Tips Desain Logo Restoran agar Kualitasnya Tidak Kalah Saing

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Tips Desain Logo Restoran agar Kualitasnya Tidak Kalah Saing
158

Seiring berkembangnya industri dan bisnis restoran, jasa desain logo restoran juga semakin berkembang dan banyak dicari oleh para pelaku usaha di bidang ini. Hal ini karena untuk memulai bisnis di bidang kuliner, dibutuhkan sebuah logo sebagai simbol brand tersebut.

Selain itu, logo juga merupakan elemen visual yang kini berkembang sebagai salah satu strategi pemasaran terbaik. Tanpa strategi pemasaran efektif, bisnis restoran kamu tidak akan mampu bersaing dengan bisnis lain secara kompetitif.

Namun, tidak semua orang memahami bagaimana cara membuat desain yang menarik, memikat, dan memiliki daya jual. Jadi, kamu perlu mengetahui apa saja tips penting dalam mendesain elemen visual khusus untuk bidang restoran.

Membuat Desain Logo Restoran Berkualitas, Tidak Akan Kalah Saing

Bisnis di bidang kuliner memang sangat kompetitif, sebab meskipun pasarnya luas namun kompetitor juga sangat banyak. Oleh karena itu, kamu harus memberikan perhatian ekstra untuk menarik calon konsumen dengan membuat logo terbaik.

Bahkan, hampir sebagian besar calon konsumen menentukan pilihannya saat memilih suatu tempat makan berdasarkan desain logo restoran tersebut. Oleh karena itu, penting untuk selalu memilih desain terbaik dan memikat agar mampu menarik minat calon konsumen.

Namun, membuat logo khusus bisnis restoran memang cukup gampang-gampang susah, sebab ada beberapa aspek penting untuk diperhatikan. Sebagai panduan, kamu bisa membuat desainnya sendiri dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Pilih tema yang merepresentasikan restoran kamu

Tips desain logo restoran yang pertama adalah memilih tema khusus untuk dapat mewakili atau merepresentasikan tujuan restoran kamu. Contoh temanya bisa dilihat dari sumber makanannya, yaitu seperti restoran Indonesia, Cina, Meksiko, Jepang, atau Italia.

Atau, kamu juga bisa mengambil ide tema dari jenis makanan tertentu, contohnya seafood, fast food, pizza, burger, mie, dan lain sebagainya. Pastikan bahwa tema tersebut mampu mewakili tujuan brand serta produk kamu secara keseluruhan.

Hal ini karena saat ini ada banyak sekali logo makanan beredar di pasaran, tetapi membuat desain yang menonjol dan mampu memikat konsumen adalah hal menantang. Jadi, pastikan untuk memilih tema terbaik sesuai dengan konsep bisnis kuliner kamu.

2. Pertimbangkan perpaduan elemen warna

Agar desainnya semakin menarik, kamu perlu mempertimbangkan perpaduan seluruh elemen yang terlibat, mulai dari gambar, warna, ukuran, hingga tekstur. Kebanyakan orang menganggap remeh pemilihan elemen visual seperti gambar atau warna.

Padahal, warna memiliki peran penting dalam mendesain sebuah logo. Jika kombinasi warnanya buruk, maka kesan yang ditampilkan juga akan kurang baik, sehingga berdampak negatif bagi impresi serta minat calon konsumen untuk singgah ke restoran kamu.

Jadi, salah satu tips penting dalam membuat desain logo restoran adalah dengan memadukan kombinasi warna semenarik mungkin. Hal ini karena setiap warna memiliki makna, sehingga kamu bisa menggunakan warna-warna khusus untuk menciptakan branding image sendiri.

3. Bermain dengan gambar dan bentuk

Selain bermain dengan warna, kamu juga perlu memilih elemen desain lain secara saksama, yaitu gambar dan bentuk. Hal ini karena suatu gambar dengan bentuk tertentu mampu mewakili pengaruh emosional tertentu kepada publik yang melihatnya.

Sebagai contoh, simbol lingkaran dapat memberi pengaruh emosional untuk menarik pasar perempuan, sedangkan simbol segitiga cenderung dikaitkan dengan kekuatan atau maskulinitas. Contoh lain, tepian kotak juga memiliki arti kepraktisan serta stabilitas.

Agar desain logo restoran kamu semakin bermakna, jangan takut untuk bermain serta mengombinasikan berbagai macam bentuk simbol berbeda menjadi satu paduan gambar. Dengan demikian, impresi dari calon konsumen kepada brand juga akan semakin kuat.

4. Pertimbangkan tipografi atau gaya penulisan

Tidak hanya gambar, warna, dan bentuk, namun gaya penulisan alias tipografi juga ikut memberi pengaruh secara psikologis kepada audiens yang melihat. Sebagai contoh, jika target pasarnya adalah pria kamu bisa menggunakan huruf bercetak tebak dengan kesan maskulin.

Atau untuk tipe restoran berkonsep elegan untuk wanita, cobalah desain tipografi bergaya kursif. Jika ingin ditujukan secara netral, maka salah satu pilihannya adalah mencoba jenis huruf bersudut yang memiliki kurva halus.

Jadi, tipografi adalah salah satu unsur penting dalam desain logo restoran untuk menciptakan persona di kalangan calon konsumen. Pastikan untuk memilih gaya penulisan yang sesuai dengan karakteristik calon pembeli, sesuai dengan perencanaan target pasar.

5. Kembangkan ide berdasarkan inspirasi

Untuk mendesain sebuah logo, kamu tentu membutuhkan inspirasi atau gagasan. Untuk memperoleh atau mengembangkan sebuah ide, kamu bisa melakukan brainstorming kepada diri sendiri atau bersama tim restoran agar menemukan konsep terbaik.

Carilah, elemen desain logo restoran seperti apa yang kira-kira paling mewakili nilai-nilai dari bisnis kuliner tersebut? Misal, jika jenis usahanya adalah burger, maka kamu bisa menggunakan logo burger sebagai simbol utama dari logonya.

Selain itu, sebaiknya siapkan lebih dari satu ide sebagai cadangan jika nanti terdapat kendala atau kesulitan dalam mewujudkan ide tersebut secara visual. Untuk mempermudah, kamu bisa memanfaatkan sticky notes atau gambar sketsa sebagai sarana mengolah ide.

6. Lihat desain logo milik kompetitor

Jika sulit mendapatkan inspirasi, kamu bisa melihat logo milik kompetitor sebagai salah satu referensi menemukan ide mendesain. Lihatlah bagaimana cara kompetitor menggunakan perpaduan warna, huruf, kata, hingga gambar bentuk dan simbol.

Namun, pastikan untuk tidak menggunakan desain logo restoran hasil plagiasi, sebab nilai originalitas adalah salah satu aspek paling utama dalam dunia mendesain. Jadi, cukup jadikan desain milik kompetitor sebagai referensi atau inspirasi saja, jangan tiru secara keseluruhan.

Pernah mendengar prinsip ATM atau Amati, Tiru, Modifikasi? Jadi, cobalah untuk menerapkan prinsip tersebut pada logo restoran kamu. Mengamati dan meniru hasil karya orang lain boleh, namun pastikan untuk melakukan sedikit modifikasi di dalamnya.

7. Buat desainnya seunik mungkin

Selain originalitas, keunikan suatu logo juga merupakan salah satu aspek penting yang menentukan apakah desain kamu nantinya akan mampu menarik minat orang atau tidak. Jadi, wujudkanlah ide kamu seunik mungkin agar terlihat beda dari desain logo restoran lain.

Salah satu tips untuk memperoleh ide mendesain yang unik adalah dengan mencoba elemen visual yang tidak biasa. Misalnya, kamu bisa mencoba perpaduan warna baru yang mungkin tidak terlihat umum atau jarang digunakan orang lain agar terlihat lebih unik serta khas.

Selain itu, jangan takut dalam mengombinasikan berbagai elemen desain berbeda menjadi satu perpaduan. Yang penting, pastikan bahwa seluruh perpaduan tersebut tetap terlihat harmonis serta saling mengkomplemen satu sama lain agar tidak terlihat berlebihan.

7 tips di atas patut untuk dicoba agar setiap aspek dari kreasi desain kamu menjadi lebih memikat bagi calon konsumen nanti. Pastikan untuk selalu memberikan perhatian yang sama pada setiap aspek dan elemen visual agar hasilnya juga lebih maksimal.

Jika masih kurang yakin, kamu juga bisa berkonsultasi bersama pihak lain yang terlibat dengan bisnis restoran tersebut untuk menanyakan pendapat mereka. Bila perlu, cobalah menggunakan jasa desain logo restoran dari para desainer profesional.

error: