Jasa Desainer Logo dan Keunggulan saat Memakainya

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Jasa Desainer Logo dan Keunggulan saat Memakainya
119

Pernahkah memakai jasa desainer logo? Sesekali dalam kehidupan ini pasti pernah meminta bantuan mereka. Terutama bila kamu seorang pebisnis yang memahami pentingnya logo dalam meningkatkan kepercayaan klien.

Tingginya tingkat kompetisi bisnis antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya membuat masing-masing pengusaha harus punya strategi marketing. Salah satunya melalui pembuatan logo sebagai alat marketing.

Kegunaan logo dalam desain komunikasi visual yaitu sebagai perantara atau media penyampai pesan. Misalnya tentang nama perusahaan, merek dagang atau karakteristik dari produk yang dijual.

Untuk membuat logo yang bagus dan profesional, sebaiknya meminta bantuan jasa desainer logo yang andal. Para desainer sangat memahami kebutuhan pebisnis akan desain logo yang intuitif, cerdas dan fungsional.

Menjadi seorang desainer logo cukup sulit karena harus mau menghadapi tantangan perubahan zaman. Di era sekarang, sebuah logo dibuat untuk mayoritas diaplikasikan pada media online. Dengan begitu, logo pun dibuat agar lebih dinamis dan aplikatif.

Banyak para kreatif di bidang komunikasi visual membuka jasa desainer logo. Kamu mungkin berpikir keahlian mereka hanya di bidang menggambar ilustrasi? Itu memang benar, tapi sebetulnya ada peran dan tugas lain yang lebih krusial, yaitu:

    1. Perencana dan Konseptor Bisnis Melalui Desain Komunikasi Visual

Seorang pembuat logo bukan sekadar tukang gambar yang pandai mendesain dan mengilustrasikan. Dunia logo memiliki wilayah tersendiri yang lebih mengedepankan konsep dan perencanaan ide. Logo menjadi rumusan singkat dari setumpuk ide bisnis.

    1. Membuat Karya Berdasarkan Segala Pengetahuan, Tantangan dan Pengalaman

Kami yang menggeluti dunia pembuatan logo memiliki segelintir ilmu yang diperoleh saat kuliah desain komunikasi visual. Keterampilan semakin meningkat seiring makin banyaknya tantangan dan pengalaman dalam mengerjakan logo pesanan klien.

    1. Pekerja Kreatif yang Unik dan Khas

Orang-orang yang bekerja di industri kreatif memang terkesan unik dan khas dengan gayanya masing-masing. Agen jasa desainer logo yang bagus pun mayoritas digawangi oleh tokoh-tokoh desainer yang nyentrik dengan keahlian yang mumpuni.

Jadi memang profesi seorang desainer logo itu bukan tukang gambar belaka. Ia memang jago menggambar di kertas, tablet maupun PC. Namun ia juga jago dalam merangkai kata dan merebut perhatian massa melalui karyanya.

Kecepatan dalam meluncurkan ide bisnis menjadi syarat mutlak memenangkan persaingan pasar. Untuk mempersingkat waktu marketing, sehingga bisa mengambil start pertama, sebaiknya kamu meluncurkan logo terlebih dahulu.

Sebuah logo meskipun kelihatannya simple memang mengandung banyak sekali makna tersirat yang positif. Logo yang dibuat tanpa kata-kata pun, misalnya hanya berupa simbol biasanya mengundang debat diskusi tentang arti dari logo tersebut.

    1. Desain Original dan Eksklusif

Bila kamu mempercayakan pembuatan logo pada ahlinya, niscaya hasilnya akan original dan eksklusif. Artinya logo tersebut hanya ada satu-satunya di dunia karena dibuat khusus untukmu.

    1. Memperoleh Banyak Variasi Desain

Desainer yang profesional biasanya sangat loyal dalam pekerjaannya. Di mana ia akan memberikan setidaknya 2-3 pilihan desain logo berbeda untuk dipilih.

    1. Boleh Meminta Revisi dan Penyesuaian

Bila kamu tidak suka dengan hasilnya, masing-masing pilihan desain tidak ada yang cocok mewakili bisnismu, minta saja revisi. Jasa desainer logo tidak akan memungut biaya tambahan untuk sekadar revisi ringan.

    1. Bebas Copyright

Keuntungan dari memakai jasa pembuatan logo yaitu kamu akan terhindar dari pelanggaran hak cipta. Para pembuat logo adalah orang-orang profesional yang sudah pasti mengerti tentang prinsip bebas copyright.

    1. Resolusi Gambar Bagus

Membuat logo membutuhkan proses yang panjang, terutama dalam rendering yang kerap memakan waktu. Tapi hasil dari penantian ini akan terlihat dari resolusi gambar yang bagus, tidak pecah dan buram.

Bila kamu memakai jasa desainer logo, maka kualitas karyanya akan bisa langsung diuji coba di hadapan khalayak. Memasang sebuah logo sebagai foto profil perusahaan di akun official misalnya, dapat memberikan kesan misterius bagi followers.

Syarat-Syarat Membuat Logo yang Bebas Copyright

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk membuat logo ini mesti dipahami. Karya digital dalam bentuk apapun rawan sekali terkena pelanggaran hak cipta. Sebuah logo yang dibuat berbeda, namun hanya mirip bisa saja jadi polemik pidana di masa depan.

Sebelum menentukan jasa desainer logo, sebaiknya mengecek lebih dulu tentang kesanggupannya dalam membuat logo bebas copyright. Cukup dengan menjelaskan apa adanya bahwa logo tersebut dipakai untuk keperluan komersial bisnis.

    1. Membuat Ilustrasi Gambar Sendiri

Salah satu jenis logo yang banyak digunakan yaitu pictorial logo. Varian logo ini memiliki penampilan mayoritas berupa gambar ilustrasi. Pastikan desainer menggambar sendiri ilustrasinya, bukan sekadar ambil di internet.

    1. Memilih Font yang Sifatnya Free atau Commersial Use

Banyak jenis font yang sifatnya free dan commercial use. Artinya font ini dapat dipakai secara gratis dan boleh digunakan untuk kepentingan bisnis. Coba tanyakan perkara ini pada jasa desainer logo sebelum meminta mereka bekerja.

    1. Bukan Hasil Jiplakan atau Meniru

Ada begitu banyak situs-situs desain grafis yang aktif membagikan hasil karya para desainer logo. Banyak pula desainer yang tumbuh dari belajar di sana. Tapi sebuah logo yang bebas copyright tentu bukan hasil menjiplak dan meniru belaka.

    1. Tidak Mempublikasikannya Sebelum Waktunya Dirilis

Peringatan untuk yang sering curhat di media sosial tentang pekerjaannya. Janganlah menampilkan spoiler logo milik klien, bila bukan klien sendiri yang memintanya. Bisa jadi logo tersebut masih ingin dirahasiakan dari publik.

    1. Hati-Hati Saat Memasukkan ke dalam Portofolio

Waspada juga saat memasukkan hasil karya logo yang pernah dibuat di portfolio website maupun akun medsos. Kini marak kejadian pencurian portfolio untuk diklaim sebagai testimoni oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab.

Biasanya seorang desainer menentukan tarif yang berbeda saat membuat logo untuk kliennya. Tarif pembuatan logo non komersial lebih murah dibandingkan yang komersial. Namun sebaiknya tetap waspada terhadap kemungkinan pelanggaran hak cipta.

Untuk memastikan bahwa jasa desainer logo bekerja mengedepankan orisinalitas agar tidak melanggar hak cipta, seorang pebisnis harus mau menggelontorkan dana khusus. Budget pembuatan logo harus dibuat dalam kisaran yang standar dan normal.

Mengingatkan kembali tentang manfaat dan kegunaan desain logo yang sangat penting dalam bisnis. Terutama dalam hal mematenkan identitas agar masyarakat lebih mengenal perusahaan yang sedang dipromosikan ini. Berikut manfaat desain logo:

Segala bentuk pelayanan yang diberikan seorang desainer sifatnya hanya membantu di belakang layar. Kamu sebagai pengusaha harus memikirkan langkah selanjutnya tentang penggunaan logo yang sudah jadi. Mau diletakkan di mana, baiknya?

  1. Memperkenalkan identitas brand atau produk
  2. Memberikan kesan profesional yang aktif bekerja
  3. Mencegah Pencurian dan Penjiplakan ide Bisnis
  4. Melindungi hak kekayaan intelektual dari pihak tidak bertanggungjawab
  5. Meningkatkan keuntungan bisnis melalui naiknya angka penjualan
  6. Melejitkan popularitas perusahaan di hadapan khalayak ramai

Sebuah logo juga bagus untuk desain feed Instagram. Pengaplikasian dan pemakaian logo hasil karya jasa desainer logo dapat dilakukan dengan berbagai cara yang umum, seperti membuka aneka merchandise, mulai dari stiker, kaos, mug hingga kalender.

error: