Jenis-Jenis Logo yang Menarik untuk Branding Perusahaan

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Jenis-Jenis Logo yang Menarik untuk Branding Perusahaan
138

Beberapa perusahaan di era digital memusatkan strategi brandingnya dengan logo perusahaan, sehingga artikel jenis-jenis logo yang menarik ini penting untuk kamu ketahui. Logo juga dianggap sebagai salah satu material penting.

Logo merupakan hal yang vital untuk perusahaan. Logo perusahaan menjadi representasi dari suatu perusahaan an merupakan strategi branding agar perusahaan tersebut mudah untuk dikenal dan diingat.

Referensi Jenis-Jenis Logo yang Menarik

Logo adalah elemen penting karena melalui logo sebuah pesan dari produk atau jasa perusahaan dapat disampaikan kepada para konsumen. Jika seseorang melihat atau mendengar produk dan nama perusahaan maka yang terbayang langsung adalah logonya.

Di era digital ini, orang-orang akan lebih mengandalkan visualnya sebelum mereka mencari tahu lebih dalam tentang apa yang dilihatnya.

Oleh karena itu, logo yang unik dan menarik tentunya akan membuat para pelanggan atau klien mencari tau lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Berikut kami uraikan tentang jenis-jenis logo yang menarik untuk branding perusahaan.

Sebelum masuk ke jenis-jenis logo, penting untuk mengetahui terlebih dahulu definisi dari logo agar tidak salah kaprah terkait tujuan dan fungsi dibuatnya logo.

Logo merupakan suatu simbol yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu perusahaan dan berbagai produk-produknya.

Definisi logo ini mengandung pesan yang jelas bahwa logo menjadi asosiasi visual pertama saat orang-orang mendengar nama produk atau perusahaan tersebut.

Dalam membuat logo tentunya seorang desainer akan menentukan salah satu dari jenis-jenis logo yang menarik dan cocok dengan karakteristik perusahaannya.

Selain itu, logo dapat mewakili nada dan suara komunikasi perusahaan dengan pelanggan sehingga secara tidak langsung, logo berperan penting dalam membangun citra perusahaan.

Biasanya, desain logo menjadi dasar bagi keseluruhan strategi merek. Namun, terdapat beberapa aturan khusus sehingga desain logo harus diperbaiki karena tidak sesuai dengan seperangkat aturan khusus dan panduan tentang strategi merek.

Panduan ini biasanya disebut dengan buku mereka. Sebagian besar logo di desain dengan desain yang sederhana sehingga membuat orang berpikir bahwa mendesain logo tidak perlu memiliki keahlian khusus.

Padahal, mendesain logo merupakan hal yang sulit karena desain logo merupakan salah satu strategi kompleks yang meliputi seluruh tahapan baik desain ataupun pemasaran.

Cakupan yang luas tersebut seperti penelitian pemasaran, penelitian pengguna, pencarian kreatif, pilihan arah gaya, pilihan palet warna, dan lain-lain. Oleh karena itu, sebagian besar perusahaan akan menitipkan desain logonya pada seseorang yang profesional di bidangnya.

Karena membuat logo perlu kecakapan dan detail yang tinggi sehingga dapat dikatakan bahwa logo juga merupakan salah satu bentuk investasi.

Beberapa jenis-jenis logo yang menarik ini dapat kamu jadikan sebagai referensi sebagai salah satu strategi branding di perusahaan kamu. Berikut jenis-jenis logo dasar yang penting untuk diketahui.

1. Logo Ikon atau Simbol

Beberapa perusahaan memiliki simbol yang khas sehingga perusahaan tersebut dapat mudah untuk dikenali. Logo ini hanya berbentuk gambar sehingga bagi para perusahaan baru, menggunakan logo ini menjadi jenis log yang lumayan susah untuk diterapkan.

Logo ikon atau simbol merupakan salah satu jenis-jenis logo yang menarik. Logo yang diwakili oleh elemen visual maskot yang mampu melambangkan atau menandakan sifat produk secara simbolis atau layanan.

Beberapa pertimbangan lain jika menggunakan jenis logo ini adalah gambar yang dipilih. Kamu dapat memilih gambar yang dapat mewakili perusahaan kamu sehingga untuk menggunakan logo ini memang perlu dipikirkan dan dikonsep secara matang.

Beberapa perusahaan yang menerapkan logo degan jenis logo ikon ini di antaranya Apple, Toyota, Twitter, Starbucks, Adidas, Nike, dan lain-lain.

2. Wordmark

Jenis-jenis logo yang menarik berikutnya adalah logo dengan jenis wordmark. Logo ini menggunakan simbol yang menggambarkan perusahaannya melalui huruf artisitik dari nama lengkap perusahaan tersebut.

Hal tersebut merupakan fakta umum bahwa hanya dengan jenis font saja, suatu pesan dapat disampaikan dengan cepat dan lengkap kepada para pembaca. Logo ini cocok diterapkan untuk perusahaan yang memiliki nama yang unik dan ringkas.

Nama perusahaan yang dibuat ringkas dan unik akan menambah kesan kepada para pembaca jika dikombinasikan dengan tipografi yang baik.

Jenis logo ini biasanya sering diterapkan oleh beberapa desainer agar nama perusahaan atau nama merek produknya dapat diingat dengan mudah. Beberapa perusahaan yang menggunakan jenis logo ini adalah Google, Samsung, Coca-Cola, Visa, dan lain-lain.

3. Logo Tanda Huruf

Jenis-jenis logo yang menarik selanjutnya adalah logo tanda huruf. Tidak jauh berbeda dengan jenis logo wordmark, yaitu logo diwakili dengan tanda identitas perusahaan.

Perbedaannya, logo jenis ini hanya menampilkan huruf pertama dari nama merek atau perusahaan yang didesain secara artistik. Jenis logo tanda huruf ini dikenal efektif ketika nama merek sulit untuk diucapkan.

Sehingga, perlu ada perhatian khusus dalam segi orisinalitas suatu merek/perusahaan agar tetap dapat dikenali dengan cara logo tanda huruf ini. Salah satu contoh perusahaan yang menggunakan jenis logo ini adalah Hyundai.

4. Logo Kombinasi

Jenis-jenis logo yang menarik selanjutnya adalah logo kombinasi. Logo ini mencakup dua kombinasi teknik yaitu simbol atau huruf,dan kata. Dari logo ini, suatu perusahaan dapat menyampaikan dua sumber informasi yang berbeda.

Dengan itu, para pembaca atau konsumen dapat mengetahui gambar dan membaca kata yang mewakili identitas dari suatu produk kamu. Logo kombinasi ini juga menjadi hal yang dapat mendorong para konsumen untuk mengasosiasikan nama produk kamu.

Beberapa perusahaan yang menggunakan logo kombinasi ini adalah Burger King, Doritos, dan Lacoste.

5. Logo Lambang

Jenis-jenis logo yang menarik terakhir adalah logo lambang. Logo ini merupakan logo yang mengombinasikan beberapa elemen visual seperti tanda kata, tanda huruf, dan gambar. Tanda huruf atau tanda kata tersebut divisualisasikan menjadi bentuk gambar simbolik.

Gambar simbolik tersebut kemudian ditempatkan di atas, di bawah, atau di samping sesuai dengan pertimbangan para desainer.

Jenis logo lambang ini saat dibuat dengan maksimal akan menghasilkan suatu tanda identitas yang integral dan kompak. Logo lambang ini juga merupakan logo yang rumit dan sangat sulit untuk ditiru sehingga fleksibilitasnya pun kurang.

Logo yang didesain oleh para desainer tentunya memiliki pola arahan kreatif tersendiri, yang terpenting dari sebuah logo adalah dapat mencakup seluruh fitur dasar efisiensi. Kelengkapan dasar efisiensi, yaitu kesederhanaan, fleksibilitas, orisinalitas, konsistensi, dan informatif.

Selain itu, yang terpenting dari sebuah logo adalah para konsumen dapat tertarik dengan pesan menarik yang disampaikan melalui logo. Sehingga, dalam prosesnya pembuatan logo ini memang tidak mudah dan tidak sesederhana yang dipikirkan orang-orang.

Suatu logo yang baik dapat merepresentasikan suatu perusahaan dalam bentuk yang sesederhana mungkin dan hal ini akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Karena proses pembuatannya yang cukup sulit, disarankan untuk pengerjaan logo ini dilakukan oleh para desainer profesional.

Karena ketidakharmonisan sekecil apapun seperti kombinasi warna, jenis huruf atau ukuran huruf dapat mempengaruhi pesan yang ingin disampaikan. Ketika pesan yang disampaikan tidak dapat diterima dengan baik, perusahaan dapat mengalami kerugian.

Dalam sebuah bisnis, logo menjadi salah satu faktor yang dapat menghubungkan atau memutuskan pelanggan dan penjual. Sehingga, pembuatan logo ini merupakan hal yang vital dan diperhatikan oleh setiap perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Oleh karena itu, dengan mengetahui jenis-jenis logo yang menarik di atas, kamu bisa mendesain logo sesuai karakter yang akan dibawa oleh perusahaan kamu.

error: