Mengenal Beberapa Fungsi Logo yang Jarang Diketahui

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Mengenal Beberapa Fungsi Logo yang Jarang Diketahui

Saat ini, fungsi logo tidak lagi hanya sebagai sebuah simbol tertentu. Namun, logo telah menjelma menjadi sebuah karakter dari suatu hal. Banyak orang menilainya sebagai salah satu desain komunikasi visual.

Jika dilihat dari berbagai sisi, salah satu bentuk desain komunikasi visual ini memang cukup unik. Meskipun hanya sebuah simbol tertentu, namun memberikan makna besar. Termasuk makna dan tujuan sebuah perusahaan.

Di era yang serba modern seperti sekarang, memiliki logo adalah langkah awal di terima dunia. Tanpa adanya sebuah simbol, maka orang lain tidak akan mengenal apa yang kamu tawarkan.

Sebagai contoh, jika berbicara tentang apel, maka akan teringat salah satu brand terbesar di dunia. Begitu juga ketika membahas tentang huruf G atau F, akan teringat 2 raksasa teknologi Amerika.

Fungsi Logo Bagi Seorang Desainer

Tidak semua orang bisa menjadi seorang desainer grafis. Artinya, tidak semua orang mengerti apa manfaat dari sebuah desain yang diciptakan. Kebanyakan orang hanya melihatnya sebagai kewajiban untuk mendapatkan penghasilan.

  1. Media melepas stres

Bagi beberapa orang, membuat sebuah desain grafis cukup melelahkan. Tidak jarang beberapa orang justru stres karena kehabisan ide. Namun, tidak semua desainer grafis stres ketika berhadapan dengan layar komputer.

Justru, beberapa orang akan bisa melepaskan stres ketika mulai membuat desain. Meskipun bentuk dan tujuannya tidak jelas, tapi stres akan berkurang. Sangat sering hal ini menjadi pelampiasan seorang desainer.

  1. Sarana mendapatkan penghasilan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini menjadi seorang desainer grafis adalah pekerjaan menjanjikan. Semua perusahaan, UMKM, dan bisnis membutuhkan desain grafis. Setidaknya adalah untuk memiliki logo usaha sendiri.

Bahkan, seorang desainer grafis bisa mendapatkan penghasilan ratusan juta hanya dari berjualan desain logo. Tentunya hal ini menjadi semangat bagi banyak orang. Terutama bagi yang ingin mendalami peran sebagai desainer.

  1. Media kreatifitas

Percaya atau tidak, membuat sebuah logo atau desain sejenis merupakan bentuk kreatifitas. Meskipun banyak logo sederhana, tapi ternyata itu lebih bermakna. Bahkan, bisa dibilang sebagai kreatifitas yang tidak tertandingi.

Setiap orang yang setiap hari belajar membuat logo pasti akan memiliki banyak ide kreatif. Hal ini sangat penting demi menjaga ketajaman ketika membuat desain yang diminta oleh orang lain.

  1. Media mengembangkan diri

Membuat logo adalah meda mengembangkan diri yang cukup baik. Di sini, setiap orang bisa belajar banyak hal. Salah satunya adalah bagaimana berpikir out of the box.

Cara Membuat Desain Grafis Menarik

Bagi beberapa orang, mungkin sulit sekali membuat sebuah desain grafis. Namun, jika kamu benar-benar ingin membuatnya, ada beberapa hal penting. Dengan begitu membuat sebuah desain komunikasi visual tidak akan sulit.

  1. Memperhatikan komposisi warna

Salah satu yang membuat sebuah desain menarik adalah komposisi warnanya. Ada sebuah rumus untuk memilih warna. Jadi dalam pemilihan warna, seorang desainer tidak menggunakan warna yang saling bertentangan.

Dengan memperhatikan komposisi warna, maka makna dalam desain tersebut lebih terlihat. Fungsi logo sebagai media penyampai emosi juga bisa didapatkan. Jadi kamu harus selalu memperhatikan komposisi warnanya.

  1. Memilih elemen

Elemen adalah bagaimana kamu membentuk desain tersebut. Apakah kamu ingin membuatnya berbentuk bulat, lonjong, atau sejenisnya. Semuanya tergantung dari kreatifitas yang kamu gunakan untuk membentuk desain menarik.

Namun, dalam memilih elemen tidak perlu menggunakan bentuk yang rumit. Saat ini banyak logo yang lebih memilih bentuk minimalis. Jadi, maka di dalamnya bisa tersampaikan lebih mudah.

  1. Memahami orientasi

Setiap desain akan terlihat bagus ketika dibuat dari orientasi atau tujuan. Misalnya, kamu ingin membuat logo untuk perusahaan. Maka sebaiknya hubungkan visi misi perusahaan dengan logo yang kamu buat.

Fungsi logo akan terlihat lebih jelas jika kamu menggunakan metode ini. Hasilnya juga pasti lebih baik. Orang lain juga akan lebih tertarik dengan desain dengan orientasi jelas seperti itu.

  1. Terus belajar

Terus belajar adalah kunci seseorang mahir dalam mendesain sebuah desain komunikasi visual. Terus belajar membuat kombinasi anat elemen, antar warna, hingga antar bentuk. Jadi bisa meningkatkan kreatifitas.

Fungsi Logo Bagi Pemilik Usaha

Bukan hanya bagi sang desainer saja, ternyata fungsi logo juga dirasakan oleh orang lain. Pemilik usaha biasanya memiliki pengertian tersendiri. Namun, umumnya tidak jauh dari tujuan dan target usahanya.

  1. Media branding

Logo menjadi salah satu media branding yang paling efektif. Banyak orang lebih mengenal sebuah perusahaan dari logonya. Hal tersebut karena logo yang dipakai telah melekat dan menjadi identitasnya.

Sebut saja logo Apple yang sangat fenomenal, atau logo Playstation dengan bentuk sederhananya. Semua orang pasti akan dengan mudah mengenali kedua perusahaan tersebut hanya dari sebuah logo saja.

  1. Harapan perusahaan

Tidak jarang beberapa perusahaan menaruh harapan di sebuah simbol perusahaannya. Umumnya, sebuah perusahaan menggunakan bentuk dan warna tersendiri. Penggunaan elemen-elemen tersebut memiliki makna mendalam bagi perusahaan.

Misalnya, bentuk bulat merupakan harapan yang tidak ada habisnya. Elemen berwarna hijau juga merupakan perlambangan dari harapan bahwa perusahaan akan terus tumbuh. Jadi perusahaan akan memiliki motivasi terus berkembang.

  1. Sarana motivasi

Sebuah logo ternyata juga menjadi saranya motivasi bagi orang lain. Biasanya, ada beberapa perusahaan yang mengganti logonya. Tujuannya adalah untuk motivasi baru dalam masa depan perusahaan.

Di sisi lain, beberapa perusahaan juga mempertahankan logonya karena masih dianggap memberikan motivasi. Bahkan, makna dari setiap elemen memberikan harapan dan motivasi untuk menjadi perusahaan besar di masa depan.

  1. Penyampai emosi

Sama seperti sebelumnya, logo memiliki harapan dan motivasi bagi sebuah perusahaan. Artinya, desain grafis ini memiliki emosi tersendiri. Desain grafis tersebut menjadi penyampai emosi yang tepat kepada setiap orang.

Logo Seperti Apa yang Baik?

Muncul pertanyaan, logo seperti apa yang baik? Pada dasarnya, semua desain komunikasi visual sama baiknya. Namun, jika ingin memiliki desain grafis yang tepat maka bisa mengikuti tips berikut.

  1. Minimalis

Salah satu tips untuk membuat desain menarik dan baik adalah minimalis. Logo merupakan sebuah desain yang menyimbolkan karakter, tujuan, emosi, harapan, dan motivasi suatu hal.

Ketika terlalu banyak menggunakan bentuk, fungsi logo yang ingin disampaikan malah tertutup. Orang lebih melihat keunikan logo dari pada pesan dan maknanya. Karakter perusahaan menjadi tidak terlihat.

  1. Sesuai tujuan

Buatlah suatu hal sesuai tujuannya. Ungkapan ini juga berlaku ketika kamu sedang membuat desain komunikasi visual. Buatlah sesuai tujuan tanpa menambah dan mengurangi pesan yang ingin disampaikan.

  1. Tidak terlalu banyak menggunakan kombinasi warna

Ketika terlalu banyak warna yang digunakan, maka akan terlihat aneh. Fungsi logo adalah untuk menunjukkan karakter, harapan, hingga emosi. Jika terlalu banyak warna, hasilnya justru tidak tersampaikan.

  1. Sederhana

Untuk memudahkan orang lain mengingat perusahaan tertentu, maka perlu menggunakan simbol sederhana. Misalnya Facebook dengan huruf “F”, Apple melalui buah apelnya, hingga Google melalui huruf “G” miliknya.

Pada akhirnya, membuat sebuah desain komunikasi visual memiliki banyak hal menarik. Bagi pembuat dan orang lain sama-sama memiliki maknanya sendiri. Setidaknya fungsi logo bisa diterima oleh orang lain.