Pengaruh Desain Logo Perusahaan Terhadap Citra Perusahaan

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Pengaruh Desain Logo Perusahaan Terhadap Citra Perusahaan
83

Banyak orang tidak sadar bahwa pengaruh desain logo perusahaan terhadap citra perusahaan itu sangat besar. Mungkin hal ini terdengar sedikit mustahil bagi orang awam, namun faktanya memang demikian.

Sebuah logo tidak hanya menjadi simbol atau penanda dari sebuah entitas yang kebetulan berdiri. Namun ini dapat menjadi sebuah simbol lebih dalam mulai dari citra, representasi, dan juga haluan fundamental mereka.

Di sini kami akan mengupas semuanya sehingga kamu tidak perlu bingung lagi terkait aspek seperti itu. Akan kami jelaskan secara detail seperti apa pengaruhnya jadi kamu bisa memahami secara logis.

Desain Logo Perusahaan sebagai Citra yang Ditunjukkan

Apabila kamu membuatnya secara tepat dan bukan sembarangan ketiga aspek tersebut jelas akan terwakili. Jadi mari kamu bersama mempelajari seperti apa sebenarnya dampak dari simbol pada citra entitasnya.

Apakah itu hanya menjadi sebuah simbol prestige saja ketika merepresentasikan entitasnya di muka umum. Atau ternyata memang dapat menjadi sebuah fundamental sehingga entitasnya mampu bergerak sesuai haluan.

Pada dasarnya simbol adalah sebuah wajah yang dibuat entitas untuk merepresentasikan seperti apa kepribadian mereka. Apabila kamu membuatnya secara serius tentu saja citra ini sangat penting untuk diperhitungkan.

Ada banyak aspek yang dapat kamu gunakan untuk mengupas desain logo perusahaan berdampak pada citranya. Namun kami ambil satu saja yang paling mudah dipahami yaitu aspek visualisasi.

Pada saat logonya diperhatikan jelas akan memberikan sebuah kesan tersendiri bagi para pemirsa. Masing-masing individu yang melihat tentu dapat mengartikannya sendiri dengan perspektif mereka.

Di sini aspek visual memainkan peran psikologis untuk menggiring seperti apa opini dari orang yang melihat logonya. Jadi dampak psikologis ini memang akan sangat dalam ketika kamu implementasikan secara subliminal.

Lalu bagaimana membuatnya dapat memberikan dampak signifikan seperti itu ada berbagai cara. Kamu bisa memainkan warna, garis, corak, dan juga font yang digunakan dalam desain logo perusahaan tersebut.

Sehingga aspek visual ini memang harus dibuat sedemikian rupa agar nantinya mampu memberikan impact secara maksimal. Kamu bisa melihat beberapa brand besar seperti Wendys, , sampai Burger King.

Logo MCD perusahaan besar tersebut selalu berteriak bahwa itu adalah tempat mencari makanan untuk keluarga. Hal seperti ini bisa kamu rasakan secara bawah sadar karena permainan warna, corak, dan font.

Apabila kamu bisa memperhitungkan seperti apa dampaknya tentu saja dalam jangka panjang bisa dijadikan sebagai investasi. Jadi dengan sebuah logo citra perusahaannya dapat langsung dipancarkan pada para calon konsumen.

Namun perlu diingat bahwa citra perusahaannya itu tidak selamanya harus berkaitan dengan branding. Kamu lihat di Indonesia misalnya apakah wings merepresentasikan penjual makanan tentu saja tidak dan itu berbeda dengan branding masing-masing produknya.

Desain Logo Perusahaan sebagai Representasi

Logo sebagai representasi ini akan lebih banyak kamu temui di Indonesia karena memiliki filosofi mendalam. Di Indonesia pembuatan logo yang filosofis memang lebih banyak digemari perusahaan besar.

Kamu bisa melihat salah satu contohnya adalah pos Indonesia, bagaimana kamu merepresentasikan logonya. Dalam logonya terdapat dua hal unik yaitu burung dan globe, keduanya tentu memiliki sebuah filosofi.

Apabila kamu merepresentasikan secara buta dari desain logo perusahaan tersebut biasanya seperti ini. Sebuah entitas yang mampu bergerak cepat dalam memberikan layanan tanpa perlu memandang di mana lokasi kliennya.

Itu adalah representasi paling dasar yang dapat dilakukan oleh seorang manusia tanpa tahu apa makna sebenarnya. Dari segi subliminal hal tersebut tentu saja masuk akal sehingga mampu menjadi representasinya pos Indonesia.

Namun apakah pemaknaan filosofi tersebut memang benar, tentu saja tidak silahkan lihat sendiri artinya. Bukan itu dari inti pembahasan ini, namun sebuah simbol harus mampu merepresentasikan kebaikan dari perusahaannya.

Seperti percobaan kami tadi dalam mengartikan secara filosofis apa itu makna simbol dari pos Indonesia. Inilah manfaat dari desain logo perusahaan jika dibuat dengan perhitungan akurat dan maksimal.

Orang awam yang melihatnya akan mengartikan simbol tersebut sebagai hal baik dan menjadi representatif dari entitasnya. Kamu tidak perlu khawatir akan ada orang mengartikan secara miring terkait simbolnya.

Pada dasarnya manusia akan mudah mengira sesuatu yang pretentious dan cenderung lebih bagus. Sehingga jika logonya dibuat secara baik maka dapat menjadi kunci citra dan representatif dari entitasnya.

Desain Logo Perusahaan sebagai Fundamental

Tidak hanya dari sudut pandang eksternal saja, ternyata simbol juga dapat dijadikan fundamental internal perusahaannya. Sebagai contoh kamu dapat menjadikannya sebagai haluan etika kerja karyawan.

Salah satu contoh desain logo perusahaan yang dapat kamu gunakan adalah pos Indonesia. Dari logo tersebut mencerminkan seperti apa etos kerja mereka mengantarkan paket dengan cepat tidak peduli seberapa jauh jaraknya.

Itu adalah maksud dari menjadikannya fundamental bagi perusahaan agar mampu bergerak maju. Dalam dunia bisnis hal seperti ini tentu saja sangat penting karena kamu bisa mendapatkan motivasi lebih dalam.

Bagaimana karyawan internal merepresentasikan logonya juga akan jadi faktor krusial mencerminkan seperti identitas perusahaannya. Langkah seperti itu tentu saja sangat krusial sehingga membutuhkan perhitungan jeli.

Ada lagi contoh paling sederhana namun to the point yaitu krakatau steel. Ini adalah salah satu perusahaan besar dalam negeri yang simbolnya cukup simpel sehingga orang langsung bisa mengartikannya secara muda.

Jika kamu lihat logonya akan langsung terlihat bahwa perusahaannya kuat dari berbagai sisi. Memang ini adalah aspek paling mudah kamu temukan apabila menggunakan sebuah simbol cukup sederhana.

Jadi dalam membuat desain logo perusahaan kamu harus memperhatikan akan digunakan apa logonya nanti. Apakah sebagai citra kemudian melakukan branding bagi perusahaannya sehingga mendapat empati dari konsumen.

Menjadikannya representasi sehingga memperoleh pengakuan dari masyarakat luas. Atau ternyata ingin memotivasi dari dalam sehingga performa kerja para karyawan menjadi lebih efektif dan efisien.

Semua itu tentu saja tergantung pada kebutuhan, keinginan, dan selera dari kamu sebagai penciptanya. Silahkan pikirkan sendiri seperti apa filosofi paling tepat sehingga mampu membangun citra kuat.

Elemen Desain yang Menjadi Kunci

Ada banyak sebenarnya elemen kunci dalam desain logo perusahaan yang dapat kamu jadikan sebagai acuan. Namun secara garis besar ada tiga aspek utama, berikut ini akan kami jelaskan sehingga dapat kamu jadikan acuan.

1. Garis

Penggunaan corak garis dan bagaimana membentuk garisnya dalam simbol adalah hal krusial. Garis tegak dapat melambangkan kekuatan dan konsistensi dari sebuah entitas.

Kemudian garis lengkung dapat merepresentasikan dinamisme dan adaptability dari entitasnya. Kamu tentu dapat memanfaatkannya untuk membuat hasil lebih optimal pada simbolnya.

2. Warna

Teori warna ini ada banyak sekali sehingga lebih baik kamu membaca literasi lebih lengkap. Di sini kami hanya ingin menyampaikan bahwa setiap warna memiliki arti dan filosofi berbeda.

Jadi pastikan dalam pembuatan logonya nanti menggunakan warna paling cocok agar sesuai dengan fundamental perusahaannya. Jangan sampai sembarang atau asal bagus saja dalam menentukan warnanya.

3. Font

Font ini juga memiliki dampak besar karena font sendiri jelas terbentuk dari beberapa garis. Kembali lagi dari teori corak tadi setiap garis dapat memberikan arti berbeda secara filosofis.

Gunakan font yang dapat melambangkan seperti apa identitas perusahaannya di dunia. Ini akan berfungsi menjelaskan tanpa harus berkata seperti apa performa perusahaannya.

Dengan menggunakan pemahaman tadi tentu sekarang kamu sudah tahu bahwa dampaknya memang krusial. Jangan anggap remeh desain logo perusahaan karena menjadi aspek krusial jangka panjang.