Mengenal Jasa Desain Logo Profesional Agar Tidak Salah Pilih

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Mengenal Jasa Desain Logo Profesional Agar Tidak Salah Pilih

Penyedia jasa desain logo tentu di era modern seperti sekarang tentu tidak asing lagi di telinga. Ini merupakan sebuah layanan yang sekarang menjadi kebutuhan primer bagi setiap penyelenggara bisnis.

Tanpa adanya logo atau simbol tentu branding dari produk atau perusahaan terkait tidak akan berjalan. Oleh karena itu keberadaan para desainer ini tidak dapat dipandang sebagai profesi sebelah mata.

Memang satu dekade lalu orang yang pekerjaannya membuat desain grafis masih dipandang sepele. Itu karena mindset orang Indonesia memang selalu telat setidaknya dua tahun dari negara maju.

Sekarang mari kita kenali lebih dalam profesi ini agar dapat mengapresiasinya secara pantas. Bagi orang yang membutuhkan jasanya kami juga akan berikan bagaimana cara memilihnya agar dapat memperoleh hasil sesuai ekspektasi.

Apa Itu Jasa Desain Logo

Ini sebenarnya hanya sebatas istilah untuk mempermudah pemahaman masyarakat Indonesia saja. Tidak ada profesi tukang membuat logo di dunia ini, namun yang ada adalah desainer grafis.

Secara garis besar desainer grafis tidak hanya memahami bagaimana cara membuat saja namun juga mengkomunikasikan. Sehingga karyanya tidak hanya sekedar bentuk materiil saja namun memiliki makna imateriil.

Lebih spesifik lagi seorang desainer grafis harus memiliki set of skills yang memang dibutuhkan oleh konsumen. Mulai dari marketing, komunikasi, desain, dan juga dasar psikologi.

Memang bisa saja seseorang belajar secara otodidak dan membuka jasa desain logo. Namun hasilnya jelas berbeda dengan para profesional yang sudah memiliki set of skills dalam pembuatan karyanya.

Ingat dalam membuat sebuah simbol kreator harus mampu mengkomunikasikan subliminal message di dalamnya. Jadi kita dapat menggiring interpretasi orang terhadap sebuah produk melalui media visual.

Agar bisa melakukan hal seperti itu sekedar otodidak tentu akan sulit dan butuh waktu lebih lama mempelajarinya. Sehingga kita memang harus mempercayakan pakar ahli agar hasilnya bisa maksimal.

Tukang foto kopi pinggir jalan biasanya juga menawarkan jasa desain logo seadanya melalui kemampuan otodidak. Kita tetap harus apresiasi kemampuan mereka karena target pasarnya memang orang awam.

Apabila sebuah perusahaan besar jelas tidak akan menggunakan layanan dari tukang foto kopi pinggir jalan meskipun bisa membuat serupa. Pelaku otodidak tersebut tetap tidak akan bisa menciptakan hasil optimal.

Memang bisa saja mereka meniru dari sebuah template atau memenuhi request klien secara spesifik. Namun ketika kita hanya memberikan brief seperti perusahaan besar jelas mereka enggan mengerjakannya karena terlalu sulit atau diluar batas kemampuannya.

Alasan Menggunakan Jasa Desain Logo Profesional

Ada beberapa alasan spesifik yang menjadi fundamental mengapa kita harus menggunakan penyedia layanan profesional. Berikut ini akan kami jelaskan sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum memilih penyedia layanannya.

  1. Mampu merepresentasikan bahasa klien

Salah satu keunggulan dari para desainer profesional adalah mampu merepresentasikan bahasa klien ke dalam bentuk visual. Karena ini memang sudah ada teori tertulisnya dan diajarkan di pendidikan tinggi.

Tidak mungkin seorang klien akan datang dan membawa sketsa atau template untuk dijadikan logonya. Itu jelas tidak bermutu dan dapat mengurangi martabat sebuah perusahaan yang membutuhkan.

Jadi ketika memesan klien memang akan menggunakan bahasa lisan seperti apa tujuan pembuatannya. Pihak jasa desain logo kemudian akan mempresentasikannya dalam bentuk visual.

  1. Hasil lebih komunikatif

Simbol perusahaan atau brand tidak hanya digunakan sebagai penanda bagi pembeli. Namun harus mampu mengkomunikasikan seperti apa premis dari perusahaan atau brand terkait.

Ini adalah hal paling sulit dimana hanya para desainer profesional mampu melakukannya. Lihat saja beberapa simbol dari brand ternama pasti ada subliminal message tersirat dalam desainnya.

Memang secara harfiah kita sebagai manusia tidak akan dapat memprosesnya secara sadar. Namun otak bawah sadar mampu mencerna perpaduan garis dan warna tersebut menjadi sebuah representasi.

  1. Mampu melakukan brand builder

Salah satu hal paling sulit bagi jasa desain logo freelance atau otodidak adalah brand building. Ini merupakan sebuah aspek penting agar nantinya desain tidak hanya sekedar menjadi simbol.

Namun mampu menjadi sebuah brand yang mentranslasikan visi perusahaan menggunakan visual. Jadi memang tidak boleh dianggap sepele bagaimana hasilnya ketika nanti sudah jadi.

Jika sudah mengetahui ketiga alasan tersebut tentu kamu akan berpikir ulang untuk menggunakan layanan biasa saja. Jadi pastikan untuk memilih layanan profesional agar hasilnya lebih optimal.

Kelebihan Jasa Desain Logo Profesional dibandingkan Freelance

Apabila kita membandingkan seorang desainer profesional dengan freelance otodidak tentu berbeda jauh. Berikut ini akan kami jelaskan apa saja keunggulannya sehingga kamu dapat mengetahui perbandingannya.

  1. Mampu menciptakan

Seorang desainer profesional mampu menciptakan dari kekosongan sebuah desain optimal. Jadi tidak bergantung pada template atau sketsa yang sudah disediakan oleh klien.

Berbeda dengan jasa desain logo otodidak yang sering kita temui di pinggir jalan. Mereka hanya bisa meniru atau paling jauh melakukan modifikasi pada bentuk yang sudah ada.

Sehingga tidak ada keunikan pada ciptaannya, bagus iya namun mampu mewakili identitas perusahaan tentu tidak. Jadi pertimbangkan lagi apabila ingin memilih sebuah layanan.

  1. Memiliki kemampuan branding

Sebuah produk baik itu barang atau jasa jelas butuh branding dalam serangkaian aktivitas marketingnya. Jika kita hanya membuat simbol hanya menjadi sebatas gambar maka anak kecil juga bisa.

Kemampuan branding itu sulit dan butuh set of skills yang memang mendukung aktivitas tersebut. Jadi nanti hasil pembuatan logonya memang tidak sembarangan dan memberikan hasil optimal.

Tidak hanya terlihat bagus dari aspek visual namun juga mampu mendukung kegiatan marketing campaign sebuah brand. Sehingga orang melihat desainnya bisa langsung tertarik untuk menggunakan.

  1. Hasil karyanya unik

Keunikan dari sebuah karya adalah sebuah kunci penting dari aktivitas branding produk. Jadi ketika kita menggunakan jasa desain logo profesional pasti hasilnya nanti akan berbeda dengan lainnya.

Tidak hanya sebagai pembeda namun juga mampu menciptakan identitas tersendiri di mata konsumen. Itu adalah hal penting dan sulit dicapai oleh seseorang yang hanya belajar secara otodidak.

Ketiga kelebihan tersebut jelas dapat menjadi pembanding apabila hendak menggunakan sebuah layanan. Jadi kamu memang tidak boleh sembarangan dalam menentukan opsi apabila ingin hasilnya terbaik.

Cara Menentukan Kredibilitas Jasa Desain Logo

Apabila sudah memutuskan untuk menggunakan jasa profesional kami akan beritahu bagaimana memilihnya. Berikut ini adalah tips menentukan apakah penyedia layanan tersebut profesional, kredibel, dan berintegritas atau tidak.

  1. Cek portofolio

Langkah paling cerdas untuk melihat penyedia layanannya profesional atau tidak adalah dengan melihat portofolio. Cek siapa saja yang pernah menggunakannya sebelumnya agar lebih yakin.

Jika banyak brand atau perusahaan besar menggunakan jelas itu bisa dijadikan sebagai salah satu opsi tepat. Ini bisa menentukan kesesuaian dengan ekspektasi ketika sudah menggunakan jasanya.

  1. Lihat sampel

Biasanya seorang penyedia profesional akan menyediakan sampel sebagai referensi. Sampel tersebut tentu saja hanya merepresentasikan separuh kemampuan mereka dalam berkarya.

Kita bisa lihat seperti apa hasil yang pernah mereka buat juga sebagai referensi. Sehingga sebelum menggunakan tidak masalah mencari informasi dulu secara lebih mendalam.

  1. Cek di media sosial

Sekarang desainer profesional mayoritas sudah memiliki sosial media sebagai platform promosinya. Lihat saja di platform tersebut seperti apa job, sampling, dan juga karyanya.

Kita bahkan bisa langsung berkomunikasi melalui pesan di media sosial untuk mencari tahu lebih dalam. Dengan menghubungi secara langsung akan memperjelas apakah cocok digunakan atau tidak.

Dengan mengetahui semua informasi penting tadi tentu sekarang kamu mampu mengerti dan memilih sendiri. Jika ingin menggunakan jasa desain logo pastikan hanya menggunakan profesional agar hasil sesuai ekspektasi.