Penggunaan Warna Hitam pada Logo dan Karakteristiknya

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Penggunaan Warna Hitam pada Logo dan Karakteristiknya
133

Warna hitam pada logo memberikan dampak yang sangat besar terhadap makna dari logo itu sendiri. Saat ini ada banyak sekali brand besar yang lebih memilih penggunaan warna hitam di logo mereka. Tentu saja ada tujuan besar dibalik penerapan atau penggunaan warna hitam ini.

Salah satu tujuan yang paling terlihat tentu saja untuk menjaring konsumen sebanyak mungkin. Logo memang memberikan dampak besar terhadap branding sebuah produk atau perusahaan. Jika kamu berencana untuk membuat logo dengan dominasi warna hitam, penting sekali untuk memahami makna dibalik warna hitam itu sendiri.

Jangan membuat logo dengan sembarangan karena penggunaan logo ini akan berdampak besar terhadap kecintaan pada konsumen terhadap produk atau perusahaan kamu. Mari kamu sedikit mengulas tentang makna atau tujuan warna hitam terhadap logo.

Sebelum kamu melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai makna warna hitam pada desain logo, jauh lebih penting bagi kamu untuk mengenal karakteristik warna hitam itu sendiri terlebih dahulu.

Apa sebenarnya karakter paling kuat yang dimiliki oleh warna satu ini? Kamu semua tahu kalau warna hitam merupakan salah satu warna dengan karakter yang sangat kuat. Penggunaan warna satu ini sering kali bertujuan untuk memperlihatkan kekuasaan atau misteri.

Ketika kamu bicara warna hitam di dalam dunia desain grafis, kekuatan dari warna satu ini memang sangat besar. Tentunya para desainer profesional memahami keunggulan tersebut dengan sangat baik.

Pemahaman ini kemudian memungkinkan mereka untuk menempatkan penggunaan warna hitam dengan sangat strategis. Tujuannya agar mereka yang melihat logo bisa mendapatkan pesan merek secara detail.

Di sisi lain, kemampuan analisis tersebut juga bisa membangkitkan sisi emosional khusus dari para konsumen yang melihatnya. Di dalam dunia desain logo, garis kecil sedikitpun memiliki makna yang mendalam.

Tentunya teori ini juga wajib diterapkan ketika kamu akan menggunakan warna hitam untuk logo apapun. Tentunya dengan mengacu pada metodologi perancangan logo yang umum digunakan oleh para desainer di era modern ini.

Seperti sudah pernah kamu bahas sebelumnya, setiap desain pasti memiliki tujuan. Tujuan ini kemudian merasa ke dalam setiap unsur yang ada pada logo itu sendiri. Dari mulai bentuk, garis, font, hingga warna. Lantas apa sebenarnya tujuan dari penggunaan warna hitam?

Warna hitam memberikan karakter yang begitu kuat terhadap logo itu sendiri. Karakteristik ini tentu sama kuatnya dengan tujuan yang dimiliki oleh perancang logo tersebut. Di sini kami sudah merangkum beberapa tujuan penggunaan warna hitam pada logo yang jarang orang sadari.

1. Memberikan pesan yang kuat kepada konsumen

Tujuan utama dari penggunaan warna hitam di desain logo adalah memberikan pesan yang kuat pada konsumen. Beberapa kali kami katakan warna hitam ini memiliki karakteristik yang kuat. Ketika wadah tersebut diterapkan pada sebuah logo, maka karakter kuatnya akan ikut menempel.

Kondisi ini kemudian dimaksimalkan dengan penggunaan garis atau bentuk yang sesuai dengan warna hitam itu sendiri. Kombinasi antara bentuk atau garis dengan warna hitam akan memberikan ketegasan yang sangat tinggi.

2. Meningkatkan emosi konsumen

Setiap kali konsumen melihat warna hitam pada logo mereka akan merasakan ketegasan di dalam makna logo tersebut. Secara tidak langsung hal ini bisa mendongkrak sisi emosional dari konsumen yang melihatnya.

Berdasarkan riset manusia lebih mudah untuk menerima bentuk atau berupa yang memiliki ketegasan. Ketika sebuah logo dilengkapi dengan warna hitam, ketegasan tersebut akan semakin muncul. Sisi emosional manusia akan menyerapnya dengan cepat dan menyimpannya di ingatan masing-masing.

3. Brand Awareness

Ketika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama penggunaan warna hitam pada logo akan mendongkrak brand awareness daripada konsumen. Kondisi ini kemudian memudahkan pemilik Plan untuk memasarkan produk-produk mereka.

Ketika brand awareness sudah meningkat, target penjualan bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa melakukan penjualan di manapun dengan platform apapun. Kondisi seperti ini tentu akan mendongkrak profit perusahaan secara signifikan.

4. Meningkatkan prestisius merek atau perusahaan

Percaya atau tidak penggunaan warna hitam pada logo mampu meningkatkan prestisius dari sebuah merek atau perusahaan. Hal inilah yang kemudian membuat brand yang didominasi warna hitam senantiasa diminati oleh kalangan menengah ke atas.

Seringkali orang membeli produk bukan hanya karena kebutuhan saja. Mereka juga bisa melakukan pembelian karena kebutuhan untuk meningkatkan taraf sosial di mata masyarakat. Pemilihan warna hitam pada desain logo merupakan salah satu metode yang tepat untuk mewujudkannya.

5. Menyesuaikan dengan target audience

Selain beberapa poin yang sudah kami jelaskan di atas, ternyata masih ada tujuan lain dari penggunaan warna hitam pada logo. Tujuan tersebut adalah menyesuaikan dengan target audiens yang ada.

Setiap produk pasti didesain sesuai dengan kebutuhan dari para konsumen. Target konsumen ini kamu kenal dengan nama target audiens. Ketika kamu akan meluncurkan produk apapun, pemahaman mengenai target audiens ini merupakan sebuah keharusan.

Dengan pemilihan target audiens yang tepat, produk bisa terjual dengan lebih mudah di pasaran. Salah satu metode untuk menjangkau target audiens tersebut adalah dengan memilih warna yang tepat. Lantas siapa target audiens yang dimiliki oleh warna hitam?

6. Sisi estetika yang baik 

Di sisi lain, penggunaan warna hitam pada logo juga memberikan sisi estetika yang baik. Jadi pada dasarnya, penggunaan warna hitam ini bisa membuat logo terlihat jauh lebih cantik dan elegan jika dibandingkan dengan warna lain.

Tapi seperti sudah kamu jelaskan sebelumnya, sisi estetika ini tentu juga dilihat dari sudut pandang target audiens masing-masing. Berbeda target konsumennya, maka akan berbeda juga penilaian mereka terhadap warna logo tersebut.

Pada poin sebelumnya, kamu sudah mengulas siapa saja target audiens yang dimiliki oleh warna hitam. Setelah kami rangkum dari sumber yang terpercaya, ternyata target audiens dari penggunaan warna satu ini adalah mereka yang berasal dari kalangan menengah ke atas.

Warna hitam memiliki nilai eleganisme yang sangat kuat. Tidak heran kalau kemudian mereka yang menyukai warna satu ini adalah kalangan yang elegan. Tidak hanya itu saja, warna tersebut juga memiliki kekuatan misteri yang sangat kuat.

Tidak heran kalau kemudian ada banyak juga anak muda yang menyukai warna tersebut. Mungkin kamu salah satu diantaranya? Ada banyak juga logo brand populer yang menggunakan warna tersebut di era modern ini.

Selain penjelasan yang sudah kami berikan di atas, ternyata warna hitam ini juga memiliki banyak sekali kelebihan. Sejauh ini ada 6 kelebihan utama yang dimilikinya. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

  1. Warna hitam memiliki banyak unsur emosi dari mulai keberanian, kekuatan, otoritas, dan keanggunan
  2. Hitam masuk ke dalam kategori warna yang berat jika dilihat dari parameter visualitas. Karenanya warna satu ini mampu menyampaikan pesan dengan kuat.
  3. Warna hitam juga memiliki prestisius yang sangat tinggi sehingga bisa menaikkan merek high-end dengan citra canggih.
  4. Pada beberapa tradisi, ada juga yang mengasosiasikan warna hitam dengan profesionalisme dan kecerdasan.

Berbekal kelebihan yang dimilikinya tersebut, tidak heran kalau kemudian ada banyak sekali brand populer yang memilih penggunaan warna hitam. Ini merupakan bukti kalau pemilihan warna hitam pada logo sangat patut untuk dipertimbangkan.

error: