Keseimbangan Desain Logo untuk Sebuah Produk

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Keseimbangan Desain Logo untuk Sebuah Produk
139

Mencari keseimbangan desain logo dapat dilakukan dengan mengetahui karakternya. Logo merupakan suatu symbol dari bisnis yang sedang dijalankan. Simbol itu menggambarkan karakteristik bisnis tersebut, dengan logo sebagai dasar dan daya tarik utama.

Dengan adanya logo, sebuah organisasi atau instansi bisa dikenal oleh banyak orang. Agar menarik perhatian pelanggan, logo harus didesain sedemikian rupa sesuai karakteristik bisnis tersebut.

Logo yang bagus dan mampu menarik minat banyak orang merupakan suatu keuntungan. Jika logo tidak sesuai, pelanggan tidak akan puas dengan produk itu sendiri. Keseimbangan desain yang sesuai, diperlukan untuk suatu logo dan merupakan faktor utama

Pentingnya Keseimbangan Desain Logo di Produk

Suatu produk harus memliki logo yang didesain sedemikian rupa. Keseimbangan desain yang sempurna dapat membuat identitasnya dikenal oleh konsumen. Berikut ini beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam membuat desain logo.

    1. Kesan awal yang kuat

Yang utama adalah mempunyai kesan awal yang kuat. Karena merupakan wajah suatu produk, logo harus mempunyai kesan yang dapat menarik perhatian.

Logo yang menarik perhatian juga bertujuan untuk menyampaikan misi dan menampilkan keunikan dari produk itu sendiri.

    1. Dasar dari identitas produk

Pada awal pembuatan produk, cara untuk mengenali suatu produk berasal dari logo yang dibuat. Keseimbangan desain logo penting dan harus diperhatikan dengan baik.

Jika kamu sedang berada di suatu tempat dan menemukan sebuah produk yang tidak asing, maka kamu dapat mengenali itu dengan mudah dari tampilannya.

    1. Menghindari persaingan

Beberapa produk bisa memiliki tampilan sama, maka kamu harus buat logo yang berbeda. Keseimbangan desain harus diperhatikan, supaya menyatu dengan produk.

Desain logo unik dan sederhana lebih direkomendasikan. Kamu dapat menambahkan ciri khas dari produk yang kamu buat dalam logo tersebut.

Pada awalnya logo hanya berupa beberapa tulisan. Karena semakin berkembangnya jaman, logo dikembangkan sekreatif mungkin dengan menambahkan beberapa elemen lain. Ada banyak hal yang diperlukan untuk membuat sebuah desain logo bagus.

Seperti halnya ada warna, ukuran, bentuk dan tekstur elemen. Itu semua dibuat dengan memperhatikan keseimbangan satu sama lain dalam pembuatannya.

    1. Warna untuk keseimbangan visual

Ketika memikirkan keseimbangan desain logo, kebanyakan orang membuatnya dengan warna yang sesuai dengan produk atau berdasarkan minat dari pembuatnya.

Tapi jika hanya focus kepada produk Sebagai acuan pemilihan warna, logo yang dibuat dapat tidak selaras dan membuat kurang enak dipandang. Oleh karena itu, harmoni warna perlu diterapkan agar visualnya menjadi daya tarik yang menonjol dari produk tersebut.

    1. Ukuran untuk keseimbangan desain

Terdapat keseimbangan simetris dan asimetris. Keseimbangan elemen dan juga ukuran teks harus diperhatikan. Ketika kamu membuat logo suatu produk di papan iklan, ukuran besar kebanyakan dibuat untuk produk.

Penambahan elemen lainnya tidak terlalu banyak tapi juga menonjol dan disesuaikan besar kecil ukuran teks saat ditampilkan.

    1. Bentuk untuk keseimbangan desain

Bentuk yang digunakan dalam desain haruslah sesuai, seimbang dan tidak berlebihan. Jika banyak menggunakan elemen dan berbenturan, itu dapat mengurangi efektivitas dalam keseimbangan visual.

Oleh sebab itu, keseimbangan desain logo harus optimal supaya tampilan visualnya enak dipandang mata.

    1. Tekstur dan posisi elemen dalam keseimbangan desain

Keseimbangan tekstur dari suatu elemen haruslah disamakan dengan posisi yang membuat logo tersebut bagus. Jika suatu elemen berada di tempat dengan banyaknya elemen menonjol yang digunakan, itu akan menyebabkan berantakan. Tekstur elemen yang digunakan haruslah teratur dengan posisi elemen utama.

Ciri-Ciri Desain Logo yang Menarik untuk Dilihat

Kamu bisa membuat beberapa persiapan sat ingin membuat desain logo yang menarik. Mulai dari mencari ide, menentukan tema dan membentuk keseimbangan yang baik. Di bawah ini, ada beberapa ciri-ciri desain logo bisa jadi bahan pertimbangan kamu.

    1. Sederhana

Saat membuat logo, kamu tidak perlu terlalu membuatnya berlebihan. Kamu dapat mendesain dengan sederhana dan sedikit menonjolkan ciri khas produk. Itu dapat berupa mengurangi elemen yang digunakan. Seperti symbol dan warna yang sederhana.

    1. Mudah diingat

Keseimbangan antara desain logo dengan produk harus dibuat dengan tujuan mudah diingat. Karena desain logo yang sesuai, produk dapat mudah dikenali hanya dengan melihat dari logo itu saja.

Itu membuat produk kamu dikenal dan diingat walau dengan sekali lihat. Keseimbangan desain logo harus selalu diingat ketika kamu membuatnya.

    1. Unik

Karena sederhana, ada beberapa hal yang harus ditonjolkan dalam membuat sebuah logo. Itu dapat berupa ciri khas dari produk yang dibuat. Dengan adanya keunikan, dapat menjadi pembeda dengan saingan.

    1. Mampu bertahan

Karena seiring jaman, mengikuti tren dan mode sering dilakukan. Seperti halnya dalam pembuatan logo kamu harus focus dengan ciri khas kamu dan menargetkan produk kamu agar menojol seiring berkembangnya zaman.

Logo yang kamu buat haruslah berfokus pada kualitas dan haruslah unik agar selalu diingat. Keseimbangan desain logo selalu menghasilkan pada gambar yang berkualitas.

    1. Logo serbaguna

Logo haruslah serba guna karena Saat ini produk dipasarkan melalui banyak tempat, seperti media cetak, situs web, papan reklame. Dalam mendesain kamu butuh keseimbangan proporsi.

Itu harus diterapkan karena saat logo ditampilkan di papan reklame dibuat di kartu nama itu bisa tidak sesuai atau sama.

Fungsi Desain Logo untuk Sebuah Produk

Logo menjadi strategi marketing untuk menyampaikan suatu produk ke para konsumen. Karena itu fungsi yang utama adalah untuk menarik perhatian. Dengan desain logo yang seimbang dan tidak berlebihan, itu akan menjadi semakin menarik perhatian konsumen.

    1. Pengenal

Logo sebagai identitas suatu produk harus mempunyai karakteristik tersendiri. Dengan adanya karakteristik dari logo yang dibuat, maka suatu logo dapat dikenal dengan mudah untuk para konsumen.

Sebuah logo yang mudah dikenal juga dapat menarik perhatian para konsumen untuk diingat. Namun jika dibuat sesuai kaidah keseimbangan desain logo, maka itu akan jadi semakin baik lagi.

    1. Keterangan

Informasi yang dimuat dalam sebuah logo ditujukan untuk para konsumen. Logo akan memberikan keterangan atas suatu produk yang dibuat kepada konsumen. Dapat menjadi pengawas bagi produk atas pandangan masyarakat terhadap produk itu sendiri.

    1. Promosi

Yang dimuat dalam produk dapat disalurkan melalu logo jika ada suatu promosi. Dengan logo yang sesuai dan menarik perhatian, itu dapat menarik minat para konsumen jika sedang terdapat promosi.

Keseimbangan desain logo yang mudah diingat merupakan kelebihan jika suatu produk ada di tempat di mana sedang diadakan promosi.

    1. Marketing

Karena wajah dari produk, logo menjadi strategi untuk marketing. Karena untuk marketing, logo haruslah menarik perhatian dan mencakup identitas produk. CIri khas dari produk yang ditonjolkan menjadi keuntungan pembuatan logo bagi marketing.

    1. Menarik minat konsumen

Karena dasar dari marketing, maka logo haruslah menarik minat para konsumen. Logo yang menarik dan dapat terus diingat Sebagai identitas suatu produk merupakan poin penting. Identitas dari produk tidak akan terlupakan seiring berjalannya waktu.

    1. Trend

Seiring berjalannya waktu banyak persaingan, terutama dalam dunia bisnis. Sebagian produk dikembangkan menyesuaikan trend yang ada tetapi berbeda dengan logo produk yang digunakan.

Logo haruslah bertahan seperti saat awal dibuat, dengan keunikan tersendiri itu dapat diingat sepanjang waktu. Dengan beberapa aspek di atas, kamu bisa menciptakan logomu sendiri.

Pastikan logo yang kamu buat menarik, unik dan mudah diingat oleh para konsumen. Karena keseimbangan desain logo akan menentukan tingkat kesuksesan perusahaan yang ada di masa depan.

error: