Mengenal Pentingnya Desain Papan Reklame di Pinggir Jalan

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Mengenal Pentingnya Desain Papan Reklame di Pinggir Jalan

Pernahkah kamu melihat desain papan reklame saat berkendara di jalanan kota? Mungkin beberapa orang menilai bahwa reklame tersebut hanya sebagai penghias kota. Padahal, tujuan utamanya adalah untuk hal lain.

Rasanya, papan reklame bukan hanya hadir di jalanan kota besar saja. Terkadang juga bisa menemuinya di pedesaan atau jalanan pegunungan. Melihat hal tersebut, tentu ini bukan hanya sebagai penghias, bukan?

Faktanya, ada banyak alasan mengapa papan-papan ini dipasang di pinggir jalan. Terkadang bahkan dipasang di bawah jembatan penyebrangan. Ternyata, memang ada fungsi lain yang kamu harus pahami.

Oleh sebab itu, kamu harus memahami bagaimana pentingnya desain reklame yang dipasang. Kamu akan mengetahui apa manfaatnya hingga pemasangannya gratis atau tidak. Jadi, kamu tidak akan salah sangka lagi.

Apa Tujuan Desain Papan Reklame?

Sebenarnya, ada banyak tujuan seseorang memasang sebuah papan reklame. Biasanya, tujuan utamanya adalah promosi, iklan, hingga branding. Cara ini dilakukan untuk menarik perhatian para pengguna jalan yang lewat.

  1. Perkenalan produk baru

Jika papan reklame dipakai untuk media marketing, biasanya tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk baru. Selain media online, media offline juga sering dipakai. Tentu hasilnya juga akan lebih maksimal.

  1. Penjelasan singkat produk

Tidak jarang ada produk yang belum dimengerti oleh orang lain. Untuk itulah fungsi desain reklame dipakai untuk memberikan penjelasan singkat. Misalnya, informasi singkat seputar sebuah sekolah saat tahun ajaran baru.

  1. Memperluas target pasar

Meskipun saat ini media online menjadi alternatif meningkatkan pasar, tapi masih banyak orang lebih memiliki papan ini. Alasannya karena target pasar bisa diperluas tanpa menambah biaya pemasaran.

  1. Meningkatkan penjualan

Ketika target pasar sudah diperluas, maka harapannya adalah target penjualan juga meningkat. Hal inilah tujuan utama ketika sebuah perusahaan melakukan iklan. Desain papan akan membantu mencapai target tersebut.

  1. Edukasi kepada calon konsumen

Ketika ada produk baru keluar, tidak semua orang bisa mengerti apa manfaatnya. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah edukasi untuk memberikan informasi pada masyarakat. Disinilah pentingnya desain papan reklame.

  1. Menjalin Hubungan Baik dengan Orang Lain

Iklan yang baik akan memberikan reputasi baik juga terhadap pemilik iklan. Selain itu, pemilik iklan juga bisa menjaga hubungan baik dengan penyedia papan. Hubungan baik kemudian akan tetap terjalin.

  1. Membuka Lowongan Pekerjaan

Tidak jarang juga desain papan yang ada di pinggir jalan memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan. Meskipun saat ini sudah banyak lowongan pekerjaan lewat media online, reklame masih diminati.

Langkah-Langkah Mengurus Izin Desain Papan Reklame

Ada banyak sekali papan besar yang disediakan di pinggir jalan. Namun, papan iklan tersebut tidak bisa asal dipakai. Ada aturan yang perlu ditaati ketika kamu ingin memasang sebuah iklan.

  1. Mengajukan permohonan

Jika ingin memasang sebuah desain iklan, maka perlu mengajukan surat permohonan terlebih dahulu. Surat permohonan biasanya ditujukan kepada gubernur dan akan ditandatangani oleh Dispenda setempat.

  1. Memenuhi persyaratan administrasi

Selain surat permohonan, dibutuhkan kelengkapan administrasi lain. Beberapa berkas yang dibutuhkan adalah fc tata letak, fc IMB, hingga IPTB. Semuanya harus lengkap sehingga bisa mendapatkan persetujuan dari pemerintah setempat.

Tanpa kelengkapan berkas administrasi tersebut, izin tidak akan diberikan. Apalagi jika memaksakan, maka bisa jadi kamu akan di blacklist. Oleh sebab itu, berkas administrasi menjadi awal yang harus diperhatikan.

  1. Identitas pemohon

Identitas pemohon juga perlu disertakan demi melengkapi berkas tersebut. Setidaknya, ada 3 jenis identitas diri yang perlu kamu bawa. Dimulai dari KTP, KK, dan NPWP.

  1. Surat pernyataan

Membuat papan reklame memang sangat berpengaruh pada tata letak dan keindahan kota. Untuk itulah surat pernyataan tidak mengubah bentuk dan tempat sangat diperlukan. Surat ini harus ditandatangani di atas materai.

  1. Proposal

Proposal teknis menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Isi proposal sendiri sangat beragam, tergantung tujuan yang ingin dicapai. Misalnya saja adalah untuk menyediakan ruang branding bagi banyak pihak.

  1. Jenis

Ada beberapa jenis papan reklame mulai dari individu atau perorangan hingga badan hukum. Umumnya persyaratan tidak jauh berbeda. Namun, untuk badan hukum umumnya harus membayar biaya nilai strategis.

Biaya Memasang Desain Papan Reklame

Meskipun banyak disediakan, tapi ternyata untuk memasangnya juga tidak gratis. Setiap jenis iklan memiliki biaya sendiri dan umumnya ditentukan oleh kesepakatan. Oleh sebab itulah harganya tidak bisa disamakan.

  1. Billboard

Umumnya, harga setiap biaya pemasangan tergantung dari kebijakan kota tersebut. Bahkan, untuk jenis yang sama biasanya masih memiliki harga berbeda. Salah satunya karena faktor nilai strategis dari tempat billboard tersebut.

Namun, umumnya untuk billboard memiliki biaya sekitar Rp. 300 ribuan/m2 setiap tahun. Harganya bisa bertambah sesuai jenis billboard tersebut. Misalnya billboar tanam atau billboard tempel yang tidak disinari lampu.

  1. Neon box

Jenis neon box sendiri memiliki harga yang relatif lebih mahal dari pada billboard. Hal ini karena fasilitas dalam papan reklame tersebut lebih banyak. Nilai strategisnya juga lebih tinggi.

Umumnya, harga untuk setiap meter persegi selama setahun di atas Rp 300 ribuan. Bahkan, di beberapa kota memasang harga hingga Rp 400 ribuan setiap meter persegi untuk setiap tahun.

  1. Kendaraan

Papan reklame untuk biaya iklan kendaraan umumnya jauh lebih mahal dari semua jenis. Desain papan reklame yang kamu pasang biasanya akan dikenakan biaya hingga jutaan rupiah setiap tahun.

Rata-rata, harga paling murah sudah mencapai sekitar Rp 1,5 juta/m2 untuk satu tahun. Ada juga papan yang mematok harga hingga Rp 1,7 juta/m2 setiap tahun.

  1. Baliho

Ini merupakan jenis papan reklame yang memiliki biaya pemasangan paling rendah. Biasanya, ini dipakai untuk promosi event tertentu. Biaya pemasangan iklannya sebesar Rp 100.000/m2 sebulan.

Beberapa Jenis Desain Papan Reklame

Ada banyak sekali jenis papan reklame yang bisa kamu jumpai. Umumnya, setiap jenis memiliki fungsi yang hampir sama. Namun, biasanya memberikan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  1. Branding mobil

Jenis yang pertama adalah branding mobil dengan memiliki ciri uniknya sendiri. Seperti namanya, mobil dijadikan sebagai media advertising yang sangat efektif. Hal ini karena bisa dilihat oleh masyarakat luas.

  1. Billboard

Ini merupakan jenis yang memiliki ukuran sangat besar. Biasanya, billboard terpasang di persimpangan jalan besar. Tujuannya adalah untuk menarik banyak perhatian dari para pengguna jalan.

  1. Huruf timbul

Ada juga jenis yang cukup unik karena menggunakan sentuhan artistik tinggi. Umumnya, reklame dengan huruf timbul banyak dipakai oleh pengusaha besar. Biasanya huruf-huruf tersebut menggunakan campuran bahan khusus.

  1. Neon box

Neon box menjadi salah satu desain papan reklame yang cukup banyak dijumpai. Jenis satu ini sering dipakai oleh perusahaan besar seperti Starbucks, J.CO hingga KFC.

  1. Pylon sign

Terakhir ada pylon sign yang ternyata juga cukup populer. Mungkin, pylon sign merupakan jenis reklame yang sering kamu lihat di jalan. Biasanya, pylon sign sering dipakai sebagai penanda tertentu.

Karena media iklan ini masih sangat populer, papan reklame terus dipakai hingga sekarang. Bahkan, beberapa inovasi telah ditambahkan. Itulah mengapa desain papan reklame tidak pernah ada habisnya.