Pentingnya Visual Research Logo yang Masih Jarang Diketahui

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Pentingnya Visual Research Logo yang Masih Jarang Diketahui

Jarang disadari bahwa visual research logo merupakan hal penting yang tidak boleh ketinggalan dalam proses desain. Visual research merupakan penelitian yang dilakukan secara visual sebelum proses mendesain.

Bisa dikatakan bahwa aktivitas ini merupakan bagian dari riset serta analisa di dalam proses pembuatan logo. Walaupun riset dan analisa berhubungan erat dengan klien, tapi dalam menjalankan kegiatan ini kamu tidak harus menghubungi mereka.

Terpenting, sudah memperoleh informasi secara rinci mengenai proses desain. Sesudah itu baru bisa melakukan visual research. Alasan mengapa kegiatan ini penting akan dibahas pada uraian berikut.

Alasan Pentingnya Visual Research Logo yang Masih Jarang Diketahui

Visual research dari logo akan dilakukan sebelum proses pembuatan sketsa. Alasan mengapa penting karena bisa mengetahui bagaimana kompetitor klien mengekspresikan perusahaan terkait lewat logo yang mewakili.

Bagaimanapun juga, walaupun seorang desainer sudah profesional dan berpengalaman tetap harus belajar. Bukan hanya belajar secara mandiri dan otodidak lewat materi atau buku, tapi juga dengan melihat, lalu mempelajari kesuksesan yang dicapai oleh orang lain.

Selain itu juga bisa lebih berwaspada untuk menghindari kesalahan yang dilakukan orang lain. Dengan belajar dari keberhasilan dan kegagalan orang lain, akan membantu dalam memuaskan keinginan klien.

Visual research logo merupakan metode yang dipakai oleh desainer untuk mencari gaya, sudut pandang, sikap maupun pendekatan terhadap ikon lain. Hasil karya desainer lain bisa diamati kelebihannya berdasarkan sudut pandang kamu.

Supaya mendapatkan ide terbaik, proses analisa sebaiknya dituliskan secara mendetail dan rinci. Hasil tulisan yang mengandung analisa inilah nantinya dipakai oleh desainer dalam proses perancangan desain atribut sesuai permintaan klien.

Sebenarnya bagi beberapa desainer, aktivitas ini boleh tidak dilakukan alias dihilangkan. Tapi, tidak ada salahnya bila menerapkannya mengingat pengalaman orang lain juga sangat berharga untuk dijadikan acuan supaya lebih berwaspada dalam melakukan sesuatu hal.

Visual Research Merupakan Bagian dari Tahapan Sebelum Menuangkan Ide

Visual research logo merupakan salah satu tahapan sebelum proses menuangkan ide dalam bentuk visual. Seorang desainer harus membaca serta menganalisis bagian internal sebuah perusahaan saat melakukan research.

Misalnya seperti nilai-nilai, kultur atau budaya perusahaan, visi serta misinya. Selain itu, juga sangat penting mempelajari sejarah atau histori berdirinya perusahaan serta tujuan yang sebenarnya ingin dicapai.

Sesudah mempelajari bagian internal perusahaan, desainer tidak boleh melupakan wawasan terhadap kompetitor secara luas. Bukan hanya yang sudah berdiri sejak lama, tapi juga kompetitor baru.

Pada proses analisis ini, desainer harus bisa membuat diferensiasi serta keunggulan visual. Kamu bisa mencoba untuk menyejajarkan logo beberapa perusahaan di bidang yang sama dengan milik klien.

Setelah itu, cermati ikon perusahaan mana yang paling menarik perhatian serta mewakili identitasnya. Melalui proses visual research logo inilah kamu akan menemukan bahan referensi sebagai pendukung kegiatan desain nantinya.

Bisa terlihat bahwa pembuatan logo tidak bisa asal dan sembarangan. Banyak hal-hal mendetail yang perlu dilakukan tapi jarang disadari bahwa itu penting. Inilah yang membuat logo harus dibuat oleh desainer profesional dan memang sudah kompeten di bidangnya.

Tidak sedikit orang bisa mendesain, tapi belum tentu mempunyai kapasitas kompeten dalam perancangan logo yang baik. Tidak heran bila perusahaan, terutama skala besar, menyerahkan desain logo mereka kepada desainer berpengalaman.

Beberapa Fungsi Logo Selain Menggambarkan Identitas Bisnis

Bagi seorang desainer, visual research logo memanglah penting dilakukan. Tapi, apakah kamu sudah tahu fungsi ikon ini selain menggambarkan identitas bisnis? Beberapa fungsinya akan dibahas pada uraian berikut:

  1. Branding

Fungsi pertama yaitu branding, aktivitas mempromosikan brand, sehingga semakin dikenal masyarakat, terutama target pasar secara luas. Karena logo merupakan bentuk identitas, pembuatannya harus menggambarkan karakteristik perusahaan tersebut.

Hal inilah yang akhirnya membuat masyarakat akan mengenali serta mengingat ikon yang mewakili entitas tersebut. Begitu penting peranannya membuat proses desain perlu dilakukan oleh seseorang yang memang sudah ahli.

  1. Memberikan Pesan Motivasi

Fungsi berikutnya, memberikan pesan motivasi kepada seluruh masyarakat, terutama target pasar. Misalnya, produk berupa sabun untuk mandi, bisa memberikan motivasi supaya masyarakat senantiasa menjaga pola hidup sehat dan bersih.

  1. Memberikan Kontrol, Pengawasan dan Informasi

Logo akan memberikan informasi yang sifatnya penting kepada masyarakat. Selain itu juga bertujuan memberikan kesan kepada mereka mengenai perusahaan terkait. Untuk itulah saat proses pembuatan diperlukan visual research logo.

Supaya tujuan memberikan kesan tersebut tercapai. Informasi yang dimaksud dalam hal ini pembuatannya bertujuan supaya mampu mengendalikan pandangan atau aktivitas masyarakat terhadap brand.

Penjelasan inilah yang membuatnya berfungsi sebagai pengontrol dan pengawas nilai perusahaan di mata masyarakat. Ketika nilainya senantiasa terjaga dengan baik, tentu berpotensi meningkatkan minat mereka terhadap produk.

  1. Sarana Mengutarakan Emosi

Fungsi lainnya, dapat dijadikan sebagai sarana mengutarakan emosi. Salah satu contohnya bisa kamu temukan pada brand produk ibu hamil dan menyusui. Ada yang dibuat menggambarkan kasih sayang sang ibu terhadap anaknya.

  1. Sarana Promosi dan Presentasi

Ketika kamu melakukan visual research logo, mungkin akan menemukan desain dengan kalimat singkat dan gambar yang sifatnya persuasif. Metode ini cukup efektif untuk membuatnya tampak lebih menarik serta mudah diingat.

Ketika terlihat menarik, fungsinya sebagai sarana promosi dan presentasi bisa tercapai dengan optimal. Bagaimanapun juga desain logo selalu menjadi bagian dari kegiatan promosi sebuah produk.

Kriteria Logo yang Efektif Bisa Dijadikan Referensi dalam Pembuatan

Disadari atau tidak, dalam membuat logo diperlukan keefektivitasan. Inilah beberapa kriteria logo yang efektif bisa kamu jadikan bahan referensi dalam pembuatan:

  1. Unik

Kriteria pertama, desainnya unik dan berbeda dari logo lainnya, terutama milik kompetitor dengan brand sejenis. Tampak tidak profesional dan kurang inovasi bila desainnya dibuat sama dengan milik perusahaan atau organisasi lainnya.

  1. Sederhana

Ada banyak desain sederhana yang akan kamu temukan saat melakukan aktivitas visual research logo. Supaya mudah dikenali dan diingat masyarakat, pembuatan ikon disarankan yang sederhana saja.

  1. Mudah Diingat

Kriteria lainnya, mudah diingat. Hal ini relevan dengan ciri sebelumnya yaitu unik dan sederhana, sehingga secara otomatis akan mudah diingat oleh khalayak. Kondisi seperti ini secara tidak langsung akan meningkatkan penjualan karena membantu pemasaran.

  1. Serba Guna

Logo sifatnya serba guna, bisa diterapkan atau ditempatkan ke berbagai jenis media visual, seperti stemple, akrilik, faktur, brosur dan lain-lain. Walaupun diterapkan pada berbagai kondisi, tidak akan kehilangan bentuk aslinya.

  1. Tahan Lama

Kebanyakan desain logo sifatnya tahan lama, maksudnya dari waktu ke waktu tidak mengalami perubahan. Ketika tujuan awalnya supaya tahan lama, aktivitas visual research logo bisa membantu mewujudkannya.

Salah satu contoh desain yang tahan lama adalah milik produk KFC. Sejak didirikan hingga sekarang tidak berubah. Perubahan desain sebenarnya memungkinkan, tapi membutuhkan budget lebih dan berkemungkinan kehilangan pelanggan.

  1. Desain Sesuai

Kriteria terakhir, pembuatan desainnya sesuai, mampu menggambarkan entitas dan mengandung nilai di mata masyarakat. Salah satu contohnya desain untuk brand Asus, walaupun pada logonya tidak memakai gambar, masyarakat sudah mengetahuinya.

Tahapan yang beragam dan harus dilakukan oleh desainer, termasuk visual research membuat banyak pebisnis lebih memilih menggunakan jasa profesional. Sebab, walaupun sudah melakukan visual research logo, bila eksekusinya kurang tepat akan membuat hasilnya tidak optimal.