Seni Desain Logo Bermanfaat untuk Identitas Brand Produk

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Seni Desain Logo Bermanfaat untuk Identitas Brand Produk
104

Seni desain logo merupakan sebuah karya yang sangat bermanfaat dalam upaya membangun identitas brand produk, baik itu berjenis barang maupun jasa. Dibandingkan desain lambang brand dengan tampilan tampak rumit, sederhana lebih banyak dipilih oleh pemilik bisnis.

Karena dianggap lebih mudah menempel diingatan masyarakat. Walaupun tampak sederhana, biasanya ada filosofi mendalam dibalik pembuatan lambang brand tersebut. Dijadikan sebagai identitas brand tertentu hanyalah salah satu di antara beragam fungsi logo.

Supaya lebih paham bagaimana fungsi desain logo sebagai identitas brand, bisa disimak pembahasan selengkapnya pada uraian berikut. Tapi, sebelum itu, akan lebih dulu dibahas tentang logo yang termasuk salah satu jenis karya seni.

Pengertian seni yaitu segala sesuatu yang berhasil diciptakan manusia. Seni merupakan sebuah bentuk dari rasa yang dipunyai manusia. Setiap karya jenis apapun itu yang dibuat manusia dinamakan seni.

Termasuk salah satunya yang termasuk adalah seni desain logo. Sebenarnya seni ini sangat dekat dengan kegiatan manusia, tapi mungkin sebagian orang tidak menyadarinya. Sebab, makna seni kerap disempitkan konteksnya.

Banyak orang memiliki anggapan bahwa seni itu hanya sebuah karya yang dianggap indah. Beberapa contohnya seperti musik, lukisan, pahatan, puisi dan lain-lain. Padahal sebenarnya makna seni lebih dari anggapan tersebut.

Segala jenis bentuk perwujudan rasa manusia yang dibuat, baik dalam bentuk fisik atau non fisik itu termasuk seni. Logo merupakan karya seni dan tidak jarang dikagumi karena memiliki keunikan serta keindahannya tersendiri.

Desainnya dibuat dengan beragam bentuk dan warnanya menarik perhatian. Ada juga yang disertai dengan tulisan menggunakan font tertentu. Apalagi bila logo tersebut mewakili sebuah brand, biasanya banyak pertimbangan sebelum proses pembuatannya.

Seni desain logo itu dibuat bukan secara sembarangan. Desainer harus paham apa tujuan pembuatan lambang brand tersebut serta siapa sasarannya. Jadi, jangan heran bila perusahaan lebih memilih menggunakan jasa pembuat logo dibandingkan membuatnya sendiri.

Salah satu alasannya karena tidak memiliki skill dalam membuat logo. Sedangkan untuk mengasah skill tersebut diperlukan pembelajaran yang akan menghabiskan banyak waktu, sehingga jasa akhirnya dipilih.

Logo Dijadikan Sebagai Identitas Sebuah Brand

Salah satu fungsi dari logo yaitu dijadikan sebagai identitas sebuah brand produk. Desain logo yang terkenal unik serta indah akan memberikan keuntungan bagi pemilik brand atau perusahaan.

Ketika dianggap unik dan indah, akan menarik perhatian masyarakat. Ditambah lagi produknya mempunyai kualitas tinggi. Saat logo tersebut sudah dikenal oleh masyarakat luas, bisa dipastikan brand produknya juga dikenali.

Karena kondisi inilah seni desain logo bisa dijadikan sebagai identitas brand. Semakin dikenal, akan semakin besar peluang perusahaan memperoleh keuntungan dari hasil penjualan. Baik dari pembeli baru atau sudah berlangganan sebelumnya.

Lambang identitas tersebut dibuat dengan memiliki maknanya tersendiri. Tentu saja makna khusus yang ingin disampaikan pemilik brand produk kepada para konsumennya. Lambang tersebut dibuat sebagai upaya menggambarkan brand.

Ketika sudah populer di kalangan masyarakat, hanya dengan ditunjukkan lambang tersebut mereka sudah paham brand apa yang dimaksud. Dalam hal bisnis, identitas seperti ini itu memiliki peran sangat penting.

Karena dijadikan sebagai identitas, hasilnya harus terlihat indah dipandang, bukan asal-asalan. Dalam kondisi seperti ini, seorang desainer profesional akan membantu membuatkan desain yang tampak indah, memiliki makna khusus dan menyesuaikan kebutuhan kliennya.

Seni desain logo bisa kamu temukan dibanyak jenis produk. Bukan hanya sekadar dibubuhkan, tapi sering kali adanya lambang desain tersebut menjadikan tampilan produk tampak indah dan lebih menarik. Inilah beberapa produk yang biasanya mengandung desain logo:

1. Kaos

Produk pertama adalah kaos, biasanya desain gambarnya diletakkan pada bagian depan. Dari yang awalnya kaos berbentuk polosan, tampak lebih indah, berbeda serta unik hanya dengan tambahan desain gambar lambang brand ini.

Manfaat pemasangan desain lambang perusahaan tersebut pada kaos salah satunya sebagai media untuk promosi. Biasanya disertai dengan gambar atau tulisan lainnya sebagai pendukung supaya lebih tampak menarik perhatian.

Pembubuhan desain gambar tersebut bisa dengan cara di sablon atau dibordir, menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Tentu saja bahan sablon serta bordir yang dipilih tidak mengganggu pemakai kaos alias nyaman dikenakan.

2. Kemasan Produk Makanan

Selain kaos, seni desain logo juga bisa dengan mudah kamu temukan pada kemasan berbagai jenis produk makanan. Tidak jarang adanya tampilan gambar lambang brand perusahaan pada kemasan membuat isi makanan di dalamnya terasa jauh lebih nikmat.

Dalam artian, tampilan kemasan menarik, akan berpengaruh terhadap selera orang untuk mengonsumsi makanan atau minuman tersebut. Karena alasan inilah biasanya kemasan produk dibuat dengan gambar menarik.

Bahkan tidak jarang diberikan gambar yang menunjukkan isi dari makanan atau minuman dalam kemasan tersebut. Jadi, pembeli bisa memperkirakan serta menebak rasa dari produk dalam kemasan terkait.

Dengan seperti ini, walaupun produk tidak dicicipi terlebih dahulu, menarik perhatian masyarakat untuk membeli. Adanya tambahan seni desain logo brand menjadikan produk tersebut lebih tampak profesional.

Manfaat Bila Menerapkan Desain Logo yang Baik

Ada banyak manfaat bisa kamu peroleh bila menerapkan seni mendesain logo yang baik dan menarik perhatian masyarakat. Salah satu manfaat yang sangat terasa dan sudah disebutkan sebelumnya yaitu membuat brand lebih mudah dikenal.

Mengenai hal ini relevan dengan fungsi logo sebagai identitas sebuah brand produk. Ketika bentuknya tampak indah, berpotensi menarik perhatian konsumen untuk melirik brand produk yang kamu miliki. Sebenarnya masih ada banyak manfaat lain, antara lain:

1. Memengaruhi Psikologi Calon Pelanggan

Manfaat pertama, memengaruhi psikologi para calon pelanggan. Metode promosi yang menunjukkan seni desain logo brand, akan secara perlahan memengaruhi mereka supaya tertarik membeli produk.

Sebab, apa yang sering calon pelanggan lihat, akan secara otomatis terekam dalam memori. Jadi, ketika sedang memerlukan produk tersebut, brand yang biasanya sering atau pernah dilihat akan secara otomatis masuk ke dalam salah satu opsi.

2. Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat

Manfaat selanjutnya, meningkatkan kepercayaan masyarakat. Hal ini bisa terjadi ketika brand sudah populer dipasaran dan kualitasnya terkenal unggul. Tidak bisa dipungkiri mayoritas masyarakat akan lebih tertarik dengan produk bermerk yang demikian.

3. Bisa Membedakan Jenis Produk

Dengan adanya seni desain logo dalam sebuah usaha, memudahkan untuk membedakan produk brand perusahaan satu dengan lainnya yang sejenis. Apalagi bila dibuat dengan tampilan unik, lebih bisa mempengaruhi konsumen supaya tertarik membeli produk.

Namanya bisnis, apalagi produk yang dijual marak dipasaran tentu memerlukan aspek pembeda sebagai penunjang daya tarik. Bukan hanya dari segi rasa, tapi juga lambang brandnya.

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa lambang brand memang memiliki peranan sangat penting di dalam produk sebuah perusahaan. Untuk itulah pembuatannya harus berdasarkan banyak pertimbangan, seperti filosofi di baliknya serta tetap mengutamakan estetika.

Supaya mendapatkan kedua aspek ini, percayakan kebutuhan logo untuk perusahaan kamu dengan jasa desain milik kami. Kami bisa membuat seni desain logo yang mewakili perusahaan kamu dengan tetap memperhatikan unsur estetika di dalamnya.

error: