Manfaat Membuat Logo Perusahaan untuk Branding

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Manfaat Membuat Logo Perusahaan untuk Branding
212

Salah satu manfaat membuat logo perusahaan adalah agar dapat diidentifikasi secara mudah oleh audiens sebagai identitas visual. Selain itu, elemen visual ini merupakan bagian penting dari proses branding bagi perusahaan atau korporat secara lebih efektif.

Pada dasarnya, definisi logo yaitu adalah tanda, lambang, atau simbol sebagai identitas dari sebuah organisasi, perusahaan, atau individu, agar mudah dikenali maupun diingat. Sehingga, desainnya juga umumnya punya makna atau arti tertentu dari perusahaan yang diwakili.

Pada awalnya, dahulu logo digunakan sebagai pembeda antar produk ataupun antar satu bisnis dengan bisnis lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, manfaat membuat logo perusahaan mulai berkembang menjadi identitas sekaligus pemberi citra perusahaan alias untuk branding.

Itulah sebabnya, manfaat pembuatan logo perusahaan sangat penting dalam menunjang kesuksesan suatu bisnis itu sendiri. Sebab hanya dengan desain tertentu, kamu dapat menyampaikan pesan khusus bagi audiens sebagai target konsumen perusahaan.

4 Manfaat Membuat Logo Perusahaan untuk Branding

Sebenarnya, sesignifikan apakah manfaat dan fungsi logo bagi sebuah korporasi? Mengapa setiap badan usaha, organisasi, atau brand alias merek tertentu harus memiliki elemen visual satu ini dalam menjalankan dan memperkenalkan profilnya?

Pada dasarnya, fungsi utama dari komponen ini ialah sebagai identitas agar audiens dapat mengingat dan mengasosiasikan logonya dengan merek maupun perusahaan tertentu. Ada yang hanya berupa inisial huruf, kata, simbol, maskot, atau bahkan berdesain abstrak.

Seluruh jenis desain tersebut bertujuan sama, yaitu membuat orang yang melihat menjadi teringat pada brand tertentu saat melihat logonya. Secara rinci, berikut ini adalah 4 manfaat terutama dari pembuatan logo bagi branding sebuah korporasi ataupun instansi.

1. Memberikan kesan pertama (first impression) yang baik

Logo memiliki fungsi sangat penting bagi suatu perusahaan maupun sebuah instansi. Bahkan, elemen ini juga dapat mempengaruhi perkembangan dari sebuah merek. Dengan desain yang baik, seseorang dapat mengenali sesuatu dengan mudah sehingga dapat melekat di ingatan.

Artinya, salah satu manfaat membuat logo perusahaan adalah sebagai pengenalan pertama suatu bisnis kepada konsumen. Jika dibuat atau didesain dengan baik, logonya tentu dapat menarik minat audiens selaku konsumen untuk lebih mengenal perusahaannya.

Memberi kesan pertama atau first impression merupakan salah satu cara berkomunikasi dan mengenalkan sebuah produk atau jasa. Sebab dengan menggunakan gambar, simbol, atau karakter tertentu, publik bisa langsung mengenali dan mengaitkannya dengan suatu brand.

Oleh karena itu, desain yang baik harus memiliki beberapa spek penting, yaitu original, memorable alias mudah diingat, dan versatile alias mudah diterapkan pada berbagai media. Artinya, kamu harus membuat logo yang bisa dikustomisasi dari berbagai sisi.

Sebagai contoh, buatlah logo yang bisa ditempatkan secara fleksibel namun tetap mencolok pada berbagai media seperti kartu nama, banner, poster, dan banyak lagi. Dengan demikian, audiens dapat mudah melihat dan memperoleh kesan dari logonya hanya dengan sekali lihat.

2. Membangun identitas perusahaan atau merek

Apa yang pertama kali kamu pikirkan saat mendengar brand Apple? Tentu saja gambar apel ikonik dengan bekas gigitan tersebut, bukan? Hal tersebut menunjukkan besarnya manfaat sebuah logo sebagai identitas bagi sebuah company atau perusahaan.

Ini menunjukkan manfaat membuat logo perusahaan selanjutnya, yaitu sebagai identitas visual yang mewakili perusahaan maupun merek bisnis tertentu. Artinya, kamu harus membuat desain yang bisa menggambarkan citra usaha atau organisasi yang diwakili.

Sebab, identitas adalah modal utama perusahaan dalam membangun kepercayaan. Hal ini karena banyak orang mengasosiasikan logonya sebagai bagian dari kualitas brand atau merek itu sendiri di dalam benak audiens sebagai calon konsumen.

Ini merupakan salah satu manfaat membuat logo perusahaan yang paling signifikan. Buktinya, kebanyakan orang akan lebih memilih jenis produk atau jasa yang dikenal sudah bermerek dan logonya banyak dikenal secara luas oleh publik.

Artinya, jika persepsi tentang kualitas brand tersebut telah terbentuk melalui identitas pada logonya, maka akan lebih mudah bagi publik untuk percaya pada brandnya. Sehingga, suatu merek menjadi lebih mudah dikenal dan dapat memiliki citra baik di mata audiens.

3. Sebagai alat pemasaran atau marketing di berbagai media

Manfaat membuat logo perusahaan selanjutnya adalah sebagai alat melakukan pemasaran alias marketing. Karena perannya sebagai representasi visual, logo berperan penting bagi perusahaan untuk memperkuat iklan dalam mengenalkan produk pada publik secara luas.

Hal ini karena banyak orang mengenali sesuatu hanya dari logonya saja. Sebagai contoh, kamu bisa membedakan apakah sebuah tas berasal dari merek Dior, Chanel, Gucci, atau LV alias Louis Vuitton hanya dengan melihat seperti apa bentuk dan gambar logonya saja.

Tidak hanya itu, hal ini juga menunjukkan manfaat membuat logo perusahaan sebagai alat menumbuhkan loyalitas pelanggan. Seiring pertumbuhan brand, maka logo perusahaannya pun akan semakin dikenal konsumen dan membangun citra atau image tertentu.

Sehingga, hanya dengan menampilkan logonya saja, seseorang bisa langsung mengenali suatu brand dan mengasosiasikannya kepada nilai-nilai tertentu. Itulah sebabnya elemen desain satu ini selalu menjadi senjata utama perusahaan saat melakukan pemasaran melalui iklan.

Karena itu, setiap kali ada promosi berupa iklan, maka hal pertama yang ditonjolkan secara visual adalah logonya. Sebab, hal tersebutlah yang dapat membantu audiens mengidentifikasi produk dari suatu merek secara praktis, cepat, dan efektif.

Apalagi, dalam sebuah logo tentu ada informasi atau pesan yang disampaikan secara persuasif untuk menarik perhatian publik. Itulah sebabnya, setiap bisnis harus membuat desain logonya semenarik dan seunik mungkin agar mudah dikenali serta diingat audiens.

4. Sebagai investasi

Karena banyaknya manfaat membuat logo perusahaan, biaya jasa pembuatan desainnya memang cenderung mahal. Namun, hal ini juga berfungsi penting sebagai investasi jangka panjang yang berharga demi membangun identitas brand di masa mendatang.

Seiring meningkatnya reputasi merek, konsumen tentu akan semakin mempercayai produk atau layanan yang kamu atau perusahaanmu tawarkan. Baik secara sadar atau tidak, mereka akan mengasosiasikan desain logonya dengan image brand tersebut.

Sebagai contoh, kamu bisa melihat desain dari Aqua, brand air mineral dengan dominasi warna biru. Saking lekatnya image branding Aqua bagi konsumen, hampir semua produsen air mineral lainnya ikut menggunakan warna biru sebagai identitas brandnya.

Oleh karena itu, manfaat membuat logo perusahaan sebagai investasi dapat dilihat dari value atau nilainya dalam jangka panjang. Jika loyalitas merek telah terbangun pada logonya, tentu audiens publik akan selalu mengenali dan mempercayai suatu perusahaan dengan mudah.

Artinya, logo adalah media promosi sekaligus media komunikasi paling efektif untuk mempengaruhi emosi pelanggan. Sebagai bagian representasi dari merek, ini merupakan salah satu elemen visual utama yang harus ada saat mempromosikan sesuatu.

Itulah sebabnya logo dapat diibaratkan sebagai senjata utama melekatkan bisnismu di benak audiens. Karena banyaknya manfaat membuat logo perusahaan, maka sangat penting bagi setiap bisnis untuk membuat logonya semenarik mungkin.

error: