Langkah Pembuatan Logo Bisnis yang Baik dan Benar

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Langkah Pembuatan Logo Bisnis yang Baik dan Benar
137

Langkah pembuatan logo bisnis sendiri sering kali menjadi pertanyaan bagi sebagian besar pebisnis muda yang baru saja mendirikan perusahaan miliknya sendiri, namun pertanyaan ini juga kerap dilontarkan oleh pebisnis UMKM. Karena mereka ingin memiliki logonya sendiri.

Pembuatan simbol tersebut tidak boleh asal membuatnya saja, karena setiap simbol harus memiliki maknanya sendiri. Pemberian makna tersebut sangat penting untuk diperhatikan, karena menjadi cerminan serta patokan bagi konsumen ketika memikirkan produk jualanmu.

Oleh sebab itu pembuatan logo sebagai simbol perusahaan tidak hanya mengenai proyek desain grafis semata, namun merupakan uji kreativitas sehingga simbol yang dibentuk dapat memiliki filosofi. Selain itu filosofi yang dibentuk harus mencerminkan produk yang kamu jual.

Langkah Pembuatan Logo Bisnis dengan Mudah

Logo kerap digunakan sebagai simbol sebuah perusahaan, di mana simbol ini memiliki fungsi untuk mempresentasikan secara visual dari merek yang dimiliki oleh perusahaan itu. Hal ini sangat perlu diperhatikan oleh setiap pengusaha, terlepas dari besar kecilnya skala bisnis.

Simbol sendiri memiliki fungsi cukup penting bagi keberlangsungan perusahaan, karena dapat membantu konsumen dalam membayangkan merek yang kamu miliki. Oleh sebab itu banyak pengusaha mencari tahu mengenai langkah pembuatan logo bisnis sehingga memiliki makna.

Pemilihan desain dari logo perusahaan sendiri sangat penting untuk dipikirkan secara matang, karena secara tidak langsung dapat bersinggungan dengan proses branding dari merek yang dimiliki oleh perusahaanmu. Karena berperan sebagai tanda serta identitas dari merekmu.

Langkah pembuatan logo bisnis perlu diperhatikan dengan saksama, karena nantinya akan menjadi simbol perusahaan dalam setiap kegiatan bisnis berlangsung. Biasanya ditempel pada beberapa banner ketika ada acara tertentu, selain itu juga terdapat di situs resmi.

Oleh sebab itu, dalam menciptakan simbol tersebut harus mengedepankan keunikan dan daya kreativitas tertentu, sehingga logo yang diciptakan tidak terkesan plagiat atau meniru orang lain. Hal ini dapat berdampak dalam cara untuk menarik konsumen potensial pada bisnismu.

Membuat logo bisnis yang baik adalah mampu menciptakan simbol perusahaan sederhana namun mudah diingat konsumen, sehingga ketika melihat simbol tersebut konsumen secara tidak langsung akan mengingat merek dari produk yang dijual oleh bisnismu.

Dalam pembuatannya juga harus dapat menciptakan daya saing, sehingga dapat menjadi simbol perusahaan yang menandakan siap bersaing melawan kompetitor lainnya. Sehingga mudah untuk mengubah perspektif pelanggan kepada perusahaanmu menjadi lebih positif.

1. Mengamati Kompetitor

Langkah pembuatan logo bisnis paling awal dan mudah untuk dilakukan adalah dengan mengamati kompetitor, terlebih dengan mengamati kompetitor yang bersaing dalam industri serupa mampu meningkatkan wawasan serta pandanganmu dalam menciptakan lambang.

Langkah ini bukan merupakan hal tabu dalam kegiatan berbisnis, karena sering terdapat bisnis yang baru saja masuk di pasaran namun merasa bingung untuk menggunakan logo apa. Alhasil banyak pebisnis menggunakan logo menyerupai kompetitor sehingga hampir serupa.

Dengan melihat simbol yang digunakan oleh pesaing juga dapat menambah pandangan, karena kamu dapat mengetahui bagaimana tren dalam menciptakan logo yang sedang hangat pada saat ini. Sehingga mampu menciptakan simbol yang mudah diterima dan diingat orang.

Karena pentingnya simbol untuk mewakili perusahaan dalam benak pikiran konsumen, oleh sebab itu kamu bisa membuatnya menggunakan langkah pembuatan logo bisnis dengan cara mengamati simbol yang digunakan kompetitor. Dilakukan dengan melihat skema dan lainnya.

Dari mengamati berbagai simbol yang digunakannya, mungkin akan terbersit berbagai pemikiran unik di kepalamu. Seperti memodifikasi beberapa bagian tertentu dari hasil pengamatan, sehingga didapatkan logo unik namun mewakili merek yang dimiliki perusahaan.

2. Mendesain dengan Fleksibel

Desain dengan hasil fleksibel merupakan salah satu langkah pembuatan logo bisnis yang patut untuk diperhatikan, karena fleksibilitas simbol ini sangat berpengaruh pada penempatan ketika sedang digunakan pada acara tertentu. Di mana setiap acara memiliki media berbeda.

Baik dalam media online maupun offline, dalam pembuatan simbol yang baik memerlukan perhatian tertentu sehingga ketika diletakkan di manapun dapat dikatakan cocok. Sehingga tidak terkesan terlalu memaksa, karena akan menyebabkan simbol ini susah untuk dilihat.

Terlebih ketika simbol perusahaan akan diletakkan pada banner acara tertentu untuk promosi produk, maka dari itu sangat penting untuk menetapkan desain fleksibel dalam langkah pembuatan logo bisnis. Sehingga tidak terkesan menabrak saat diletakkan pada banner itu.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagaimana penggunaan warnanya, jika ingin memiliki hasil desain fleksibel sebaiknya gunakan sedikit warna. Terlebih jika hanya memiliki satu warna saja, merupakan keunggulan tersendiri karena logo bisa diletakkan di mana saja.

Selain itu jangan gunakan bentuk desain rumit, karena akan membuat terkesan sangat susah jika ingin diletakkan baik dalam media cetak maupun online. Lebih baik gunakan desain sederhana, sehingga ketika diletakkan di mana saja dapat mengikuti tekstur media cetaknya.

3. Memperhatikan Elemen Desain

Langkah pembuatan logo bisnis selanjutnya adalah memperhatikan bagaimana elemen desain dari logonya, apakah semua elemen yang dibutuhkan sudah terdapat di dalamnya atau belum. Sehingga dapat tercipta simbol sempurna untuk mewakili perusahaan dalam bisnis.

Beberapa elemen tersebut di antaranya perlu kamu perhatikan sebelum membuatnya yaitu warna, jenis font, bentuk, hingga ukuran. Karena dari beberapa elemen tersebut sangat penting untuk memadukannya menjadi satu kesatuan, sehingga didapatkan hasil akhirnya.

Banyak pengusaha menginginkan hasil akhir logonya sangat bagus, oleh sebab itu sebagai langkah pembuatan logo bisnis perhatikan semua elemen di dalamnya terlebih dahulu. Apakah logonya sudah memuat keseluruhan elemen atau belum, karena sangat berdampak.

Sebagai contoh jika kamu memiliki produk usaha berupa mie ayam, sangat penting untuk menggunakan logo berbentuk mie maupun menyerupai ayam. Selain itu terdapat pemilihan warna tertentu, sehingga cocok dengan produk mie ayam namun mudah diingat konsumen.

Selain elemen bentuk dan warna, kamu juga perlu memperhatikan elemen lainnya dalam langkah pembuatan logo bisnis seperti jenis font. Jika memiliki usaha mie ayam lebih baik untuk menggunakan font berjenis mudah dibaca, sehingga mudah ditemukan konsumen lain.

4. Membentuk Ikon

Dengan membuat logomu berbentuk seperti ikon akan mempermudah konsumen dalam mengingat semua produk yang kamu jual dalam merek milikmu, oleh sebab itu pemilihan bentuk ikon juga sangat penting untuk menjadi perhatian karena tidak boleh asal membuat.

Ikon sendiri bertujuan sebagai visualisasi dari merek yang dimiliki perusahaan dalam berbisnis, sehingga ketika konsumen melihat ikon tersebut akan langsung teringat pada merek yang kamu miliki. Inilah mengapa dalam pembuatan logo bisnis ikon perlu diperhatikan.

Pembentukan ikon dalam logomu juga mampu memberikan nilai keunikan serta daya kreatif merek dibandingkan kompetitor lainnya, sehingga konsumen mampu melihat sisi unik dari merek yang kamu miliki jika dibandingkan dengan produk milik kompetitor lain yang serupa.

Namun dalam langkah pembuatan logo bisnis tidak perlu memusingkan pembentukan ikon di dalam logonya, karena tidak semua pengusaha memiliki daya kreativitas serupa sehingga hanya akan membuatmu pusing sendiri. Karena harus memikirkan filosofi dari ikon tersebut.

Pada saat ini sudah banyak beberapa perusahaan yang hanya menggunakan font tulisan pada merek miliknya, hal ini sendiri dinilai cukup sederhana namun dapat memberikan dampak besar bagi berjalannya bisnis. Karena cukup unik dan mudah diingat oleh konsumen merekmu.

Membuat simbol yang mewakili perusahaan cukup penting untuk diperhatikan, karena mampu memberikan tanggapan konsumen dari merek milikmu. Oleh sebab itu penting untuk mempelajari berbagai langkah pembuatan logo bisnis.

error: