Tujuan Penggabungan Dua Brand yang Penting Diketahui

Free Download Logo Format PNG > Artikel > Tujuan Penggabungan Dua Brand yang Penting Diketahui

Penggabungan dua brand atau merger menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh beberapa perusahaan dalam waktu beberapa tahun terakhir. Pada dasarnya manusia memang akan lebih kuat ketika bersama-sama.

Manusia merupakan makhluk sosial yang sepertinya tidak akan pernah bisa hidup sendiri. Secara tidak langsung manusia satu dengan manusia yang lain itu saling membutuhkan. Contoh sederhananya yaitu ketika kamu memakan beras.

Secara tidak langsung kamu membutuhkan bantuan seorang petani untuk menanam padi. Hampir tidak mungkin ada seseorang yang bisa memenuhi segala kebutuhannya sendiri. Oleh karena itu manusia senantiasa bekerja sama untuk mencapai tujuannya.

Contoh sederhananya dalam sebuah negara ada sekelompok orang yang bersatu untuk menjadi lebih kuat dan mencapai tujuannya bersama. Negara menjadi alat bagi sekelompok orang untuk berkumpul dan juga melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk keperluan bersama.

Hal ini juga berlaku untuk sebuah perusahaan yang mungkin ingin memperluas bisnisnya atau membuat bisnis menjadi lebih kuat. Dengan penggabungan dua brand sekaligus tentunya ini akan membuat sebuah perusahaan menjadi lebih besar dan memiliki kekuatan yang lebih besar daripada ketika berjalan sendirian.

Gambaran sederhananya ketika kamu memiliki bisnis kemudian bergabung dengan bisnis yang merupakan kompetitor terbesar kamu. Dengan bekerja sama bersama dengan kompetitor terbesar ini mungkin akan membuat kamu benar-benar menguasai pasar.

Karena jika sebelumnya konsumen terbelah menjadi dua antara brand yang kamu miliki dengan brand kompetitor sekarang kalian telah bersatu sehingga konsumen ikut melebur di dalamnya.

Pengertian Apa Itu Penggabungan Dua Brand Atau Merger

Secara sederhana merger dapat diartikan sebagai salah satu bentuk kesepakatan antara dua perusahaan untuk bekerja sama membuat bisnis yang baru dengan brand yang baru.

Oleh karena itu biasanya perusahaan yang melakukan merger akan melakukan branding baru sesuai dengan perusahaan yang bergabung atau bekerja sama.

Ini merupakan praktek yang lumrah dilakukan oleh para pebisnis untuk mempertahankan bisnisnya atau juga untuk meningkatkan nilai bisnisnya. Proses penggabungan dua brand sebenarnya tidak mudah karena ada banyak hal yang harus dilakukan dan harus diintegrasikan supaya nantinya bisa berjalan dengan baik.

Karena ketika menggabungkan dua brand menjadi satu tanpa persiapan yang matang mungkin akan menyebabkan kegagalan. Karena mungkin saja ada perbedaan-perbedaan yang tidak bisa disatukan dan membuat kegiatan operasional justru tidak berjalan dengan maksimal.

Beberapa Tujuan Penggabungan Dua Brand

Salah satu contoh nyata kegiatan merger yang dilakukan di Indonesia yang cukup menarik perhatian yaitu antara perusahaan gojek dengan Tokopedia. Tokopedia merupakan salah satu Marga teh terbesar di Indonesia.

Sedangkan gojek merupakan salah satu layanan transportasi terbesar di Indonesia. Kedua perusahaan tersebut tentunya bekerja sama karena ada visi yang sama dan tentunya juga untuk meningkatkan bisnis mereka.

Tujuan merger atau menggabungkan dua buah Grand menjadi satu tentunya kita berbeda-beda. Akan tetapi secara garis besar tujuan utamanya biasanya untuk meningkatkan nilai bisnis masing-masing. Berikut beberapa tujuan penggabungan dua brand yang sekarang ini cukup banyak dilakukan oleh perusahaan perusahaan

  • Memperkuat brand

Menggabungkan dua brand menjadi 2 adalah salah satu strategi yang cukup ampuh untuk memperkuat sebuah brand. Ini merupakan salah satu cara sederhana yang mungkin cukup banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Walaupun mungkin yang cukup banyak menarik perhatian publik yaitu proses merger antara Tokopedia dengan gojek. Mungkin karena keduanya merupakan perusahaan yang sudah sangat populer dan memiliki konsumen sangat besar di Indonesia.

  • Diversifikasi

Penggabungan dua brand juga biasanya dikarenakan tujuan untuk melakukan diversifikasi bisnis. Ini merupakan salah satu cara sederhana jika biasanya sebuah perusahaan ingin memasuki pasar yang baru.

Karena mungkin saja dengan merger akan lebih mudah bagi perusahaan tersebut untuk memasuki bisnis atau pasar yang baru. Ini juga merupakan salah satu langkah cerdas untuk mengurangi risiko kerugian akibat operasi bisnis yang ingin dilakukan.

  • Akuisisi aset

Penggabungan dua brand juga biasanya dilakukan oleh perusahaan untuk memiliki aset tertentu. Terutama yang tidak mudah atau tidak bisa digunakan dengan menggunakan cara lain.

Ini juga merupakan salah satu strategi cerdas ketika sebuah perusahaan ingin mengembangkan atau memiliki aset tertentu tetapi tidak mungkin untuk membuatnya sendiri.

Ini merupakan salah satu strategi yang cukup banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mengembangkan sebuah bisnis.

  • Menambah kapasitas finansial

Masalah finansial menjadi salah satu masalah yang cukup sering menghantui perusahaan-perusahaan. Merger atau penggabungan dua brand juga menjadi salah satu cara untuk menambah kapasitas finansial.

Dengan menggabungkan dua peran ini bisa membuat kekuatan finansial sebuah perusahaan menjadi lebih besar lagi. Karena artinya keuangan dari perusahaan satu dengan perusahaan satunya lagi akan digabung menjadi satu.

  • Masalah pajak

Masalah pajak juga seringkali membuat beberapa perusahaan memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan yang lain. Bagi perusahaan yang memiliki pendapatan kena pajak cukup besar bisa menguranginya dengan cara melakukan merger dengan perusahaan yang lain sehingga bisa membayar pajak dengan nilai yang lebih rendah.

Ada Banyak Tantangan Besar Penggabungan Dua Brand Menjadi Satu

Ketika akan menggabungkan dua perusahaan menjadi satu ada berbagai macam hal yang memang harus diperhatikan dengan baik. Karena pada awalnya perusahaan berjalan sendiri-sendiri untuk mencapai tujuan yang masing-masing.

Sekarang harus bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Mungkin saja ada banyak sistem yang harus disesuaikan dan juga karyawan harus mulai bekerja sama supaya nantinya kita bekerja dengan efektif.

Ada banyak yang harus diintegrasikan supaya nantinya proses operasional kita berjalan dengan normal. Selain itu proses merger juga mungkin akan mempengaruhi kepercayaan dari para stakeholder seperti misalnya karyawan, distributor konsumen dan masih banyak lagi lainnya.

Penggabungan Dua Brand Bisa Terjadi Pada Bisnis Sejenis atau Mungkin Bisnis yang Berbeda

Setiap perusahaan pasti memiliki strategi bisnis yang masing-masing. Jadi tidak selalu kegiatan manajer atau menggabungkan dua perusahaan pasti terjadi pada perusahaan-perusahaan yang memiliki bisnis sejenis.

Karena menggabungkan dua perusahaan pada bisnis yang berbeda juga bisa memberikan keuntungan. Bahkan ada beberapa perusahaan yang justru bergabung dengan perusahaan kompetitor untuk semakin menguasai pasar.

Tidak ada aturan pasti atau catatan mengenai dengan perusahaan mana perusahaan bisa bergabung. Selama memiliki visi yang sama sebuah perusahaan bisa bergabung untuk menjadi lebih kuat dan memperluas bisnisnya.

Proses merger juga bisa terjadi antara perusahaan yang beda negara. Biasanya perusahaan yang beda negara memiliki budaya yang berbeda juga hal ini juga akan menjadi masalah dalam proses penggabungan dua perusahaan internasional.

Jika dilihat dari prosesnya memang menggabungkan dua perusahaan menjadi satu ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan, akan tetapi sangat menguntungkan ketika berhasil menjalankannya dengan efektif.

Itu dia pembahasan mengenai proses penggabungan antara dua brand yang perlu diketahui. Penggabungan dua brand bisa menjadi pilihan tepat bagi perusahaan ketika ingin meningkatkan bisnisnya akan tetapi harus siap dengan tantangan yang dihadapi.