Kiat dalam Pembuatan Logo Perusahaan dan Branding yang Berjalan

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Kiat dalam Pembuatan Logo Perusahaan dan Branding yang Berjalan
171

Kiat dalam pembuatan logo perlu diperhatikan jika ingin melakukan fokus pada branding perusahaan milikmu, karena dengan melakukan fokus pada branding sendiri dapat membuat perusahaan lebih mudah untuk dikenali konsumen. Karena memiliki perbedaan tersendiri.

Strategi branding sendiri sangat penting untuk diterapkan pada hampir seluruh perusahaan pada saat ini, karena seiring berkembangnya zaman makin banyak kompetitor hadir untuk menyaingi usahamu. Sehingga diperlukan beberapa faktor pembeda pada produk milikmu.

Hal tersebut tentu membuat perusahaanmu tidak memiliki nilai pembeda di mata konsumen, sehingga terkesan kesulitan untuk dapat bersaing dengan para pesaing. Karena branding sendiri bertujuan untuk memberitahukan siapa perusahaanmu di mata para konsumen itu.

Kiat dalam Pembuatan Logo yang Perlu Diketahui

Salah satu hal yang menarik untuk dikembangkan dalam mengembangkan strategi branding adalah dari logo milik perusahaan, oleh sebab itu banyak calon pengusaha membutuhkan kiat pembuatan logo. Sehingga hasil akhirnya memiliki makna, bukan hanya gambar saja.

Sebagian besar kesalahan pada pengusaha khususnya pada bidang UMKM sendiri adalah memberikan gambar asal pada logonya, sehingga terkadang lambang antar perusahaan terkesan sama dan hanya dibedakan melalui tulisan maupun nama perusahaannya saja.

Seperti yang telah kami jelaskan bahwa salah satu strategi dalam branding adalah memperhatikan mengenai logo atau lambang perusahaanmu, oleh sebab itu diperlukan beberapa kiat maupun langkah yang perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum membuatnya.

Beberapa langkah ini dapat kamu lakukan dengan mudah, bahkan jika dilakukan dengan benar mampu menciptakan lambang perusahaan penuh filosofis kepada konsumenmu. Hal ini hanya bisa dilakukan hanya jika kamu memahami kiat dalam pembuatan logo tersebut.

Namun tidak semua orang memahami bagaimana langkah awal membuatnya, sehingga kebanyakan hanya mengambil jalan pintas dengan cara mengambil gambar dari internet. Akibatnya lambang yang dimiliki perusahaanmu tidak memiliki filosofi atau artian tertentu.

Selain itu kamu akan gagal untuk memberitahukan kepada konsumen bahwa siapa sebenarnya perusahaanmu, serta memiliki faktor keunggulan apa saja yang membuatnya dapat dengan mudah diingat oleh konsumen jika menggunakan kiat dalam pembuatan logo.

Jika kamu masih merasa sedikit kebingungan tidak perlu khawatir, karena kami akan memberi beberapa tips serta langkah mudah untuk membuatnya. Sehingga hasil akhir lambang memiliki filosofi tertentu, serta berkaitan dengan branding perusahaan yang kamu miliki itu.

1. Branding Strategy

Kiat dalam pembuatan logo pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menetapkan branding strategy terlebih dahulu, karena tidak mungkin kamu membuat logo atau lambang tanpa memiliki nama merek dari produk tersebut dahulu. Sehingga penting untuk diperhatikan.

Langkah utama untuk membangun branding strategy adalah dengan menentukan nama merek terlebih dahulu, di mana merek sendiri merupakan panggilan publik atau masyarakat pada produkmu. Sehingga produk lebih mudah untuk diingat konsumen, dibanding kompetitor.

Dalam menetapkan merek sendiri dibutuhkan beberapa identitas yang membuatnya mudah dikenali konsumen, dengan memiliki identitasnya sendiri konsumen mudah untuk membedakan dengan kompetitor. Sehingga dimasukan ke dalam kiat dalam pembuatan logo.

Setelah mendapatkan merek, kini kamu harus memikirkan bagaimana brand strategynya sehingga dapat menentukan arah ke mana perusahaan tersebut akan berjalan. Kamu bisa mendapatkannya melalui positioning produkmu, sehingga sesuai dengan produk yang dijual.

Sebagai kiat pembuatan logo selanjutnya kamu juga perlu memahami apa yang membuat usahamu berbeda dengan kompetitor lainnya, hal ini akan mempermudah kamu untuk membuat brand strategy sehingga konsumen lebih memilih produk perusahaanmu.

2. Identitas Merek

Setelah menetapkan bagaimana strategi yang diinginkan sehingga konsumen lebih memilih merek milikmu dibanding kompetitor, kini saatnya bagi kamu untuk menetapkan identitas apa saja yang akan digunakan. Sehingga merek milikmu lebih mudah untuk dikenali konsumen.

Menentukan identitas merek juga termasuk ke dalam salah satu langkah kiat dalam pembuatan logo, karena logo sendiri mewakili simbol dari merek yang dimiliki olehmu. Sehingga mudah dikenali oleh konsumen, hanya dengan melihat gambaran dari simbol itu.

Langkah pertama dalam menentukan identitas terletak pada bagaimana nama dan tipografi dari merek milikmu, di mana jika memilih nama produk tradisional lebih baik memberi kombinasi menggunakan jenis font masa lampau. Sehingga mudah dikenali oleh konsumen.

Kiat dalam pembuatan logo selanjutnya adalah menentukan warna apa yang akan kamu pilih, sehingga konsumen mudah untuk mengenalinya. Sangat disarankan untuk memilih warna mencolok, namun tidak membuat mata sakit sehingga akan mudah untuk diingat pelanggan.

Terakhir pastikan bentuk yang akan digunakan, bagaimana bentuk yang akan kamu pilih mewakili dari branding merek perusahaanmu. Jika memiliki produk berupa bebek goreng, lebih baik untuk membuat logo yang menyerupai bebek sehingga mudah untuk diingat orang lain.

3. Memilih Style

Kiat dalam pembuatan logo perlu memperhatikan bagaimana style yang akan kamu gunakan, sehingga simbol tersebut dapat mewakili keseluruhan branding perusahaan. Harapannya mudah untuk dikenali oleh konsumen, sehingga mereka selalu teringat dengan produkmu.

Kamu bisa membuat kisah terbentuknya merek tersebut, atau biasa disebut dengan filosofi mengapa merek yang kamu miliki memiliki nama tersebut. Hal tersebut juga dapat berfungsi untuk menunjukkan bahwa merek perusahaanmu memiliki cerita khusus yang berbeda.

Sehingga tidak hanya terkesan asal dalam memilih nama, melainkan selalu ada filosofi tertentu dibalik nama yang kamu pilih sebagai merek perusahaanmu. Selain itu kiat dalam pembuatan logo selanjutnya adalah dengan memperhatikan font serta palet warna simbol.

Pemilihan font sendiri kerap dianggap remeh, namun jika asal memilih dapat memiliki hasil yang sangat fatal. Di mana memilih font sendiri dapat menentukan arti maupun tanggapan pelanggan terhadap merek milikmu, karena menimbulkan kesan tertentu di dalam benaknya.

Palet warna juga dapat menimbulkan kesan terhadap simbol perusahaanmu, karena sama seperti pemilihan font. Di mana pemilihan warna juga dapat memiliki artian tertentu, contoh jika memiliki produk makanan jangan memilih warna biru karena menurunkan nafsu makan.

4. Merancang Elemen Utama dalam Brand

Kiat dalam pembuatan logo terakhir adalah merancang elemen utama dalam brand atau merek yang kamu miliki. Di mana setelah memiliki strategi, style, serta identitas tersendiri kini waktunya bagimu untuk menentukan elemen mana yang paling utama dari merek milikmu.

Elemen utama dalam merek paling utama adalah logo, oleh sebab itu banyak orang sangat memperhatikan bagaimana logonya mampu menjadi simbol dari merek yang dimilikinya. Sehingga menjadi penanda bahwa merek yang dimiliknya berbeda dengan milik kompetitor.

Kiat dalam pembuatan logo sendiri merupakan wajah dari bisnis sebuah perusahaan, sehingga menjadi salah satu unsur branding paling penting untuk diperhatikan. Karena sering kali konsumen lebih mengingat logo atau simbol sebuah produk dibanding namanya.

Selain itu pengemasan juga merupakan elemen utama dalam brand, di mana dalam kemasan sering terdapat simbol yang mewakili merek tersebut. sehingga membuat pelanggan lebih mudah untuk mengingat serta menghafal dari produk yang kamu jual.

Oleh sebab itu dalam melakukan pengemasan produk harus selalu konsisten. Karena bersamaan dengan simbol merek, kedua unsur init menjadi identitas dari merek yang kamu miliki dan selalu diingat dalam benak pelanggan.

Dengan menerapkan beberapa hal tersebut kini tidak perlu pusing dalam memikirkan strategi branding, karena kamu sudah memahami kiat dalam pembuatan logo perusahaan.

error: