Tips Memilih Warna Logo yang Bagus, Simak Baik-Baik

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Tips Memilih Warna Logo yang Bagus, Simak Baik-Baik
139

Untuk menentukan warna logo yang bagus tentunya bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Karena logo sendiri menjadi salah satu Aspek penting yang harus diperhatikan ketika akan mendesain sebuah logo.

Karena ketika kamu salah dalam memilih warna logo mungkin akan membuat desain yang sudah bagus terlihat kurang menarik. Sangat penting bagi kamu untuk memilih warna yang tepat supaya bisa merepresentasikan produk atau perusahaan.

Karena logo adalah sebuah identitas dari sebuah produk atau perusahaan. Ini akan menjadi salah satu hal yang mungkin akan banyak diingat orang. Oleh karena itu, biasanya dalam sebuah logo terdapat sebuah filosofi atau pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat atau para konsumen.

Tips Memilih Warna Logo yang Bagus

Warna adalah elemen penting dalam desain logo. Ini memainkan peran besar dalam menentukan bagaimana logo kamu diterima oleh target audiens dan membantu menyampaikan pesan yang tepat.

Namun, memilih warna yang tepat untuk logo dapat menjadi tugas yang membingungkan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu memilih warna logo yang bagus untuk desain logo kamu.

1. Relevansi dengan jenis bisnis

Pertama, pertimbangkan jenis bisnis kamu saat memilih warna. Beberapa warna memiliki arti tertentu, dan memilih warna yang relevan dengan jenis bisnis kamu akan membantu menyampaikan pesan yang tepat.

Misalnya, hijau sering diasosiasikan dengan keuangan dan lingkungan, sementara biru sering diasosiasikan dengan stabilitas dan kepercayaan dengan menggunakan warna yang memiliki relevansi dengan bisnis yang dijalankan ini akan membuat logo semakin menarik.

Ini adalah salah satu tips cerdas untuk menemukan warna logo yang bagus ketika kamu merasa kebingungan dalam memilih warna. Sekarang ini kamu bisa melihat ada banyak sekali perusahaan besar yang memilih warna dasar sesuai dengan relevansi bisnis.

Contohnya saja perusahaan-perusahaan besar yang memproduksi barang-barang ramah lingkungan akan menggunakan warna hijau. Karena memang warna hijau ini sangat identik dengan lingkungan yang masih asri dan bersih.

2. Pemahaman warna

Tips memilih warna logo yang bagus selanjutnya yaitu memahami arti-arti dari warna. Ada banyak situs web yang menjelaskan arti dari warna-warna tertentu, dan ini dapat membantu kamu memilih warna yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

Misalnya, merah sering diasosiasikan dengan keberanian dan aksi, sementara kuning sering diasosiasikan dengan kebahagiaan dan optimisme.

Untuk kamu yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai arti dari sebuah warna tidak perlu khawatir. Ini adalah zaman di mana informasi bisa didapatkan dengan sangat mudah dan praktis.

Kamu tinggal membuka browser baik di smartphone ataupun di komputer, kemudian ketikkan kata kunci untuk mengetahui arti dari sebuah warna. Semuanya sudah sangat praktis dan bisa dilakukan dengan gratis.

Jadi akan sangat disayangkan ketika kamu tidak memanfaatkan teknologi yang ada untuk memilih warna logo yang bagus. Karena dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini sebenarnya membuat logo lebih dimudahkan.

Dalam pemilihan warna sekarang sudah ada banyak situs web yang bisa memberikan referensi warna yang cocok. Kemudian kamu juga bisa mengambil warna tersebut dengan sangat mudah menggunakan tools yang sudah ada sekarang.

Ketika ingin menggunakan warna tertentu dan tidak mengetahui kode hexanya, bisa didapatkan dengan sangat mudah sekarang ini. Jika menggunakan Google Chrome kamu bisa mengunduh extension yang bisa mengambil warna.

Jadi, sebenarnya pekerjaannya menjadi lebih praktis dengan adanya kemajuan teknologi. Seharusnya kamu sudah bisa menggunakannya supaya bisa membuat logo yang keren dengan warna yang tepat.

3. Konsep desain

Memilih warna logo yang bagus menjadi penting supaya nantinya warna tersebut terlihat cocok ketika dipadu padankan dengan elemen-elemen yang terdapat pada logo. Ini termasuk font, gambar, dan bagian lain dari desain.

Pastikan bahwa warna yang dipilih memiliki kontrast yang baik dengan elemen lain dalam logo dan membantu menyampaikan pesan yang tepat. Jangan sampai warna yang dipilih membuat tulisan atau logo kurang terlihat dengan jelas.

Kamu mungkin sudah sering melihat bahwa ada banyak sekali logo yang sudah memiliki konsep yang sangat baik. Di mana biasanya warna dasar yang digunakan saat kontras dengan warna teks.

Perlu kamu ketahui tujuan utamanya yaitu untuk membuat orang-orang lebih mudah untuk membaca teks yang ada. Dengan warna yang kontras ini juga akan membuat teks atau logo lebih mudah terlihat ketika ukurannya cukup kecil.

Karena mungkin saja logo akan dipasangkan pada bagian-bagian tertentu dengan ukuran yang kecil. Oleh karena itu ketika membuat perpaduan warna yang tidak tepat, mungkin saja akan membuat teks atau logo kurang terlihat jika memiliki ukuran yang relatif kecil.

4. Kecocokan dengan merek

Warna logo yang bagus adalah warna logo yang bisa merepresentasikan sebuah produk atau perusahaan tertentu. Ini termasuk warna yang digunakan pada situs web, brosur, dan produk.

Memastikan bahwa warna yang dipilih cocok dengan identitas merek kamu akan membantu membuat logo terlihat konsisten dan membangun kepercayaan dengan target audiens.

Contohnya saja marketplace shopee sangat identik dengan warna orange. Jadi website mereka, aplikasi mobile, hingga logonya memiliki warna dominan orange. Jadi ketika seseorang melihat marketplace yang berwarna orange akan langsung mengenali bahwa itu adalah shopee.

Jadi warna logo yang bagus ini bisa menjadi salah satu identitas dari sebuah perusahaan atau merek tertentu. Bahkan ketika seseorang hanya menyebut warnanya saja terkadang orang lain sudah mengetahui brand atau merek yang dimaksud.

Contohnya saja ketika seorang influencer menyebutkan marketplace yang warnanya orange pasti orang-orang akan langsung tertuju kepada shopee. Karena shopee sangat identik dengan warna orange dan memiliki pasar yang sangat besar di Indonesia.

5. Tidak terlalu banyak warna yang digunakan

Sebenarnya tidak ada acuan pasti mengenai warna logo yang bagus. Akan tetapi lebih disarankan untuk tidak terlalu menggunakan banyak warna ketika mendesain sebuah logo.

Biasanya dua atau tiga warna saja sudah cukup, ini akan membuat logo terlihat lebih sederhana dan tidak terlalu ramai. Dengan begitu diharapkan nantinya orang-orang akan lebih mudah untuk mengenali logo tersebut.

Walaupun sebenarnya kamu juga memiliki kebebasan tersendiri dalam mendesain sebuah logo. Boleh-boleh saja ketika kamu ingin membuat logo dengan banyak perpaduan warna.

Akan tetapi, jika diamati dengan baik, sebagian besar perusahaan hanya menggunakan dua atau tiga warna dasar saja ketika membangun sebuah logo. Bahkan beberapa diantaranya hanya menggunakan satu warna.

Contoh perusahaan yang memiliki satu warna untuk logonya yaitu perusahaan teknologi yang sangat besar bernama Apple. Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan produk-produk Apple.

Mungkin bagi sebagian orang memilih warna untuk sebuah logo terlihat sederhana. Akan tetapi pada faktanya ini adalah sesuatu hal yang cukup rumit dan harus memperhatikan berbagai macam aspek. Dengan memperhatikan berbagai macam aspek, mungkin kamu bisa menemukan warna logo yang bagus.

error: