Langkah Membuat Konsep Desain Logo Produk Profesional

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Langkah Membuat Konsep Desain Logo Produk Profesional
200

Membuat konsep desain logo bukan hal mudah dilakukan sebab akan menyangkut brand awareness sebuah produk di mata masyarakat. Selain memiliki ciri khas, logonya juga harus mudah diingat agar gampang dicari oleh calon konsumen.

Ikon menjadi tugas profesional sebab dijadikan perusahaan untuk menentukan ciri khas sehingga bisa mendapatkan konsumen serta mempertahankannya. Apalagi saat ini persaingan cukup ketat sehingga perlu tenaga ekstra untuk melakukan promosi.

Ikon ini memiliki peran untuk menampilkan identitas dari perusahaan, oleh sebab itu harus menarik namun tetap profesional. Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan logo, namun kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum memilih pelayanannya.

Konsep membuat desain logo atau tema besar harus diperhatikan terlebih dahulu ketika mulai mendesain. Konsep menjadi poin paling utama dan harus ditentukan lebih dahulu sebelum mulai mendesain, bisa menggunakan kertas dan pensil untuk membuat sketsa.

Konsep tidak hanya akan menentukan ikon perusahaan yang akan dibuat, namun juga akan menentukan hasilnya. Setelah klien yang memesan ikon sudah berkonsultasi dengan desainer, barulah konsepnya dibuat sebagai dasarnya.

Ada beberapa langkah perlu dilakukan ketika membuat konsep desain logo yang baik dan profesional. Bukan hanya itu saja, beberapa tips juga bisa digunakan untuk membuat hasil logonya menjadi lebih maksimal.

Hal mendasar pada konsepnya harus dapat menyampaikan pesan untuk disampaikan klien kepada publik. Bisa dikatakan, ikon merupakan image yang ingin dibentuk oleh perusahaan melalui visual kuat.

Setiap klien juga menjadi pertimbangan ketika membuat konsep desain logo, bisa saja perusahaan, instansi, organisasi dan lainnya. Ketiganya tentu akan memiliki konsep berbeda karena brand image yang dibentuk juga tidak sama.

Ikon menjadi brand image sangat berkaitan dengan filosofi pada warna dan bentuk. Dua hal ini juga akan membantu logonya menciptakan brand image, oleh sebab itulah juga harus ada pada konsepnya.

Misalnya saja, sebuah perusahaan makanan harus menggunakan warna serta bentuk yang dapat membangkitkan selera konsumen. Demikian juga ikon untuk perusahaan dengan produk barang dan jasa lainnya.

Inilah pentingnya membuat konsep desain logo, sebab setiap ikon harus dapat menggambarkan perusahaan, instansi, maupun organisasi yang menggunakannya. Jika sudah demikian, maka akan menjadi daya tarik dan mewakili dari apa yang diwakilinya.

Ikon hampir sama seperti pakaian adat yang unik meskipun sudah jarang ditemukan, namun tetap ada orang menggunakannya. Setiap pakaian adat mengandung makna maupun filosofi menggambarkan nilai yang dipegang masyarakat tersebut.

Keberadaan ikon juga seperti keris yang tidak hanya dijadikan sebagai senjata bagi sebagian masyarakat Indonesia. Keris menjadi simbol nilai masyarakat, juga ornamennya dapat menjelaskan dari mana kerisnya diproduksi.

Hal ini terjadi karena nilai masyarakat telah menjiwai dari setiap elemen maupun bentuk dari kerisnya. Oleh sebab itulah, meskipun keris tersebut dibawa ke mana saja namun dapat mewakili masyarakat tempatnya berasal.

Ikon yang bisa menjelaskan pesan perusahaan hampir sama seperti keris tersebut, karena di manapun berada namun tetap dapat mengingatkan publik dengan produknya. Logo juga harus bisa menjelaskan nilai maupun pesan yang ingin disampaikan.

Ada beberapa hal perlu dilakukan ketika membuat konsep dan juga desain logo agar hasilnya maksimal. Berikut adalah beberapa hal penting diperhatikan ketika akan membuat ikon sebuat brand.

Pertama, pastikan untuk mencari referensi sebanyak mungkin mengenai logo profesional yang sesuai dengan ideologi bisnis. Mencari referensi tidak sama dengan mencontek, tapi kamu mempelajarinya untuk membuat ikon produk sendiri.

Kedua, kamu juga harus benar-benar memahami visi atau tujuan berbisnis karena akan sangat menentukan desain dari ikonnya. Jika sudah mengetahui tujuan bisnis, maka akan lebih mudah membuat ciri khas dari masa ke masa secara konsisten.

Jika sudah mendapat gambaran kasar, maka bisa langsung membuat sketsa desain sebelum menerbitkannya secara utuh. Sketsa masih dapat diubah, dikurangi, maupun ditambah jika memang masih diperlukan.

Ketiga, sematkan filosofi pada konsep desain logo sebagai pesan tersirat yang memberikan makna tertentu. Filosofi sangat penting diterapkan pada ikon baik kecil maupun secara keseluruhan.

Keempat, menggunakan desain sederhana namun tetap menggambarkan ciri khas dari produk maupun perusahaan. Desain tidak perlu rumit, tapi harus mengandung makna atau filosofi dalam yang menunjukkan pesan tertentu.

Bukan hanya itu saja, ikon yang sederhana justru akan lebih mudah diingat oleh masyarakat luas sehingga proses branding juga lebih efektif dan efisien. Jika logi diingat oleh konsumen, maka pemasaran produk juga akan jauh lebih mudah.

Tips Membuat Desain Logo Profesional

Setelah melakukan langkah-langkah yang perlu diperhatikan ketika akan membuat konsep desain logo, kamu bisa langsung mulai mendesainnya. Berikut adalah beberapa tips membuat logo agar hasilnya lebih maksimal.

Pertama adalah menggunakan visual double entendre, yaitu trik menggabungkan dua gambar menjadi satu objek. Dengan teknik ini, otomatis akan membuat orang menangkap pesan tekstual dari gambar tersebut.

Kedua adalah memadukan warna khas karena akan menjadi ciri khas sekaligus identitas perusahaan maupun produk. Misalnya, perusahaan dengan tema kalem maka akan lebih cocok menggunakan warna lembut dibandingkan yang mencolok dan nyentrik.

Ketiga adalah menggunakan font custom yang hanya digunakan untuk brand produk milikmu saja. Dengan begitu, jika ada brand lain menggunakan font sama maka orang justru cenderung mengingat produk pertama yang menggunakan fontnya.

Keempat adalah logotype atau strategi branding dengan memasukkan nama dalam logonya. Selain mempermudah membuat konsep desain logo, kamu juga bisa memperkenalkan merk terutama bagi bisnis pemula.

Terakhir menggunakan simbol sederhana dan mudah diingat, namun tetap memiliki makna dalam. Jika konsumen mengingat logo brand milikmu, maka brand awareness dapat dilakukan dengan mudah.

Tips Mencari Jasa Desain Logo Profesional

Membuat konsep desain logo memang bukan hal mudah, oleh sebab itu tidak ada salahnya menggunakan jasa profesional. Meski begitu, penting untuk mempertimbangkan beberapa hal agar mendapatkan ikon sesuai kebutuhan promosi.

Pertama, pilih layanan jasa dengan kemampuan mendesain baik, tidak idealis, mengerti kondisi pasar, juga tidak memaksa kehendak pribadi pada klien. Desainer berpengalaman akan mengerti permasalahan teknis seperti warna, detail, dan lainnya.

Kedua, pastikan jika layanan jasa memiliki ilmu marketing dan segmentasi pasar sehingga mengetahui bagaimana mendesain logo agar booming. Selain itu, logonya juga bisa sesuai dengan target pasar produknya.

Bukan hanya itu saja, desainer yang membuat konsep desain logo juga harus memiliki keahlian dalam brand management. Keahlian memutuskan konsep tepat sasaran ini salah satunya didapatkan dari banyaknya pengalaman penyedia jasa.

Pastikan bahwa penyedia jasa bisa membuat desain aplikatif, artinya dapat digunakan dalam media apapun dan tetap menarik calon konsumen. Jika ikon tidak dapat diaplikasikan pada media apapun, maka proses branding juga tidak akan berjalan baik.

Terakhir, pastikan penyedia jasa menawarkan logo original dan tidak mengambil dari internet karena merupakan plagiat. Apalagi ikon sangat penting sebagai jati diri sebuah perusahaan sehingga harus original dan berbeda dari lainnya.

Logo atau ikon sangat penting untuk brand awareness dan menjadi jati diri bagi produk maupun perusahaan. Oleh sebab itulah dalam membuat konsep desain logo harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu agar hasilnya maksimal.

error: