Mengenal Desain Tipografi Logo untuk Perusahaan Bisnis

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Mengenal Desain Tipografi Logo untuk Perusahaan Bisnis
105

Desain tipografi logo untuk perusahaan bisnis adalah komponen utama dari logo supaya bisa menciptakan pesan bisnis. Tipografi adalah komponen utama dalam ilmu desain.

Sehingga jika penggunaannya bisa digunakan secara maksimal maka hasilnya juga akan bagus seakan-akan logo tersebut memiliki kepribadian tersendiri.

Seorang desainer biasanya menarik pelanggan dengan karya dari desainnya mulai dari pencampuran warna, gambar, garis dan bentuk yang dibuat semenarik mungkin.

Namun tipografi desain ini lebih dari itu dengan menghadirkan warna, nama dari perusahaan, dan dominasi dari huruf-huruf yang dimasukan dalam desain.

Jenis-jenis logo biasanya adalah gabungan dari nama perusahaan yang dimasukan dan dibuat sedemikian rupa dalam sebuah logo. Tetapi logo yang bersifat gambar atau symbol juga tetap akan melibatkan huruf-huruf yang akan dimasukan di dalamnya.

Desainer yang sudah lama bergelut dalam dunia desain menggunakan ilmu desain tipografi logo ini untuk menghadirkan jiwa pada logo tersebut.

Entah itu bersifat kekuatan, kelembutan, humor, dan karakter ke dalam desain logo tersebut supaya bisa mencerminkan maksud dari dari logo yang dibuat.

Jadi sebagian besar dari logo biasanya sudah menggunakan desain tipografi untuk melengkapinya supaya logo tersebut terlihat lebih memiliki arti.

Pada zaman dahulu desain tipografi logo ini hanya dimiliki oleh desainer-desainer professional dan hanya klien yang memiliki modal besarlah yang bisa mendapatkan desain tipografi ini. Namun saat ini desain tipografi sudah tersedia diinternet dengan banyak pilihan dan bisa diakses dengan gratis.

Internet sekarang menyediakan banyak hal termasuk yang berhubungan dengan desain tipografi ini seperti jenis-jenis huruf yang banyak mulai dari yang sering digunakan sampai dengan yang jarang sekalipun.

Tetapi ini semua tidak terlalu mengganggu bagi para desainer professional. Karena dengan banyaknya pilihan juga malah membuat kebingungan saat membuat desain tipografi untuk logo.

Desain Tipografi Biasanya Dibuat Desainer Profesional

Hanya desainer-desainer yang profesional yang bisa menggunakan desain tipografi ini karena mereka sudah mengerti kiat-kiat dalam pembuatan logo menggunakan desain tipografi.

Sehingga bisa menghasilkan logo yang sempurna dan bisa memiliki pesan dari perusahaan bisnis tersebut. Sesuai dari maksud desain tipografi logo bisnis ini adalah untuk membuat logo yang bisa menyampaikan pesan bisnis bagi yang melihatnya.

Sehingga sampai saat ini profesi desainer grafis masih terbilang aman karena masih memiliki kiat-kiat dalam penggunaan desain tipografi. Saking pentingnya desain tipografi ini maka efek yang diberikannyapun cukup besar.

Jika dalam pemilihan tipografi ini benar maka akan menghasilkan karya yang bagus. Namun jika sebaliknya dalam pemilihan desain tipografi logo ini salah maka hasilnyapun malah akan merusak desain yang sudah ada. Atau bahkan bisa sampai gagal.

Seperti yang diketahui jika font ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan bisa mengekspresikan emosi tertentu. Font juga memiliki kepribadian yang harus mencerminkan dari pesan bisnis yang klien inginkan.

Sehingga bisa tersampaikan kepada orang yang melihatnya. Seorang desain grafis harus memiliki kemampuan yang bijaksana dalam menanggapi keinginan orang yang mengorder untuk pembuatan logo.

Penggunaan desain tipografi pada logo haruslah dipertimbangkan sebaik mungkin. Karena akan mewakili pesan yang akan disampaikan perusahaan bisnis.

Pemilihan-pemilihan dalam penggunaan tipografi desain ini haruslah dilakukan seselektif mungkin. Walaupun belum ada aturan-aturan yang ditetapkan terkain tipografi ini.

Karena kebanyakan ini tergantung kepada intuisi dan kepekaan dari desainer terhadap orderan dari orang yang ingin membuat logo perusahaan bisnis tersebut.

Salah satu contohnya adalah dalam penulisan huruf besar kecil saja sangat berpengaruh dan memiliki arti masing-masing. Arti dari huruf besar adalah melambangkan ketegasan yang dimaksudkan untuk menyoroti pesan secara agresif.

Sedangkan penggunaan huruf kecil dimaksudkan untuk mengekspresikan kelembutan dan kedamaian dalam sebuah pesan yang ingin disampaikan. Pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang mudah.

Harus memiliki jam terbang yang tinggi dulu baru bisa memahami tentang tipografi desain logo ini. Jenis-jenis huruf yang ada memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu penggunaannyapun akan berbeda-beda.

Selain dari pemilihan hurufnya yang harus dipilih dengan seselektif mungkin. Namun ternyata desain tipografi ini juga mencakup terhadap penggunaan tanda baca juga.

Seorang desainer logo yang menggunakan desain tipografi logo harus memperhatikan penggunaan titik komanya. Mulai dari letaknya sampai ukuran yang digunakannya. Karena akan mempengaruhi terhadap pesan bisnis yang akan disampaikan.

Contoh kecilnya seperti ketika ada orang yang ingin membuat logo perusahaan bisnis yang beda, maka disarankan untuk memilih huruf yang jarang digunakan. Karena itu melambangkan keunikan.

Sebelum kita tahu tentang penggunaan ilmu desain tipografi logo ini. Seringkali menganggap pemilihan-pemilihan huruf atau penempatan-penempatan tanda baca adalah hal yang sepele.

Padahal itu semua membutuhkan pertimbangan-pertimbangan yang cukup banyak karena akan mengespresikan pesan yang ingin disampaikan perusahaan bisnis.

Cara untuk Memahami Penggunaan Desain Tipografi Logo Perusahaan Bisnis

Sebenarnya jika kita berbicara tentang bagaimana acara supaya bisa menggunakan desain tipografi pada logo perusahan bisnis yang baik dan benar sangat sulit.

Karena tidak ada cara yang pasti untuk memahaminya. Namun ada hal-hal yang bisa mendukung supaya bisa menjadi professional dalam penggunaan desain tipografi pada logo perusahaan bisnis.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mendukung terkait pemahaman dalam penggunaan desain tipografi pada logo perusahaan bisnis adalah dengan terus belajar.

Maksudnya adalah dengan terus belajar karena pemahaman ini bisa didapatkan seiring dengan berjalannya waktu. Dengan bertambahnya pengalaman dan jam terbang maka ini sangat berpengaruh dalam progress pemahaman untuk penggunaan desain tipografi.

Semakin sering kita belajar dan mencoba maka kita akan semakin cepat mengerti bagaimana penggunaan desain tipografi yang baik dan benar.

Karena pada akhirnya yang dilatih itu adalah intuisi kita dalam menentukan pemilihan-pemilihan pada huruf dan segala sesuatu yang berhubungan dengan desain tipografi.

Jika sering dilatih dan sering mencoba maka intuisi kitapun akan mulai terbiasa dan memahami tentang penggunaan desain tipografi yang baik dan benar.

Intuisi yang Terlatih Memberikan Efek Positif

Setelah intuisinya terlatih maka tidak mustahil bisa menjadi desainer professional yang bisa memenuhi keinginan dari pelanggan.

Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh desiner grafis yang baru adalah dalam pemilihan-pemilihan komponen yang terkesan asal-asalan yang penting terlihat menarik saja.

Sehingga banyak dari desainer yang bermunculan dengan mengedepankan gaya tanpa arti atau pesan yang ingin disampaikan. Padahal tidak sesimple itu. Untuk menciptakan logo yang bisa mencerminkan pesan bisnis yang ingin disampaikan oleh pembuat logo.

Menyebabkan pesan-pesan bisnis yang diharapkan jadi tidak tersampaikan. Dan berpengaruh terhadap perusahaan bisnis yang bersangkutan itu.

Diperlukan keahlian yang sangat penting yaitu pemahaman terhadap desain tipografi logo supaya bisa menyampaikan pesan bisnis yang diinginkan. Maka dari itu alangkah baiknya jika ada keinginan untuk menjadi seorang desainer grafis yang professional.

Dianjurkan terlebih dahulu untuk mempelajari dan memahami terkait segala sesuatu yang berhubungan dengan desain grafis.

Namun yang tidak kalah pentingnya lagi adalah seorang desainer grafis harus memahami tentang desain tipografi logo terlebih dahulu supaya bisa memenuhi keinginan dari pelanggan. Mulai dari desain sampai dengan pesan bisnis yang ingin disampaikan.

error: