Perkembangan Typography Design dari Makna Hingga Fungsinya

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Perkembangan Typography Design dari Makna Hingga Fungsinya

Membahas tentang perkembangan typography design sangat menarik karena bukan sekedar tentang tulisan namun lebih ke karya seni. Digunakan sebagai media untuk pengembangan kreativitas memberikan ruang tanpa batas kepada para desainer.

Namun dalam proses pembuatannya tidak boleh sembarangan demi menarik minat para pembaca. Jadi pelajari lebih dalam tentang seni satu ini agar kamu bisa membuat karya seni tulisan yang indah dan bermakna.

Pengertian dan Elemen Penting Tipografi

Perkembangan typography design merupakan ilmu untuk menata huruf maupun aksara ke dalam bentuk desain visual. Baik dalam bentuk cetakan maupun non cetakan dengan harapan seseorang bisa nyaman pada saat membacanya.

Sebenarnya tipografi adalah huruf itu sendiri dan menjadi bagian yang tidak mungkin dipisahkan dalam kehidupan. Digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, menjadi identitas bahkan karya seni.

Tipografi sendiri berasal dari bahasa Yunani dan memiliki arti kreasi huruf menjadi lebih indah. Banyak huruf yang tercipta saat ini dimana seni tipografi semakin berkembang dan diminati banyak orang.

Tipografi bukan sekedar seni menata huruf namun bagaimana huruf tersebut bisa menyebar dengan baik. Sehingga mampu memenuhi semua ruang yang tersedia dan menjadi enak untuk dibaca. Dalam perkembangan typography design terdapat beberapa elemen penting yang harus dipahami seorang desainer:

  1. Huruf teks

Pertama huruf teks adalah elemen penting sehingga dalam pemilihannya harus diperhatikan dengan baik. Pastikan gunakan jenis huruf teks yang font-nya jelas dan mudah untuk dibaca.

Contoh jangan memilih font memakai tulisan latin dengan ukuran kecil sehingga sulit dibaca. Jangan juga memakai font terlalu tebal karena tidak enak untuk dilihat apalagi dibaca jika teksnya banyak.

  1. Huruf judul

Elemen kedua dalam perkembangan typography design yaitu huruf judul yang menjadi bagian penting juga. Pemilihan font untuk judul tidak boleh sembarangan karena memiliki peran penting dalam menarik pembaca.

Kamu bisa memilih font yang memiliki keindahan, daya tarik namun tetap enak untuk dibaca. Perhatikan juga ukuran font tersebut karena judul harus lebih besar namun jangan terlalu over.

Perkembangan Tipografi Seiring Berkembangnya Internet

Pada awal muncul perkembangan typography design hanya berupa kreasi tulisan tangan sehingga modelnya sangat terbatas. Bahkan pilihan desain yang tersedia tidak bisa dibuat rumit karena keterbatasan ketrampilan manusia.

Namun tipografi sendiri berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi dan internet. Dengan adanya komputer membuat seni huruf semakin berkembang dan terus bertambah banyak.

Bahkan banyak orang menggunakan tipografi di internet bukan dengan tujuan untuk dicetak. Seperti untuk membuat isi website, blog, iklan, konten dan masih banyak contoh lainnya.

Perkembangan huruf tentu tidak lepas dari sejarah panjang dimana asal huruf-huruf tersebut. Perlu diketahui nenek moyang kita memiliki dua fase yaitu fase pra aksara dan fase aksara.

Fase pra aksara dimana mereka tidak atau belum mengenal huruf sedangkan fase aksara adalah sebaliknya. Pada fase pra aksara mereka berkomunikasi dengan gambar kemudian dikembangkan menjadi tulisan.

Huruf berkembang karena budaya kemudian secara turun temurun dijadikan sebagai alat komunikasi resmi. Sejarah panjang inilah yang membuat huruf menjadi unik, menarik dan sangat beragam sampai sekarang.

Inilah yang dipelajari dalam perkembangan typography design karena bukan sekedar membuat tulisan agar terlihat indah. Bukan juga sekedar merangkai huruf agar bisa mudah dan menjadi enak untuk dibaca.

Karena dalam proses pembuatannya didasari latar belakang desainer yang berbeda sehingga menjadi ciri khas. Tidak heran jika kajian tentang tipografi sangat luas dan tentang bagaimana cara pandang manusia tersebut.

Saat ini tidak sulit menemukan berbagai jenis seni huruf di internet dan dapat dijadikan sebagai referensi. Terutama bagi kamu yang membutuhkan desain huruf untuk membuat sebuah karya seni tulisan.

Fungsi Penting dari Perkembangan Typography Design

Saat ini penggunaan tipografi semakin marak dan diminati oleh berbagai kalangan untuk tujuan yang beragam. Namun tahukah kamu kalau typography design juga memiliki fungsi penting yang perlu dipahami.

  1. Kemudahan membaca

Fungsi pertama yaitu memberikan kemudahan kepada pembaca untuk bisa membaca tulisan atau teks. Terlebih lagi teks disajikan dalam jumlah banyak sehingga dibutuhkan seni mengatur tulisan agar bisa dibaca.

Maka fungsi ini ditentukan tentang bagaimana kamu memilih font serta seberapa besar ukuran teks tersebut. Jika terlalu kecil maka tidak kelihatan dan jika terlalu besar tetap sulit dibaca.

  1. Menarik perhatian

Fungsi perkembangan typography design kedua yaitu untuk menarik perhatian khususnya para pembaca. Tidak mudah memang menarik pembaca jika desain yang kamu buat monoton dan sama seperti teks lainnya.

Cara untuk menarik perhatian pembaca adalah dengan memperhatikan komponen hurufnya. Pemilihan warna juga sangat berpengaruh serta selipkan kesan agar bisa dinikmati pembaca.

  1. Fungsi keindahan

Fungsi ketiga yaitu menciptakan keindahan dalam merangkai huruf menjadi lebih bagus. Keindahan tersebut mampu memberikan kesan menarik sehingga mempengaruhi perasaan pembaca terutama dalam dunia bisnis.

  1. Memiliki nilai jual

Fungsi satu ini memang sangat menarik dimana perkembangan typography design bisa dimanfaatkan untuk mencari rejeki. Perlu diketahui seni grafis memiliki nilai jual sangat tinggi dan dihargai dalam masyarakat.

Tidak heran jika banyak desainer memanfaatkan kemampuan mereka dalam membuat desain tulisan untuk mencari rupiah. Manfaatkan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan dari desain tipografi.

Unsur-Unsur yang Harus Ada Pada Tipografi

Dalam membuat sebuah perkembangan typography design perlu diperhatikan karena ada banyak unsur didalamnya. Sebagai seorang desainer setidaknya ketahui apa saja unsur-unsur yang harus diperhatikan didalamnya.

  1. Ornamen

Sebenarnya ornamen jarang dipakai dalam tipografi modern dan biasanya dipakai untuk keperluan cetak. Seperti digunakan pada cetakan piagam, ijazah, berbagai jenis undangan dan desain dekoratif lainnya.

  1. Garis dan kolom

Garis dan kolom memiliki peran penting dalam membuat seni tulisan sehingga harus diperhatikan ukurannya. Contoh ukuran garis dan kolom dalam majalah kurang lebih 5-7 kata sedangkan pada koran berbeda.

  1. Baris

Baris adalah satu kata yang diatur satu per satu sehingga terlihat pola memanjang dalam setiap halaman. Setiap baris harus memiliki makna, berkesinambungan dan diatur jumlahnya agar lebih menarik untuk dibaca.

  1. Kata

Kata merupakan susunan huruf yang ditempatkan dalam satu baris dan menimbulkan makna. Unsur kata sangat penting dalam membuat desain tulisan agar bisa dipahami maksud dari tulisan tersebut.

  1. Kemiringan huruf

Dimaksud kemiringan huruf adalah huruf yang sengaja dicetak miring karena memiliki arti khusus. Huruf dengan cetakan miring dikenal dengan sebutan italic dengan tujuan memberikan penekanan makna tersendiri.

  1. Lebar huruf

Membuat seni satu ini juga harus memperhatikan unsur lebar huruf untuk tujuan headline maupun sub headline. Pembedaan lebar hurufnya disesuaikan dengan tujuan dari penggunaan dalam sebuah tulisan.

  1. Ukuran dan bentuk huruf

Ukuran memiliki pengaruh dalam menciptakan daya tarik pembaca sehingga harus diatur besar kecilnya. Begitupun dengan bentuk dimana ada 3 jenis yaitu serif, sans serif dan fantasi.

Dalam membuat sebuah desain tipografi ada banyak hal yang perlu diketahui seperti tujuan, fungsi hingga unsur-unsur didalamnya. Memahami lebih mendalam tentang perkembangan typography design membuat hasil desain kamu menjadi lebih menarik.