Tujuan Pembuatan Logo Perusahaan yang Perlu Dipahami

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Tujuan Pembuatan Logo Perusahaan yang Perlu Dipahami
179

Pelaku usaha wajib mengetahui apa tujuan pembuatan logo perusahaan. Sebab sebuah usaha atau merek jika tidak memiliki logo maupun ikon yang mewakilinya tidak akan bisa memiliki tempat di masyarakat.

Jika demikian, maka bisnis yang dijalankan tidak akan sukses dan menghasilkan keuntungan. Oleh sebab itu, sebuah usaha, produk, maupun merek memerlukan ikon untuk mewakilinya. Bahkan banyak perusahaan besar yang membuat ikon khusus untuk setiap brand maupun produknya.

Tidak hanya terbatas pada perusahaan besar dengan penjualan ke seluruh Indonesia atau mancanegara, tapi juga bisnis-bisnis baru yang mulai berkembang, termasuk UMKM. Karena fungsi dan tujuan pembuatan logo memang sangat penting untuk segala jenis usaha.

Tujuan Pembuatan Logo Perusahaan Bagi Pemilik Bisnis

Tahukah kamu apa tujuan utama pembuatan logo bagi pemilik bisnis? Bukan sekadar untuk bergaya atau mengikuti tren maupun agar sama seperti usaha milik orang lain. Pembuatan ikon atau lambang tujuan utamanya adalah sebagai identitas.

Peran utama pembuatannya adalah mengidentifikasi. Proses identifikasi ini sangat penting bagi sebuah brand agar dapat dikenal dan diterima masyarakat luas. Identifikasi di sini akan dilakukan oleh konsumen atau masyarakat kepada sebuah usaha atau merek.

Logo akan menjadi lambang atau ikon mewakili sebuah usaha maupun merek, diluncurkan ke publik, dilihat, dikenali, dan diingat. Proses melihat, mengenal, dan mengingat ini merupakan proses identifikasi oleh masyarakat.

Tujuan pembuatan logo perusahaan yaitu mengidentifikasi ini merupakan tujuan paling utama dan tidak akan pernah berubah. Meskipun ada perubahan tren, alat desain, teknik, maupun hal lainnya, tapi tujuan utama tidak akan pernah dapat berubah.

Oleh sebab itu, dalam membuat sebuah lambang para desainer atau pemilik bisnis harus bisa memahami lingkungan dan masyarakan yang akan melihatnya. Idenya bisa dikembangkan oleh desainer sendiri dengan pokok-pokok ide atau arah dari pemilik bisnis.

Untuk bisa mencapai tujuan ini, maka perlu diperhatikan di mana produk akan dipasarkan, siapa konsumennya, siapa pesaing dan tampilan dari ikon pesaing tersebut, juga bagaimana membedakan dengan pesaing sehingga bisnis lebih menonjol dari yang lain.

Logo Bukan Karya Seni, tapi Alat Strategis

Banyak pelaku usaha beranggapan bahwa tujuan pembuatan logo perusahaan adalah untuk memberikan objek visual yang disukai publik. Sebenarnya, tidak salah apabila ingin mendesain sesuatu yang indah atau disukai klien dan masyarakat.

Namun, pada dasarnya pembuatan ikon merek tujuannya bukanlah untuk memberikan objek visual yang disukai klien saja. Akan tetapi, bagaimana menghasilkan alat bisnis strategis yang memungkinkan sebuah perusahaan diidentifikasi oleh dunia luas.

Logo bukan saja harus menjadi objek visual yang enak dipandang mata, tapi juga mengena dalam ingatan audiens dan dapat menjadi ciri dari bisnis kamu. Jadi, soal visualnya yang terlihat bagus harus dijadikan sebagai faktor sekunder saat mendesain.

Pahami bahwa tujuan pembuatan logo perusahaan adalah sebagai alat untuk dilihat dan dikenal, kemudian diingat oleh publik. Sehingga ketika membuat ikon produk baik oleh desainer atau pemilik diperlukan pemahaman terhadap fokus utamanya.

Sejak awal pastikan makna yang terkandung di dalamnya mewakili perusahaan dan brand dalam menguatkan identifikasi. Kemudian barulah memfokuskan pada desain visual dan keindahannya. Karena jika identifikasi sudah berhasil dilakukan, maka makna akan muncul seiring dengan interaksi logo dan masyarakat luas.

Pentingnya Logo Bagi Brand atau Produk

Mengapa tujuan pembuatan logo perusahaan perlu dicapai oleh sebuah perusahaan atau bisnis? Jawabannya hanya satu sebab logo merupakan wajah bisnis, produk, brand, atau layanan dari perusahaan maupun bisnis tersebut.

Sebagai contoh, kamu membayangkan makanan cepat saji berupa ayam goreng tepung, maka brand yang diingat adalah dengan lambang kakek tua berdasi. Secara otomatis otak akan mengarahkan pada ikon dari perusahaan tersebut.

Ingatan seperti inilah yang perlu kamu tanamkan ke masyarakat. Bagaimana masyarakat ketika memikirkan produk akan teringat dengan perusahaan atau brand kamu.

Inilah tujuan pembuatan logo perusahaan yaitu untuk membuat masyarakat mudah mengidentifikasi. Ketika sebuah brand sudah diidentifikasi, maka publik otomatis memunculkan ingatan, pengalaman, dan interaksi dengan merek.

Oleh sebab itu, dalam meranjang sebuah logo harus berkesan sehingga membantu konsumen mengingat merek tersebut. Buat bentuk, warna, atau tulisan yang mudah diingat otak manusia. Dalam hal ini gambar dan warna akan lebih mudah diproses dan diingat.

Jika kamu ingin menggunakan tulisan, maka tulisan tersebut harus didesain dengan baik sehingga bentuknya diingat dan melekat dalam ingatan pelanggan. Karena identitas unik akan lebih mudah ditemukan dan diidentifikasi di pasar sehingga konsumen membeli dan merekomendasikannya.

Desain Logo Akan Memengaruhi Keputusan Konsumen

Sebuah rahasia kecil yang perlu diketahui oleh pemilik usaha, yaitu tujuan pembuatan logo perusahaan adalah untuk membuat audiens membeli. Dalam hal ini, logo akan sangat memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli.

Bagaimana bisa sebuah gambar akan memengaruhi keputusan membeli? Karena sifat manusia adalah melihat tampilan luar terlebih dahulu. Jika dipandang dalam segi bisnis, maka tampilan ikon sebuah brand akan membuat audiens menilai dan memandang sebuah produk.

Setelah memandang dan menilai, maka audiens akan menimbang untuk melanjutkan ke tahap mencari tahu, misalnya informasi tentang harga, spesifikasi, manfaat, variasi, dan informasi lainnya. Kemudian, barulah masuk ke tahap mengambil keputusan untuk membeli.

Akan tetapi, dalam kenyataannya banyak juga konsumen yang membeli hanya berdasarkan logo saja. Sebagai contoh logo apel digigit, konsumen membelinya karena nilai prestise dari produk-produk brand tersebut.

Jadi, ketika mendesain pastikan tujuan pembuatan logo perusahaan sebagai wakil bisnis harus terpenuhi. Sebab apabila lambang bisnis dapat mewakili perusahaan, brand, produk, atau jasa, maka dapat menarik audiens yang tepat.

Logo yang tepat akan memberikan peluang untuk mengesankan dan menarik pelanggan. Sedangkan desain logo yang gagal akan membuat pelanggan kecewa dan pergi serta berpindah ke perusahaan pesaing.

Intinya, dalam membuat desain harus memastikan bahwa bisa menampilkan kesan pertama yang berarti. Tidak selalu harus mahal, tapi carilah desainer yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Logo Bantu Sampaikan Pesan Merek pada Audiens

Meskipun tujuan pembuatan logo perusahaan adalah identifikasi, tapi bukan berarti hanya digunakan untuk hal itu saja. Peran dari ikon perusahaan ini juga bisa merambah ke penyampaian pesan.

Ya, sebuah logo bisa membantu perusahaan berkomunikasi dengan audiens. Caranya dengan mengomunikasikan pesan dan nilai dari merek, terutama pesan mendasar dari merek tersebut.

Oleh sebab itu, ketika membuat sebuah lambang untuk brand atau produk gunakan satu ide kunci yang dapat mewakilinya. Buat ide sederhana dan tidak perlu ribet agar mudah dipahami oleh audiens.

Sebagai contoh adalah lambing senyum di bawah logo Amazon, arti dari lambang ini adalah pesan kebahagiaan menerima sesuatu yang benar-benar diinginkan. Nilai positifnya diberikan dalam bentuk warna oranye cerah.

Warna oranye dapat diartikan kehangatan, kesenangan, seperti sinar matahari pagi yang datang membawa harapan baru. Jadi, satu lambang ini benar-benar dapat menyampaikan pesan dari perusahaan tersebut.

Intinya, ketika membuat desain ikon pastikan di dalamnya terdapat pesan sederhana yang dapat tersampaikan dengan baik ke audiens. Dengan demikian, merek menjadi lebih kuat dan mampu tertanam kuat di benak pelanggan.

Pelaku usaha maupun desainer yang membuat logo harus benar-benar bisa memahami apa tujuan dari pembuatan lambang perusahaan, brand, produk, maupun layanan, sebelum dapat membuat desain sesuai dan dapat mewakili brand dengan tepat.

Pahami bahwa tujuan dari mendesain logo bukanlah untuk mengejar keindahan seni, tapi alat strategis agar bisa teridentifikasi oleh audiens. Dengan memahami tujuan pembuatan logo perusahaan, maka desain yang dibuat akan sempurna.