Origami Logo Design, Trend Terbaru untuk Perusahaan

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Origami Logo Design, Trend Terbaru untuk Perusahaan

Mendengar kata origami pasti tidak asing lagi, lantas bagaimana dengan origami logo design apakah sudah mengetahuinya? Origami merupakan seni melipat kertas yang berasal dari Jepang kemudian berkembang ke berbagai negara.

Sampai saat ini hampir seluruh negara di belahan dunia mempelajari seni melipat kertas termasuk di dunia pendidikan. Kertas dengan lebar bervariasi dan ukurannya sangat tipis dibentuk untuk menjadi bentuk tertentu.

Bukan menjadi sebuah gambar namun menjadi bentuk seperti hewan, bunga, bangun ruang dan banyak lainnya. Seni melipat kertas ini tidak hanya menarik untuk anak-anak saja namun bisa dilakukan oleh berbagai usia. Karena dengan membuat seni ini terkadang menjadi hiburan tersendiri dan sangat menarik.

Seiring perkembangan jaman ternyata origami menjadi inspirasi untuk digunakan sebagai model logo. Hal ini membuat desain logo semakin berkembang dan bervariasi sehingga memberi banyak pilihan untuk perusahaan.

Ketika dijadikan sebagai origami logo design dalam bentuk gambar yang terlihat sangat nyata. Dibutuhkan kemampuan khusus dalam membuat desainnya karena memang lebih rumit dan detail dibandingkan model lain.

Asal Usul Origami dan Perkembangannya

Sudah dijelaskan kalau origami adalah seni melipat kertas yang pada awalnya merupakan sebuah permainan tradisional. Berasal dari Jepang dimana seni ini dilakukan sejak jaman dahulu dan terus berkembang sampai sekarang.

Dibutuhkan kreatifitas dalam membuat sebuah bentuk dari selembar kertas tipis dan tidak terlalu lebar. Tidak mudah memang namun jika kamu berhasil maka akan ada kepuasan tersendiri.

Munculnya seni lipat satu ini dimulai dengan adanya penemuan kertas di Tiongkok pada abad pertama sekitar tahun 105. Penemuan tersebut oleh orang asli Tiongkok yang bernama Ts’ai Lun dan inilah awal mula seni melipat kertas dimulai.

Pada tahun 741 Masehi masuklah tradisi melipat kertas yang bermula dari kebiasaan orang-orang Jepang. Pada tahun tersebut masyarakat Jepang sering membuat tutup sake dari kertas yang sengaja dilipat khusus.

Sebagai seni sederhana dengan bahan yang mudah didapatkan akhirnya masyarakat tertarik mempelajarinya. Apalagi bentuknya bisa dikembangkan membuat imajinasi dan kreativitas semakin tidak terbatas.

Tidak heran jika orang-orang Jepang memiliki tingkat kreativitas lebih tinggi dan sangat semangat belajar hal baru. Dengan latihan kecil melipat kertas ternyata memang membuat kreativitas seseorang menjadi meningkat.

Seiring dengan perkembangan teknologi membuat ide-ide semakin luas untuk dibuat dalam bentuk digital. Salah satunya origami logo design yang ternyata memiliki daya tarik tersendiri sehingga saat ini banyak digunakan.

Logo dengan Bentuk Origami Semakin Populer

Sejarah panjang dari seni melipat kertas ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi para desainer logo. Menghadirkan gaya baru membuat origami logo banyak diminati oleh banyak perusahaan besar di Indonesia.

Logo dengan desain ini memiliki ciri khas dan karakteristik berbeda dibandingkan dengan logo-logo yang sudah ada. Hal ini memberikan angin segar agar perusahaan kamu menjadi lebih unik, berbeda dan penuh makna.

Perlu dipahami tingkat pembuatan logonya tidak mudah karena memberikan kesan gradasi atau 3 dimensi. Origami logo design penuh makna dan sangat berkelas sehingga menjadi sangat direkomendasikan.

Logo dengan bentuk origami dibuat bukan memakai kertas namun dengan menggunakan desain grafis. Setiap lipatan digambar detail sehingga kesannya seperti nyata dan sangat mirip dengan aslinya.

Contoh sederhana dari origami logo design ketika membuat bentuk burung bukan langsung menggambar burung. Namun membuat bentuk desain origami burung lengkap dengan lipatan pada bagian tengah kemudian ada sentuhan gradasi.

Pada tahun 2009 – 2010 desain seperti ini sangat populer namun kemudian muncul trend baru lagi. Saat ini kembali trend namun dengan desain lebih modern dan detail dibandingkan dengan beberapa tahun lalu.

Origami terbentuk dari lipatan kecil yang sangat rumit untuk menghasilkan sebuah bentuk sempurna. Dapat dibayangkan ketika dibuat menjadi sebuah logo maka tingkat kerumitannya jauh lebih tinggi dibandingkan model lain.

Namun karena kerumitannya itulah menghasilkan sebuah keindahan yang sangat sederhana namun bermakna. Inilah yang diharapkan ketika membuat sebuah logo agar lebih bermakna dan bukan sekedar simbol saja.

Karakteristik Origami Logo Design Dibagi 3 Golongan

Perlu diketahui origami logo memiliki karakteristik sendiri yang membuatnya unik dan berbeda. Sebagai seorang desainer harus memahami karakteristik ini sebagai ilmu dasar dalam proses pembuatan logonya. Karakteristik ini bukan diambil dari keseluruhan hasil namun dari bagian-bagian pembentuk desainnya.

  1. Segitiga

Bentuk segitiga memiliki kesan dinamis yang dapat dihubungkan dengan berbagai bentuk umum. Seperti contohnya pada bendera, panah, piramid, pointer serta berbagai bentuk umum lainnya.

  1. Segi empat

Bentuk segi empat atau lebih mudah dikenal dengan sebutan kotak memiliki arti kesatuan yang kuat. Hal ini dapat diperhatikan dari bentuk kota yang saling terhubung kuat antar sisinya. Karakteristik ini bisa dimanfaatkan sebagai filosofi origami logo design itu sendiri dan disesuaikan dengan visi perusahaan.

  1. Lingkaran

Bentuk lingkaran memberikan kesan tanpa batas serta adanya perlindungan tanpa celah. Tidak ada sisi yang terbuka dari lingkaran sehingga memberikan perlindungan sempurna.

Desainer ketika menggunakan tema origami harus memahami bentuk-bentuk dasar tersebut. Pada proses pembuatan origami logo design dimulai dengan bentuk dua dimensi kemudian menjadi tiga dimensi.

Dengan memanfaatkan blok warna, gradasi serta bayangan untuk memberikan kesan lipatan yang jelas. Kerumitan inilah yang membuat hasil dari desain ini sangat berkelas dan terkesan profesional.

Jangan heran jika proses pengerjaan logo ini membutuhkan waktu lebih lama dan harus lebih detail. Jika desainer tidak memperhatikan setiap bagian dengan detail maka kesan 3 dimensi tersebut tidak akan nampak.

Bentuk Origami yang Paling Sering Digunakan

Dari banyaknya origami logo design yang ada sebenarnya bentuk origami paling sering dipakai ada 3. Kamu bisa mengelompokkan 3 bentuk tersebut dengan memahami apa saja bentuk-bentuk yang dimaksud.

  1. Figur mahkluk hidup dan benda

Mungkin kamu paling sering menemui bentuk dengan figur mahkluk hidup dan juga benda sekitar. Contohnya hewan paling sering adalah burung namun masih ada lagi seperti unta, kambing, badak, kuda nil, angsa dan banyak lainnya.

Tidak hanya hewan namun juga desain bentuk bunga mawar, matahari, lily dan lainnya. Sedangkan bentuk benda juga sangat unik seperti perahu, pesawat dan sebagainya.

  1. Letterforms

Bentuk origami logo design kedua ini adalah tulisan atau font yang dibuat seperti bentuk origami. Biasanya hanya memakai 1 huruf saja misalnya K, G, F, H dan lainnya sebagai simbol nama perusahaan.

Bentuk ini sangat simpel namun elegan dengan sentuhan detail lipatan dan gradasinya. Pemilihan warna juga sangat penting meskipun terdiri dari satu huruf saja sudah sangat bagus.

  1. Abstrak

Bentuk abstrak juga sangat diminati sebagai logo untuk memberikan simbol bagi perusahaan. Pemilihan bentuk abstrak bisa disesuaikan dengan filosofi perusahaan sehingga sesuai untuk branding.

Seni melipat kertas menjadi bentuk tertentu ketika dijadikan logo dengan memanfaatkan teknologi menjadi sangat menarik. Tidak heran jika origami logo design banyak diminati dan trend saat ini.