapi sebaiknya jangan menjadikan image perusahaan kamu sebagai bahan percobaan dari desainer amatir. Jika memang ingin menggunakan jasa pemula yang murah, jangan lupa untuk selalu mengecek portofolionya.

Portofolio adalah kunci utama saat memilih jasa mendesain dari siapapun, baik itu desainer pemula maupun profesional. Umumnya, semakin baik portofolionya maka semakin tinggi pula biaya desain yang dipatok, dan kualitas desain logonya juga akan semakin baik.

5. Karena persaingan dari kalangan desainer

Dalam dunia perdagangan, ada banyak opsi yang bisa dilakukan oleh para pemilik barang atau jasa agar produknya lebih laku dari pesaing. Selain meningkatkan kualitas produk atau jasa, salah satu caranya adalah menurunkan harga, misalnya membuat jasa desain logo murah.

Contoh, saat berbelanja di pasar, pernahkah kamu menemukan 2 buah mangga sejenis namun dengan harga dan kualitas yang berbeda? Misalnya, salah satu mangga rasanya sangat manis namun sangat mahal, sedangkan mangga satunya lagi sangat asam tetapi lebih murah.

Jika dihadapkan pada contoh kasus di atas, kira-kira mana yang akan kamu pilih? Jika memang memilih harga murah, maka rasa asam tersebut yang akan kamu dapatkan. Sebaliknya, jika berani mengeluarkan lebih banyak uang, maka kamu mampu menikmati mangga yang manis.

Begitu pula halnya dengan jasa mendesain, di mana banyak kalangan dari sesama desainer yang saling menjatuhkan harga desain logonya agar lebih cepat dilirik konsumen. Namun jika berniat membeli desain berharga rendah, maka besar kemungkinan kualitasnya juga rendah.

Jadi, hindari memilih jasa dari desainer secara sembarangan tanpa melihat aspek-aspek desain logonya. Jika kamu memilih jasa desain logo murah tanpa melihat kualitasnya, maka hasil akhir yang akan kamu peroleh tentu akan berbeda dengan ekspektasi yang diharapkan.

error: